Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Lho, Masyarakat Mendiami Pulau Kalimantan

Masyarakat yang tinggal di Pulau Kalimantan cukup banyak. Kalimantan merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. 

Suku Dayak salah satu penduduk yang ada di kalimatan, etnis melayu di pulau kalimantan juga meliputi wilayah Pulau Borneo seperti Negara Malaysia salah satunya seperti di Sabah, Sarawak dan lainnya.

Kemudian di Negara Indonesia meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Suku dayak tersebar di daerah-daerah yang ada di Pulau Kalimantan.
                       (Foto IG @bonifasius_acong)
Kalimantan merupakan pulau yang masuk wilayah Indonesia, dengan keindahan hutan hijau yang sangat lebat. Akan tetapi, kawasan hutan tersebut semakin berkurang karena maraknya aksi penebangan pohon yang berdampak pada lingkungannya.

Hutan Kalimantan ialah habitat alami bagi hewan yang dilindungi seperti jenis orang hutan, landak, rusa, sejenis kera dan masih banyak lainnya. Penduduk di Pulau Kalimantan dikelompokkan menjadi beberapa etnis yakni Melayu, Jawa, Dayak, Kadazan, Banjar, dan Tionghoa.

Untuk mengenal 7 suku masyarakat di Pulau Kalimantan, berikut ini:
  • Melayu
  • Dayak
  • Banjar
  • Kutai
  • Paser
  • Berau
  • Tidung
Adat budaya suku dayak juga unik dan cukup menarik yang mendapatkan perkembangan. Misalnya dilihat dari segi pakaian adat dan kehidupan sosial, termasuk pada upacara ritual dalam adat istiadat yang dijalankan. Suku dayak juga  memiliki kesenian dan keterampilan, yang menarik khas melayu.

Jumlah suku di atas tersebar di Pulau Kalimantan. Mereka hidup rukun dan damai dengan budaya dan adat istiadat yang khas secara turun temurun Indonesia.

Suku etnis yang ada di Pulau Kalimantan juga menunjukan bahwa Indonesia kaya dengan keberagaman.