Ciri Kerajinan Tapis Khas Daerah Krui

Tapis adalah kain kerajinan tangan di Lampung. Proses pembuatannya pun dikerjakan dengan kreatif oleh para pengrajin. Kain Tapis bisa dikombinasikan dengan baju, sarung, kopiah, jilbab, dan lainnya. 

Berdasarkan penjelasan dari petugas di Anjungan Pesisir Barat, pada moment Lampung Fair 2019. Ciri khas kain Tapis daerah ini memiliki jaitan khusus yang disebut "Tekad"
Pekan Raya Lampung sebagai kegiatan dalam mempromosikan semua potensi wisata dan hasil pembangunan di masing-masing daerah. Termasuk dalam menyajikan berbagai macam produk untuk dipamerkan.

Terlihat berbagai macam seni kerajinan di pamerkan. Termasuk kain sarung tapis dan pakaian yang sudah jadi dipamerkan disisi ruang anjungan Pesisir Barat.

Membuat kain Tapis dengan peralatan khusus untuk menjahit. Menurut pengrajin Tapis, untuk menghasilkan jahitan benang yang rapi diperlukan ketenangan. Tehnik menjahit juga harus mengikuti pola gambar, ketika jahitannya salah maka segera diperbaiki supaya kain tapis yang dihasilkan bagus dengan jaitan yang rapih.

Ciri Kerajinan Tapis Daerah Krui

Kain kerajinan Tapis yang poluler di daerah ini ialah Tapis Pulau Pisang. Para pengrajin yang ada di Anjungan Pesisir Barat menjelaskan tentang ciri-ciri kain Tapis daerah Pulau Pisang yaitu:
  • Gunung letak ketik (tekat sporadis)
  • Tekat ketupat (Tekat sayak telanai)
  • Tekat sesiku (tekat buku-buku)
  • Tekat awan bejumpu 
  • dan Tekat mata pete. 
Pada event Lampung Fair 2019, terdapat pengunjung yang membeli kain kerajinan tapis yang sudah jadi dan membeli aksesoris bahan tapis lainnya. Semua pernak pernik kain kerajinan tapis yang sudah jadi dipamerkan.

Diketahui Sarung Tapis dijual dengan harga 3 juta-5 juta Rupiah. Tergantung pada letak kesulitan dalam pembuatannya. Untuk harga tas dan dompet dibandrol mulai harga Rp150.000-Rp350.000/produk.

Menurut pengrajin tapis bahwa sudah banyak produk berbahan Tapis ini beli konsumen dari luar Lampung seperti Papua, Pulau Jawa, Sulawesi dan lainnya.

Kerajinan kain tapis ini dapat dikombinasikan menjadi kain taplak meja, dan bahan kaos sekedar memberikan warna agar menghasilkan keindahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel