Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menang Pemilihan Duta Wisata Aceh

Duta wisata aceh adalah salah satu wadah  bujang dan gadis di aceh yakni agam dan inong dalam mengenali pariwisata di provinsi aceh. 

Ajang bergengsi yang digelar setiap tahun oleh dinas pariwisata aceh, berkerjasama dengan berbagai pihak untuk memilih sosok pemuda pemudi aceh yang mampu menjadi duta wisatanya. 

Sebagai syarat yang wajib diketahui oleh calon peserta adalah mampu membaca al-qur'an. 

Peserta mampu membaca al-quran merupakan ciri khas dari provinsi di ujung barat sumatra, dimana aceh sendiri juga memiliki pariwisata yang indah. 

Sehingga para generasi mudah aceh mampu mempromosikan pariwisatanya yang berlandaskan syariat islam.

Untuk kriteria pemenang dalam ajang duta wisata aceh memiliki persyaratan khusus salah satunya mampu membaca al-quran, harus bisa berkomunikasi secara nasional, dan internasional, tinggi badan, pengetahuan, dan lainnya. Ini merupakan beberapa kriteria yang harus dipersiapkan.

Tips Menang di Pemilihan Duta Wisata Aceh

Kriteria penilaian lainnya untuk menjadi duta wisata aceh sama halnya dengan pemilihan wisata pada umumnya. Dimana sosok pemenang nantinya dapat menginspirasi.

Supaya anda menang dan mampu menampilkan yang terbaik maka wajib anda paham semua materi dan persiapkan segala hal yang dibutuhkan. 

Nah bagi anda yang tertarik mengikuti pemilihan duta wisata aceh ini maka silahkan simak tips agar anda bisa memenangkannya. 

1. Memenuhi Persyaratan

Persyaratan khusus dapat menjadi acuan dari kriteria penilaiannya. Jika tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan sebagai aturannya maka dapat dikatakan gugur. 

Persyaratannya meliputi: Bisa membaca alquran, tinggi dan berat badan ideal, bergama islam, tidak cacat fisik (misal: pernah patah tangan, atau bekas luka bakar, dan lainnya).

2. Keahlian dan Berwawasan

Keahlian akan di tampilkan para peserta, misalkan menyanyi, menari, dan lainnya. Maka anda tekuni dan jiwai supaya malam bakat dapat menampilkan yang terbaik. 

Selanjutnya berwawasan luas. Seperti menguasai materi kebudayaan, potensi wisata aceh, dan mampu mempersentasikan tentang sejarah aceh di sumatra. 

3. Beretika dan public speaking yang mumpuni

Etika adalah salah satu sifat yang tidak bisa dibohongi dalam menilai karakter seseorang. Menjadi duta wisata juga perlu memiliki etika.

Selain itu juga didukung dengan publik speaking yang lancar. Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia, daerah, dan Asing.  

4. Percaya diri dan yakin dengan kemampuan

Biasanya seseorang yang sudah siap berkompetisi di berbagai perlombaan memiliki percaya diri yang sudah terlatih. Peran sifat percaya diri mampu memberikan rasa fokus dan tidak grogi.

Selain itu harus yakin dengan kemampuan diri sendiri, supaya tampil maksimal. Percayalah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi harus percaya dengan kemampuan diri.

Materi Pemilihan Duta Wisata Aceh (Agam/Inong)

Sebagai duta wisata maka harus mengetahui berbagai keunggulan wisata dan potensi wisata yang ada di aceh. Jika anda menguasainya dengan baik maka anda sudah berada lebih maju dari pesaing lainnya. Ini menunjukan bahwa anda berada lebih dekat dengan kemenangan.

Lalu apa saja materi yang harus dipersiapkan dan dipelajari dalam mengikuti pemilihan duta wisata aceh? Untuk lebih jelas mari kita simak dan perhatikan dengan penuh seksama.

1. Wisata unggulan.

Anda harus mampu mejelaskan apa itu wisata unggulan, dimanasajakah tempat wisata unggulan di aceh dan potensinya.

Inilah yang harus anda pahami, setidaknya apabila ada pertanyaan semacam ini anda bisa menjelaskan secara umum.

2. Potensi wisata.

Potensi wisata adalah semua daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang memiliki nilai jual. Seperti daerah wisata yang belum jamah, dan berbagai hal yang menyangkut wisata bahari, wisata pendidikan, wisata religi, dan sebaginya.

3. Mampu menjelaskan dimanasaja wisata di aceh.

Anda dapat membuat pengelompokan berupa wisata bahari dimana saja?, Wisata pendidikannya, wisata alam, wisata religi, daerah agrowisata, dan lannya.

4. Mengenali kuliner khas aceh.

Apasaja kuliner diaceh?, Sistem pembuatannya dan pemasarannya. Adakah program pemerintah aceh yang mendukung dalam sistem pemasaran dan lainnya.

5. Mengenali provinsi aceh.

Misalkan perbatasan provinsi aceh, luas wilayah, hasil bumi, jumlah penduduk, dan adat istiadatnya. Sebagai masyarakat melayu di Sumatra, tentu memiliki budaya dan kearifan lokal yang banyak.

mulai dari keseniannya, dan semua hal-hal yang berkaitan dengan provinsi aceh, dan Sumatra pada umumnya.

Menjadi duta wisata aceh dapat bermanfaat untuk karir kedepannya. Maka untuk menambah pengalaman dan pengetahuan bujang gadis di aceh, mengikuti duta wisata akan bermanfaat kedepannya.

Sebelum lomba di selenggarakan, persiapkan dengan baik. Supaya mampu menjadi yang terbaik, untuk menambah pengalaman, perkenalan, dan ilmu pengetahuan.