Ragam Tradisi Masyarakat Kapuas Hulu di Kalimantan Barat

Ragam Tradisi Masyarakat Kapuas Hulu di Kalimantan Barat memang menarik dan unik. Diketahui kebudayaan yang ada di daerah Kapuas Hulu terdiri dari 2 etnis yakni melayu dan dayak. Keduanya memiliki tradisi adat istiadat, dan kesenian yang beragam.

Ragam Tradisi unik masyarakat Kapuas Hulu menjadi daya tarik wisatawan. Objek wisata dan budaya di Kalimantan Barat menyimpan banyak nilai nilai leluhur yang dapat menambah wawasan bagi para wisatawan saat berkunjung. Tradisi yang kental dengan warisan leluhur hingga saat ini terus di lestarikan.
                     (Foto IG: @angelicantanochoir)
Selaint itu, pula diantara budaya kedua etnis di Kapuas Hulu mengalami pergeseran. Hal ini disebabkan pengaruh kemajuan globalisasi serta akulturasi budaya. 

Jenis Tradisi Masyarakat Kapuas Hulu di Kalimantan Barat

Lalu apasaja ragam tradisi masyarakat kapuas hulu yang ada di 2 etnis melayu dan dayak tersebut? Sebagai wisatawan yang akan berlibur di suatu derah juga pasti akan memperhatikan bagaimana keadaanya budaya dan adat istiadanya. 

1. Atraksi Kesenian

Pada atraksi kesenian masyarakat Kapuas Hulu di Kalimantan Barat juga di rincikan berdasarkan pengelompokannya. Selain itu, diberikan aturan sistem pengelolaan yang tepat dalam pelestariannya. Misalkan seni berupa musik, dibidang sastra, dan sebagainya. Berikut rinciannya:
  • Pada atraksi seni dikelola oleh 69 buah sanggar
  • Untuk jumlah senimannya berjumlah 1.223 orang
  • Kesenian ini dikelompokan yang terdiri dari seni musik, sastra, seni rupa, teater, dan Kriya Dayak.
2. Ritual Adat dari 2 Etnis Melayu dan Dayak

Kedua suku Melayu dan Dayak memiliki tradisi yang di kelompokan agar mudah untuk dikenali dan dipahami dengan baik. Meliputi:

- Jenis tradisi dari Suku Melayu berupa :
  • Hadrah
  • Tarian Jepin
  • Qasidah
  • Syair
  • Pantun
Jenis tradisi diatas masih bertahan sampai saat ini. Berbagai kegiatan seperti upacara adat pernikahan masih tetap digunakan. Bukan hanya itu saja, misalkan pada acara pemerintahan dalam menyambut pimpinan para pejabat negara dan pejabat pemeritahan daerah tetap menggunakan tradisi tersebut.

- Jenis Tradisi dari Suku Dayak yakni:
  • Mandung, berasal dari suku Dayak Taman.
  • Nyonjoan dan Baranangis, yang berasal dari suku Dayak Embaloh.
  • Bejande, Bedudu, dan Betimang, berasal dari suku Dayak Kantuk.
  • Ngajat dan Sandauari dan Gawai Kenalang dari suku Dayak Iban.
  • Dange', berasal dari suku dayak Kayan mendalam.
  • Sentra seni rupa (Desa kerajinan), seperti: Ukiran Lukisan, Tameng, Pandai Besi, Anyaman, Tenun Ikat Tradisional, dan Manik-manik. Dimana hampir ada di semua kecamatan kabupatan kapuas hulu.
9 Jenis Rumah Adat di Kapuas Hulu Yang Unik

Di Kalimantan Barat tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, memang menyimpan banyak keuniikannya. Termasuk di daerah ini jiga terdapat banyak jenis Rumah Adat. Mayarakat lebih mengenalnya dengan istilah Perkampungan Rumah Tinggal, seperti Rumah Adat Betang Panjang dengan konsep Permukiman Tradisioanal Masyarakat Melayu Kapuas Hulu yang beragam.

Diketahui Rumah Adat Betang Panjang, khas masyarakat dayak masih ada dengan tampilan yang unik. Jika anda berkunjung ke kabupaten kapuas hulu akan banyak mendapatkan pengetahuan mengenai adat istiadat yang unik.

Adapun jenis keunikan rumah adat betang panjang di kapuas, kalimantan barat diantaranya :

1. Rumah Adat Betang Panjang Melapi Patamuan

2. Rumah Adat Betang Panjang Semangkok

3. Rumah Adat Betang Panjang Sei Uluk Palin

4. Rumah Adat Betang Panjang Bukung

5. Rumah Adat Betang Lungsa Hilir

6. Rumah Adat Betang Benua Tengah

7. Rumah Adat Betang Na. Nyabau

8. Rumah Adat Betang Panjang Sei Utik

9. Rumah Duka Tradisional Serambi/ Kulambu.

Tradisi kebudayaan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat memang unik. Sebagai salah satu daerah yang kaya akan budaya, sangat menarik untuk dilestarikan. Seperti pada jenis tradisi budaya masyarakat Kapuas Hulu di Kalimantan Barat.

Itulah pembahasan mengenai ragam budaya masyarakat di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Biasanya pemahaman budaya indonesia penting untuk diketahui bersama. Apalagi bagi pemuda/i di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang harus terap dilestarikan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel