Raja Ampat Papua Wisata Pantai Yang Indah

Raja Ampat Papua cukup fenomenal menjadi salah satu destinasi yang ada di Indonesia. Sebagai wisata Indonesia maka sangat disayangkan bagi anda yang sudah keliling dunia tapi Raja Ampat saja terlewatkan. keindahan panorama alam di Raja Ampat jangan ditanya yakni indah dipandang, mantap terasa.

Raja Ampat merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Papua Barat sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong yang terdiri dari 1.800-an pulau kecil, atol dan taka serta 4 pulau utama. 

Hal tersebut berdasarkan tahun 2003, melalui UU No. 26 tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kerom, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat.

Sebenarnya kondisi Alam Raja Ampat di Papua Barat terdiri atas kepulauan dengan keindahan alamnya yang menarik karena memiliki 4 pulau besar meliputi Pulau Batanta, Waigeo, Misool dan Pulau Salawati. Keempat Pulau ini sebagai titik awal penyebaran masyarakat penduduk setempat yang banyak berprofesi sebagai Nelayan.

Raja Ampat Wisata Perairan Terbaik Dunia

Raja Ampat sebagai salah satu daerah wisata perairan yang menarik. Bebagai penelitian menyebut bahwa kekayaan Flora dan Fauna kehidupan bawah laut di perairan Raja Ampat memang sangat banyak dan terjaga kelestariannya. Baca juga: Wisata Taman Laut Laut Nasional Bunaken

Berdasarkan data dari Badan Konservasi Internasional menyebutkan bahwa perairan Raja Ampat di Papua Barat ini memiliki jenis Biota Laut sekitar 75% spesies laut seluruh dunia, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.

Selain itu, wilayah laut dan darat Raja Ampat dengan luas 4,6 juta hektar yang menjadi tempat hidup bagi 540 jenis karang yang tumbuh subur. Jika dilihat dan diamati dari keunggulan tersebut, wajar saja perairan laut di Raja Ampat menjadi serbuan wisatawan luar.

Keunggulan Raja Ampat Papua tidak hanya dari sisi kehidupan bawah laut saja. Tetapi keindahan alam seperti hutan tropis yang tumbuh subur membuat wisatawan yang datang merasa betah berlama-lama sambil menyaksikan burung langka yang disebut sebagai burung syurga yakni Cendrawasih.

Tidak cukup sampai disitu saja, Papua Barat juga dikenal akan Budaya dan tradisi yang unik, kuliner khas tradisional yang sudah terkenal. Hingga kini keadaan kondisi wisata Raja Ampat terus berbenah dengan menambah berbagai fasilitas pendukung yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung.

Lokasi Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat maka harus menginjakkan kaki terlebih dahulu di kota Sorong dengan menggunakan armada penerbangan yang tersedia.
Setibanya di kota Sorong, wisatawan dapat menggunakan armada transportasi laut berupa kapal cepat seperti biasanya berlayar dalam waktu dua kali sehari menuju ke lokasi bernama Waisai, ibukota Raja Ampat. Untuk waktu berlayar hanya membutuhkan 2-3 jam dari Sorong ke Pelabuhan Waisai.

Perlu sobat wisata ketahui bahwa Kepulauan Raja Ampat terbagi menjadi 24 distrik, 117 kampung, dengan 4 kelurahan.
Daerah lokasi Raja Ampat ini berada di bagian barat paruh burung pulau Papua. Secara geografis daerah ini berada di 2º25’ LU – 4º25’ LS dan 130º – 132º55’ BT. Namun secara administratif Raja Ampat dari sebelah utara berbatasan dengan samudra pasifik dan Negara Palau.

Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Kota Sorong, Kabupaten Sorong. Kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Maluku yakni Kabupaten Seram Utara, dan bagian baratnya berbatasan dengan Maluku Utara tepatnya Kabupaten Halmahera Tengah.

Untuk luas wilayah Raja Ampat yakni
881.953 km2. luas daratan yakni berkisar 6.084,50 km2, dan panjang wilayah garis pesisir pantai sekitar lebih dari 753 km. Namun perbandingan untuk wilayah daratan dengan lautannya mencapai 1:6, yang didominasi wilayah perairan.

Raja Ampat memang menarik untuk dikunjungi. Sebagai daerah wisata perairan yang katanya menarik, bisa dicoba. Jika kita berselancar ke media sosial, potret Raja Ampat terlihat benar-benar indah. 

Bukan sekedar pengunjung lokal namun ada juga lho wisatawan luar berdatangan. Itulah kenapa wisata peraiaran Raja Ampat ini cukup mendunia. (Foto: @wisatarajaampat)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel