Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menang Pemilihan Duta Genre

Menjadi Pemenang Duta Genre perlu menguasai materi tentang program genre. Banyak hal yang harus dipelajari saat akan mengikuti pemilihan Duta Genre baik tingkat Perguruan Tinggu, Kabupaten, Provinsi, dan ditingkat Nasional. 

Peserta pemilihan duta genre akan membuat makalah. Materinya makalah  mengenai kenalan remaja, penggunaan obat-obatan terlarang, pernikahan dini, prilaku penyimpangan, bonus demografi dan lainnya. Makalah tersebut akan dikumpulkan dan dipresentasikan. Baca: Tips Presentasi makalah duta genre 
Duta Genre merupakan sebuah program yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) yang melibat para remaja indonesia dalam rangka mewujudkan visi Indonesia emas 2045. Jadi, para pemenang duta genre yang terpilih sudah pasti telah dilakukan penilaian secara keseluruhan. Bagaimana cara menang di pemilihan duta genre?

Tips Menang Pemilihan Duta Genre

Bagi anda yang akan mengikuti pemilihan duta genre baik di tingkat kampus, tingkat provinsi, dan tingkat nasional maka perlu melakukan persiapan yang matang. Menjadi juara tidak hanya dikejar dengan instan tetapi usaha kerja keras dalam melakukan proses yang tekun agar mampu menjadi yang terbaik dan bisa memahami berbagai kegiatan genre kedepannya.

Apa tips memenangkan pemilihan duta genre? Sesuai pengalaman penulis, maka Inilah unci sukses dalam pemilihan duta genre yang mampu mengantarkan anda menjadi juara, berikut diantaranya:

1. Pahami kriteria pemenang


Pelajari kriteria pemenang dari tahun ke tahun. Pahami kelebihan pemenang sebelumnya. Mulai dari penguasaan materi, komunikasi yang bagus, etika yang baik, dan sebagainya

2. Pelajari materi 
Setelah memahami dan mengamati pemenang sebelumnya, selanjutnya mulailah persiapkan materinya dengan baik. Untuk materi pembahasan dalam pemilihan duta genre sangat banyak mengenai kenakalan remaja seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, penyimpangan sosial, dan sebagainya. Berikut rangkuman materi Duta GenRe:
  • Pergaulan bebas
  • Tentang Narkoba
  • Seks pra nikah
  • Tentang LGBT
  • Sistem Reproduksi 
  • Pernikahan Dini
  • Bonus Demografi
  • Tentang Bullying
  • Usia perkawinan produktif
  • Resiko KB
  • Resiko Aborsi
  • Remaja Sehat
  • Organisasi dan pengembangan diri
  • Skill dan soft skill
  • Materi anak-anak, remaja, dan dewasa
  • Dan sebagainya.
Materi diatas perlu anda persiapkan lebih awal dan pahami secara menyeluruh. Supaya disetiap kesempatan dalam memaparkan materi dan menjawab berbagai pertanyaan juri dapat menguasainya.

3. Latih public speaking

Public speaking perlu di latih juga. Sebagai role model pemuda genre maka sudah pasti akan dilibatkan dalam sosialiasi di depan umum. Jika anda tidak memiliki kemampuan public speaking yang bagus maka akan mengurangi nilai. Jika komunikasi lancar maka akan membuat diri anda semakin percaya diri.

Selain itu jika anda mampu berkomunikasi dengan bahasa asing maka akan menjadi penunjang kemenangan. Setidaknya jika anda menguasai lebih dari satu bahasa maka akan sangat menguntungkan.

4. Beretika dan berpenampilan menarik

Beretika didukung penampilan yang baik salah satu cara dalam menang di pemilihan duta genre. Hal yang harus anda perhatikan adalah mejaga prilaku anda baik kepada sesama peserta, kepada juri, dan panitia. Sesuaikan penampilan anda, jangan bertabur warna pakaian dan aksesoris yang terlalu berlebihan.

5. Selalu ramah kepada siapapun

Ramah dengan tetap tersenyum agar mengubah aura anda selalu positif. Tersenyumlah saat anda sedang berinteraksi, gunakan tutur kata yang sopan. Menang duta genre adalah keputusan terbaik, bagi dewan juri. Maka lakukan dengan baik supaya hasilnya memuaskan. 

Pemilihan Duta Genre dapat memberikan pengaruh, dalam menyebarkan pemahan tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja, dan mengensi generasi berencana untuk remaja Indonesia yang sehat. Baca: Rahasia Menang Duta Genre

Program GenRe terus dikembangkan diantaranya pemahaman mengenai kesehatan reproduksi, prilaku penyimpangan, agar terwujudnya generasi Indonesia untuk pembangunan dan perubahan yang lebih baik untuk keluarga dan bangsa Indonesia.