Wisata Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken memiliki luas area 75.265 ha. Wisata berkonsep bahari ini juga memiliki 5 pulau unik yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage serta terdapat deretan anak pulau yang ada disekitaran. 

Diketahui bahwa penduduk yang tinggal di ke 5 pulau cantik ini berjumlah sekitar 21.000 orang, mereka hidup rukun dan damai. Taman Laut Nasional Bunaken terdapat di Sulawesi Utara, di Kota Manado, Indonesia. Baca juga: 70 Wisata Populer di Sulawesi Utara

Pulau Bunaken jika dilihat secara geografis masuk dalam wilayah perairan Segi Tiga Emas. Hal ini dibuktikan dengan adanya sekitar 3000-an spesies hewan laut berjenis ikan yang hidup di Taman laut Bunaken. Wilayah Segi Tiga Emas ini merupakan jalur perairan laut sebagai batasan yang menghubungkan antara perairan laut di negara Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia.

Selain hewan laut yang banyak, Taman Laut Bunaken juga terdapat tumbuhan lain yang hidup dengan indah di dalam laut. Seperti terumbu karang yang cantik, binatang laut, dan sebagainya. Kekayaan alam yang ada di Bunaken memang sangat kaya.

Sehingga Taman Laut Nasional ini dilindungi dan dirangkul oleh organisasi nasional maupun internasional non pemerintah, dimana mereka saling bekerja sama untuk menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove agar tetap terjaga kelestariannya.

Berkat eksistensi keindahan wisata Taman Laut Bunaken yang semakin dikenal dan banyak dijadikan tempat tujuan wisata para wisatawan, maka Pemerintah Kota Manado memiliki gagasan yang baik dalam pengembangan kawasan wisata bahari dan edukasi secara Nasional. 
Kawasan konservasi wisata yang begitu menarik perhatian dan didukung dengan jumlah kunjungan wisatawan. Tepat pada tahun 1991, Kawasan Pulau Bunaken resmi dijadikan sebagai daerah wisata yakni Taman Laut Nasional Bunaken yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Wisata Taman Laut Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Sejak diresmikan sebagai daerah wisata Taman Laut Nasional Bunaken, semakin banyak wisatawan yang berlibur menikmati pemandangan yang luar biasa hingga saat ini. Apalagi berkat ramainya pengguna media sosial dikalangan milenial membuat gambar wisata ini beredar luas hingga mengundang perhatian para pengunjung.

Banyak wisatawan yang datang ke Sulawesi Utara, di Kota Manado, tak lupa untuk menyempatkan waktunya untuk menyambangi Taman Laut Nasional Bunaken. Hal ini dikarenakan Bunaken adalah wisata unggulan dan sudah terkenal di seluruh nusantara bahkan di dunia.

Taman Laut Nasional Bunaken terletak di Teluk Manado, dengan luas mencapai
sekitar 8 km . Wisata Bunaken ini sangat terkenal sebagai salah satu taman laut yang memiliki biodiversitas tertinggi yang ada dunia. Untuk luas area 75.265 ha,
yang dijadikan tempat aktivitas menyelam bagi para wisatawan sudah tergolong luas.

Untuk lokasi penyelaman di Taman Laut Nasional Bunaken memiliki jumlah 40 lokasi. Pemandangan bawah laut yang beragam dengan keunikan terumbu karang dan Biota laut yang terdiri dari 150 spesies ikan dari sekitar 58 genus ikan dan terumbu karang cantik yang tumbuh dengan subur.

Selain itu, Taman Laut Nasional Bunaken juga memiliki 20 dive spot atau titik penyelaman pada ukuran kedalaman yang berbeda. Akan tetapi dari banyaknya 20 dive spot tersebut, terdapat 12 dive spot khusus yang berada di Pulau Bunaken sebagai daerah titik penyelaman paling digemari oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Sebagai daerah penyelaman, Taman Laut Nasional Bunaken berderet hingga ke daerah tenggara, sampai ke barat laut. Di titik ini memiliki keindahan dinding batu karang raksasa yang berbentuk vertikal dan melengkung sebagai sumber makanan biota laut yang ada. Mulai dari ikan, lobster, gurita, dan lainnya.

Batu karang raksasa yang cantik dan indah
ini, ditumbuhi oleh rumput laut yang subur dan beragam. Warna-warni yang dihasilkan dari batu karang dan rumput laut menambah sensasi para penyelam saat berwisata ke Taman Laut Nasional Bunaken. 

Bunaken juga termasuk sebagai daerah wisata 10 bali baru yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata RI. Sehingga tak heran jika para pengunjung akan betah berlama-lama di daerah ini.

Lokasi dan Akses Taman Laut Nasional Bunaken

Wisata Taman Nasional Laut Bunaken berada di perairan laut Pulau Sulawesi, yang terdapat di Utara Teluk Manado, tepatnya di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Saat anda akan berkunjung maka perhatikan nama daerahnya yakni di Sulawesi Utara.

Para wisatawan dapat berkunjung ke Taman Laut Nasional Bunaken dengan mengendarai transportasi laut dari pantai Teluk Manado, berupa perahu motor yang sudah disediakan. Jika anda ingin lebih mudah mengenali daerah lokasi Taman Laut Nasional Bunaken dapat langsung mengaksesnya melalui Google MAPS agar lebih paham secara lebih detail.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Akomodasi

Harga tiket masuk, fasilitas dan biaya akomodasi Taman Laut Nasional Bunaken ini sangat murah dan sesuai dengan keuangan anda. Apalagi fasilitas pendukung lain juga beragam baik dari segi keamanan, kebersihan, kenyamanan, dan sebagainya. Ini memang sangat terjamin sesuai dengan penerapan 7 Sapta Pesona yang diberlakukan untuk setiap daerah wisata.

Harga tiket masuk Taman Laut Nasional Bunaken terdapat 2 versi. Diantaranya
tarif sebesar Rp 50.000,-/orang yang berlaku hanya untuk sekali masuk saja. Kemudian memiliki tarif yang lebih murah yakni hanya Rp 150.000,-/orang yang berlaku 1 tahun. Bagi anda yang membeli tiket tahunan akan mendapatkan sebuah lencana khusus sebagai pengganti tiketnya.

Untuk memberikan kesan yang nyaman kepada para pengunjung kawasan wisata Bunaken juga tersedia pilihan penginapan yang beragam. Hotel dengan konsep minimalis dan modern pun tersaji di daerah Taman Nasional Bunaken. 

Untuk memberikan info tambahan mengenai hotel anda juga dapat memilih di bagian Pulau Bunaken yakni terdapat 2 jenis penginapan bernama Bunaken Island Dive Resort dan Bunaken Divers Sea Breeze Resort.

Tak hanya itu, disini juga menawarkan penyewaan selam secara lengkap dengan instrukturnya yang dapat memandu anda saat menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Menariknya para instruktur selam ini sudah dibekali dengan penguasaan berbagai bahasa seperti Perancis, Inggris, Belanda, dan Jerman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel