Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Menjadi Anggota Silat

Syarat menjadi anggota silat diawali pendaftaran di perguruan silat yang dipilih. Kemudian mengikuti berbagai pelatihan dan materi silat yang diajarkan oleh pelatih. 

Pencak silat adalah budaya asli Indonesia. Mengikuti pencak silat niatkan untuk mencari ilmu yang dapat bermanfaat sebagai penunjang terhadap akhlak, akidah, dan spiritual kepada Allah SWT.

Ketika berlatih fokus dan niat yang baik. Salah satunya untuk melestarikan budaya warisan leluhur. Mengikuti pencak silat banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan, seni, kerohanian, dan olahraga. 

Dalam proses latihan semua anggota akan mendapatkan banyak materi baik gerakan silat dan pesan motivasi lainnya. Setidaknya motivasi dan nasihat dapat diterapkan dalam kehidupan.
Di setiap tempat latihan memiliki porsi latihan sesuai tingkatan dan konsep latihan yang berbeda-beda. Tergantung kebijakan pelatih dan organisasi silat yang di ikuti. 

Syarat Menjadi Anggota Silat 

Seseorang disebut anggota ketika sudah menyelesaikan materi silat yang ia pilih. 
Adapun seseorang yang sudah menjadi anggota silat ialah menyelesaikannya.

Dilansir dari situs silatindinesia.com
Persyaratan seorang pesilat yang ingin menjadi anggota IPSI ialah terdapat pada 
kutipan dari Anggaran Rumah Tangga IPSI, yang bisa berguna. Terdapat pada pasal 4:

Organisasi dan/atau perguruan pencak silat Anggota Biasa IPSI terdiri dari:
  • Keanggotaan IPSI Pusat
  • Keanggotaan IPSI Provinsi
  • Keanggotaan IPSI Kabupaten/Kota
  • Keanggotaan IPSI Kecamatan 
Itulah pembahasan mengenai syarat menjadi anggota silat. Tahap awal niat dan daftarkan dirimu di perguruan silat sesuai keinginan. Semoga bermanfaat..