Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Anggota Silat Taat Organisasi

Taat aturan adalah cerminan orang yang beradab. Secara spiritual dalam hidup, kita senantiasa harus taat pada perintah Allah SWT dan rasulnya.

Begitupula dalam sosial maka kita harus taat pada aturan baik dalam suatu negara, lembaga dan organisasi. Begitupula dalam budaya silat, seseorang yang mengikuti silat harus taat pada aturannya. 

Aturan dalam dunia persilatan tetap menjaga nama baik tempat latihan. Menghormati guru, orang tua, dan sesama manusia. 

Pembahasan terkait ciri-ciri anggota silat salah satunya taat aturan di tempat latihan. Misalnya konsisten latihan dan fokus belajar dan mengulas materi yang di ajarkan agar dapat di kembangkan.
Berikut ini sebagai pengingat saja untuk sekedar bahan renungan pembaca, agar dapat mengambil hikmah dari tulisan yang kurang sempurna ini, diantaranya;

- Saling Menghormati

Berbudi perkerti luhur adalah sikap beretika dalam kehidupan sosial. saling menghormati dan menebarkan kebaikan. Hormat menghormati adalah sikap yang harus diterapkan oleh setiap orang. 

- Bersikap Toleransi

Toleransi merupakan cara kita menghargai dan menghormati sesama. Sikap toleransi harus diterpakan dalam kehidupan bermasyarakat. Menyayangi antar sesamanya.

- Tolong Menolong

Saling tolong menolong adalah salah satu ajaran dari keyakinan yang dianut setiap orang. Menolong orang lain adalah sebuah kebaikan yang harus di lakukan dalam hidup. Supaya berkah dan diberikan kelancaran oleh yang maha kuasa.

- Tidak Bersikap Iri, Dengki, dan Hasut

Penyakit hati memang harus di hindari. Bersikap iri, dengki, dan hasut dapat membahayakan dan berdampak buruk pada diri sendiri.

- Rendah Hati 

Bersikap Rendah hati tidak akan pernah merugikan. Kita percaya bahwa tuhan maha adik dan bijaksana. Rendahkan hati dihadapan sesama agar tercipta hubungan yang baik dan berkah.

- Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab adalah perbuatan yang dilakukan oleh setiap orang berdasarkan  kewajiban dan memiliki sifat kepedulian. 

Kemudian menaati perintah Tuhan YME, sesuai keyakinan yang kita yakini. Hidup dalam kedamaian akan membawa berkah bagi semua dan menjalankan nilai-nilai spiritual sesuai kepercayaan masing-masing.