Cara Menjadi Penyiar Berita, Baca Tahapannya !

Berkeinginan menjadi penyiar khususnya penyiar berita televisi, awali latihan secara konsisten dalam membawakan berita dan mempersiapkan diri untuk mengikuti casting atau rekrutmen penyiar di telivisi. Selain itu, bisa juga memilih jurusan perkuliahan dalam bidang ilmu komunikasi atau melakukan kursus.  

Dilansir dari praktisikomunikasi.com Untuk menjadi penyiar berita (Presenter Televisi) dapat mengikuti kursus penyiar. Selain mendapatkan wawasan dan skills dibidang penyiaran televisi (Presenting), dapat terbangunnya jaringan perkenalan, dan akan lebih mudah mendapatkan informasi lowongan penyiar berita televisi (Presenter TV).
Kemudian, untuk latihan membawakan berita, perbanyak membaca berita di situs media online dan baca seperti membawakan acara berita ditelevisi. Bisa latihan didepan cermin atau dibacakan saja dengan intonasi seperti penyiar berita.

Tertarik menjadi penyiar berita televisi, simak latihan sederhana sebagai persiapan berikut ini:

a. Percaya Diri

Percaya diri akan terbentuk jika sering belajar dan tampil membawakan acara. Bisa juga melatihnya dengan presentasi, diskusi, atau memandu acara event lainnya. Semakin sering anda tampil maka akan semakin percaya diri.

b. Artikulasi dan Exspresi

Tehnik vokal dan artikulasi yang jelas, intonasi yang tepat, serta belajar menyesuaikan exspresi dengan topik berita yang dibawakan.

c. Menyesuaikan penampilan

Penampilan disesuaikan karena tidak mungkin menyampaika berita dengan kaos oblong, celana jins, dan lainnya. Tapi menggunakan baju yang formal sepeti jas, kemeja, blezer, dan sebagainya.

d. Ikut Casting atau Lomba

Biasanya banyak sekali televisi yang membuka lowongan dibidang penyiar. Silahkan mengikuti casting lomba penyiar tv atau perlombaan dibidang public speaking supaya terbiasa dan semakin baik. Dan pelajari tehnik membawakan berita dari  berbagai sumber supaya lebih mantap.

Menjadi penyiar televisi manfaatnya banyak dan menyenangkan. Kuncinya jika ingin menjadi penyiar berita televisi perbanyak saja latihan membaca berita. Perhatikan para panyiar berita saat membawakan acara ditelevisi atau bisa lewat kanal youtube. 

Sambil belajar, ketika ada rekrutmen dan casting untuk penyiar berita televisi segera daftar. Coba terus sampai berhasil disetiap kesempatan casting dibuka. Yakinlah, tidak ada usaha yang menghianati hasil. Semangat !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel