Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Menang Pemilihan Duta Wisata

Bagaimana cara sukses mengikuti Pemilihan Duta Wisata? Sebelum anda memutuskan untuk mengikuti perlombaan ini maka lihat dulu aspek kriteria yang di butuhkan. Untuk Pemilihan Duta Wisata kriteria pemenang diantaranya Good looking.
 
Semua peserta yang sudah terdaftar akan melewati banyak tahapan. Itulah kenapa, anda harus tampil memukau dan hindari ngantuk karena lelah. 

Usahakan minum vitamin agar segar sepajang masa. Para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang dapat menguras tenaga. Yakinlah dengan kemampuan, lakukan dengan baik untuk mengikuti seleksinya.
Banyak aspek penilaian yang diberikan kepada seluruh peserta calon Duta Wisata. Semua akan dipertimbangkan oleh dewan juri dari segi etika kepribadian, jiwa sosial, dan sebagainya.

Sebagai refrensi mengikuti pemilihan duta wisata. Berikut persiapannya;
  • Sopan santun
  • Percaya diri 
  • Jadilah diri sendiri tanpa pura-pura
  • Totalitas disetiap kesempatan
  • Penampilan tidak berlebihan
  • Komunikasi yang baik dan meyakinkan
  • Berkontribusi pada program kegiatan
  • Ramah dan terbuka
  • Aktif dan tidak berlebihan
  • Berkomunikasi yang baik
  • Materi tetang Pariwisata di daerah dan Nasional.
 Untuk gambaran refrensi, berikut beberapa materi yang dapat anda pelajari dengan baik supaya menang di pemilihan duta wisata. Berikut tahapan Pemilihan Duta Wisata:

a. Tes Tertulis

Seluruh peserta akan menjawab lembar soal yang telah dibagikan oleh panitia. Soal terdiri dari pengetahuan umum, daerah/pariwisata, tentang etika kepribadian, 7 sapta pesona, dan bahasa inggris, serta bahasa daerah. 

Mengerjakan soal juga diberikan waktu sehingga anda harus cepat dalam menyelesaikannya. Untuk soal terdiri dari pilihan ganda dan essay. Jumlahnya tergantung penetapan panitia.

Jangan lupa pahami tentang wisata daerah, program pembangunan daerah wisata. Selain itu, pelajari tentang budaya.

Pada saat mengerjakan tes tertulis perhatikan sikap duduk anda yang sempurna. Berikut sikap yang harus anda lakukan:
  • Fokus dengan soal, tidak tengok kanan kiri, tidak ngobrol, tidak ngantuk, dan tidak pegang HP.
  • Kerjakan soal dengan cepat dan fokus untuk mengisi lembar jawaban.
  • Bagian essay harus diisi sampai selesai.
  • Selesai langsung kumpulkan jawaban anda.
b. Wawancara (Interview)

Berikut tahapan wawancara yang harus diperhatikan:

1. Etika/kepribadian & Performance (Bakat)

Semua tahapan akan di hadapi oleh peserta, termasuk bagaimana cara table manner (adab makan) yang baik, cara berjalan posisi yang benar, cara berbicara, serta penampilan bakat/kesenian yang dimiliki. Ini penting anda perhatikan, kebanyakan peserta tumbang di bagian ini.

Untuk tes bakat, usahakan tampil totalitas dan percaya diri. Jika bakat menyanyi maka buat penonton dan dewan juri terpukau dengan suara anda. Jangan lupa sebelum dan sesudahnya tersenyumlah dengan penonton atau dewan juri.

2. Tes Wawasan Pengetahuan dan Budaya Daerah


Kemudian untuk tes wawasan ini meliputi pengetahuan anda tentang budaya daerah dan adat istiadatnya. Pengetahuan mengenai pariwisata seperti dampak buruk adanya wisatawan yang datang dan dampak psotifnya. Disini anda harus menyiapkan jawaban seputar wisata unggulan dan potensi wisata disuatu daerah.

Selain itu, wahjib mengetahui tentang pengetahuan seputar berita terkini, isu, dan program daerah. Hafalkan juga nama-nama tempat objek wisata di daerah anda dan bagaiman cara mengembangkan agar menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

3. Tes Bahasa Inggris

Untuk menguji sampai dimana kemampuan Bahasa Inggris peserta maka dalam soal tes tertulis akan ada essay pertanyaan Bahasa Inggris. Biasanya meliputi opini atau menyebutkan apasaja adat istiadat di daerah anda.

Sedangkan untuk bagian wawancara, setiap peserta akan memperkenalkan diri, asal daerah, pendapat tentang pengembangan pariwisata di daerah anda, dan pertanyaan dari dewan juri mengenai motivasi dan bagaimana cara mengenalkan wisata dan budaya di daerah anda dengan Bahasa Inggris.

Tips Malam Grand Final

Setelah rangkaian tes selesai, maka tibalah di malam final Pemilihan Duta Wisata. Ini dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran. Akan ada latihan mulai dari opening dance hingga ke tahap inti pengumuman pemenang.

Sebelum ditentukan juara nya maka akan ada sesi pertanyaan dari masing-masing peserta hingga pengumuman pemenang.

Nah untuk menjawab pertanyaan usahakan harus percaya diri dan jangan grogi. Menjawab pertanyaan juga ada aturan atau etikanya. Berikut strateginya:
  • Sebelum menjawab pertanyaan usahakan selalu tersenyum dan ucapakan kalimat terima kasih.
  • Lalu jawab pertanyaan dengan lugas, singkat, padat, dan jelas. Penekanan artikulasi, dan vokal harus mencolok supaya berwibawa.
  • Tidak terburu-buru menjawab pertanyaan, tidak mengulanginya, dan tidak menyuruh juri mengulang pertanyaan.
  • Setelah menjawab pertanyaan akhiri dengan kalimat terimakasih lalu sebagai penutup ucapkan salam khas daerah anda dengan kepala di tundukan ke penonton dan dewan juri.
Tips sukses mengikuti pemilihan duta wisata dapat dipelajari dari berbagai sumber dan bertukar pengalaman dengan rekan anda. Yakinlah dengan kemampuan anda dan lakukan yang terbaik.