3 Cara Menang Pemilihan Raka Raki Jawa Timur

Cara Menang dalam Pemilihan Raka Raki Jawa Timur dapat anda lihat melalui proses pemilihannya dan pelajari alur perlombaanya.

Jika anda konsisten maka besar kemungkinan andalah juaranya. Raka Raki adalah sebutan untuk pemuda/i di seperti di jawa timur. Dimana Raka artinya pemuda laki) dan Raki adalah pemudi (perempuan).
Untuk Pemilihan Raka Raki di jawa timur dilakukan setiap tahun, cara memenangkannya juga sangat mudah yang penting anda siap maju dan berani menampilkan yang terbaik. 

Ajang perlombaan raka dan raki ini adalah sebuah kompetisi yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata.

Kegiatan ini bertujuan untuk terus meningkatkan profesionalisme khususnya bagi para pemuda/i berprestasi di bidang kebudayaan dan pariwisata dan sekaligus mendukung kinerja dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Menjadi duta wisata sangat menyenangkan dan tentu saang bermanfaat.

Cara Menang Pemilihan Raka Raki Jawa Timur

Ajang yang cukup bergengsi di Provinsi jawa timur ini diikuti oleh perwakilan duta daerah dari 38 masing-masing kabupaten/kota untuk memperebutkan gelar juara untuk tingkat provinsi. Para pemenang nantinya akan mengemban misi dalam mempromosikan segala potensi yang ada di daerahnya paling utama yakni di sektor pariwisata dan budaya.

Pemilihan Raka Rami Jawa Timur tak ubahnya dengan pemilihan duta wisata pada umum. Salah satu kontes yang sejalur adalah Pemilihan Abang None Jakarta. Dimana perlombaan ini sama-sama mencari sosok pemuda/i yang akan menjadi Duta Wisata di Daerah masing-masing.

Lalu bagaimana cara memenangkan pemilihan raka raki di jawa timur? Adakah tips yang lebih tepat supaya sejalur dengan hasil yang memuaskan. Untuk mengetahui hal-hal yang harus anda persiapkan maka perhatikan caranya, meliputi;

1. Pahami Kriteria Peserta


Biasanya sebelum proses seleksi dimulai akan ada pemberitahuan dengan jelas terkait kriteria peserta. Misal tinggi badan yang mumpuni, public speaking yang bagus, berwawasan luas mengenai wisata dan budaya, berkepribadian yang baik, dan good looking. Jika ini sudah ada maka kesempatan menang sudah semakin mendekati.

Namun jika anda sudah mewakili kabupaten/kota di pemilihan raka raki tingkat provinsi biasanya pemenang yang dikirim memang sudah mencukupi kriteria persyaratan. Itu artinya yang harus anda lakukan adalah sikap dalam mengikuti tahapan pada proses penilaian yang lebih ditekankan.

2. Berkepribadian yang bagus


Walaupun para pemenang dari daerah di utus ke tingkat provinsi pada ajang raka raki jawa timur, tetap penilaiannya dilihat dari kepribadiannya. Misal disiplin/tepat waktu, fokus saat menerima materi, santai dalam berkompetisi berlangsung, dan tidak menjahili rekan-rekan finalis lainnya.

Etika ini akan nampak telihat pada saat tahapan perlombaan raka raki di mulai. Untuk itu, perlu anda menjaga sikap yang baik, cara berkomunkasi yang sopan, dan harus terbuka untuk tidak pilih-pilih teman. Selain itu keramah tamahan anda kepada siapa saja, baik itu dengan teman-teman finalis lainnya, kepada panitia, atau dengan dewan juri.

3. Public Speaking harus total


Biasanya kriteria pemenang pada perlombaan semacam ini harus lancar berkomunikasi alias tidak gagap, tidak canggung, dan tidak demam panggung. Mimik wajah pun harus terlihat santai dan ramah, apalagi ketika ada pertanyaan harus mampu menguasai dan bisa beretorika dengan baik.

Selain itu, public seaking yang paling menonjol dapat anda asah di bagian bahasa inggris. Ini bisa jadi senjata andalan anda sebagai salah satu cara untuk menang di pemilihan raka raki jawa timur. Intinya dari point pertama wajib anda siapkan sebaik mungkin.

Sebab pemenang nantinya sewaktu-waktu akan teribat dalam kegiatan kepariwisataan maka public speaking ini perannya sangat penting. Mengikuti pemilihan raka raki ini tidak akan rugi. Sebab akan banyak pembelajaran dan pengalaman menarik yang akan anda dapatkan. Apalagi kenalan anda akan bertambah, dan networking kedepannya jadi lebih luas.

Sehingga perlombaan ini sangat tepat untuk generasi muda di jawa timur untuk menggali potensi diri dan menjadi icon pemuda dalam hal pengenalam warisan leluhur termasuk wisatanya, agar kearifan lokal di jawa timur semakin terjaga dan tetap terlestarikan dengan baik.

Cara menang raka raki jawa timur harus dengan strategi yang tepat. Maksudnya adalah harus didukung dengan persiapan yang matang. Sebab anda akan bersaing dengan puluhan peserta untuk menjadi yang terbaik. Melalui perlombaan raka raki ini memang sangat bermanfaat bagi anda untuk kedepannya.

Nah itulah cara suapaya anda bisa menang dalam pemilihan Raka Raki Jawa Timur. Jangan lupa jika anda menang nanti harus benar-benar berkontribusi dengan baik melalui berbagai program yang menarik. 

Intinya fokus dan percaya diri itulah kunci paling utama untuk menang di pemilihan raka raki provinsi jawa timur. Mulai sekarang persiapkan diri anda, belajarlah dari beberapa kriteria pemenang raka raki jawa timur disetiap tahunnya. 

Amati sepak terjang mereka, dan cari tahu apa kelebihannya. Percayalah tiada hasil yang menghianati usaha, fokuslah dengan menampilkan yang terbaik, jadilah diri sendiri, dan lakukan penuh percaya diri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel