Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menang Duta Wisata Jawa Tengah

Cara menang pemilihan duta wisata di Jawa Tengah, tak jauh berbeda dengan pemilihan duta wisata daerah pada umumnya. Penyelenggaraan pemilihan duta wisata di Jawa Tengah bertujuan untuk memilih putra putri terbaik untuk menjadi Duta Wisata di Provinsi Jawa Tengah. 

Para peserta pemilihan duta wisata Jawa Tengah diikuti oleh kalangan Pemuda dan pemudi di Jawa Tengah. Untuk menjadi duta wisata, perlu melakukan persiapan. Tentunya mulai dari materi pengetahuan wisata dan adat istiadat di Jawa Tengah. 

Pemilihan duta wisata Jawa Tengah juga memiliki kriteria penilaian dan tahapan seleksinya. Kemudian para peserta juga harus memiliki bakat untuk dipentaskan. Bakat tersebut akan dinilai, setiap peserta akan menampilkan bakat pada tahapan seleksi pemilihan duta wisata di Jawa Tengah. 
Penilaian dalam pemilihan duta wisata Jawa Tengah tidak hanya dari fisik, tetapi etika kepribadian, dan tentu memahami adat istiadat bahkan di daerah. Penyelenggaraan pemilihan duta wisata dilakukan beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran, pengumuman peserta dan seleksi. 

Kemudian malam grand final pemilihan duta wisata Jawa Tengah melewati pertanyaan dari para juri. Sehingga akan diumumkan mulai dari juara umum, sampai pada juara atribut lainnya. Mengikuti pemilihan duta wisata, salah satunya cara untuk mengembangkan potensi diri peserta, dan sebagai cara menambah pengetahuan. 

Cara Menang Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah

Para peserta pun berasal dari latar belakang berbeda-beda, namun didominasi oleh kalangan mahasiswa. Para finalis duta wisata Jawa Tengah akan mendapatkan  pembekalan, ilmu pengetahuan dan etika kepribadian. Berbagai kegiatan dalam proses pemilihan duta wisata akan dilakukan penilaian. 

Bagi pemuda/i di Jawa Tengah yang tertarik untuk mengikuti pemilihan duta wisata Jawa Tengah, dapat mengikuti pemilihannya. Untuk sekedar refrensi mengenai pemilihan duta wisata, sebagai persiapan. Berikut tips sekiranya bermanfaat:

1. Memahami Materi

Materi yang akan diseleksikan kepada seluruh peserta duta wisata di Jawa Tengah berupa adat istiadat, dan wisata daerah di Jawa Tengah. seorang  Duta Wisata harus mengetahui tentang kearifan lokal dan kekayaan alam di daerah tersebut.

Pelajari semuanya meliputi: Sejarahnya, kapan berdirinya, tempat-tempat bersejarah, makanan khas, potensi wisata, dan wisata unggulannya. Hal itu, akan menjadi pertanyaan baik secara lisan maupun tertulis. 

Materi ilmu pengetahuan juga akan ditemui, namun sebagai peserta Duta Wisata, sudah tidak asing dengan seleksinya. Mulai dari bagaimana  menjawab soal tertulis, wawancara, dan pertanyaan dewan juri sampai pada grand final. 

2. Tampil Percaya Diri

Jangan gugup dan tak perlu minder jika teman mu lancar dengan bahasa asingnya, teman anda lebih tinggi, lebih keren dan cantik dari anda. Itu tak jangan anda hiraukan. Penting adalah tampil percaya diri dan konsisten. Tunjukkan bahwa anda layak juara !.

3. Jaga Etika

Etika yang baik akan menampilkan aura yang bersinar. Pemenang pun bisa terlihat dari saat Audisi pertama dan cara ia berinteraksi. Ingat dari sikap seseorang seperti tutur kata, keramahan, rendah hati, terbuka, dan periang bisa terbaca semuanya. Dari sikap yang baik juga akan terlihat di sesi wawancara atau saat anda berkomunikasi.

4. Komunikasi yang Baik

komunikasi yang baik sesuai pada tempatnya. Bertutur kata yang baik dan sopan. Hal itu, salah satu kriteria penilaiannya. Maka belajar publik spekaking dan berkomunikasilah dengan baik sesuai tempat dan kondisinya. 

5. Penampilan 

Penampilan biasanya di ambil dari segi busana, dan cara berjalan di atas panggung. Selain itu, berpenampilan yang baik tidak berlebihan. Sehingga sesuai pada tupoksinya. Penampilan sopan harus dijaga. 

6. Tampilkan Bakat Totalitas

Bakat sangat menunjang supaya nilai anda terbantu. Saat penampilan bakat harus totalitas. Bakat memiliki penilaian tersendiri, karena memiliki juara khusu untuk kategori berbakat. 

Tips Wawancara Duta Wisata 

Sebenarnya tips ini bukan hanya berlaku di pemilihan duta wisata di Jawa Tengah saja, tapi juga berlaku pada pemilihan duta wisata lainnya. Untuk sukses di tahap ini usahakan fokus dan selalu sopan santun di manapun berada.

1. harus yakin dengan jawaban anda, jangan ragu. Berikan yang terbaik.

2. Saat berbicara usahakan tidak nunduk, pandangan mata kearah juri dan fokus.

3. Menjawab pertanyaan tidak keluar konteks pertanyaan juri.

Pahami lagi, semua dewan juri akan menilai peserta lebih detail. Hindarkan main hp terus terusan. Tampil maksimal dengan baik. Perbanyak komunikasi dengan rekan yang pernah mengikuti pemilihan duta wisata Jawa Tengah sebelumnya untuk menambah wawasan. 

Menjadi duta wisata memang penting dipersiapkan sebelum mendaftar dan mengikuti rangkaian seleksinya. Jadilah pemuda/i yang menginspirasi, dan memberikan contoh teladan bagi kaula muda.