5 Tips Persiapan Menjelang Ramadhan

Menghadapi bulan suci ramadan harus mempunyai persiapan mulai dari niat, dan kondisi tubuh agar kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Dengan niat yang tulus dan hati yang ikhlas, mari sambut Ramadan dengan gembira. 
Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci dimana setiap amalan seseorang akan dilipat gandakan dibandingkan bulan lainnya. Perlunya mempersiapkan diri agar dapat menjalankan ibadah di bulan yang suci dengan maksimal.

Konsisten menjalankan ibadah puasa beserta ibadah lainnya di bulan yang penuh berkah, dapat meningkatkan ketaqwaan sebagai hamba. Jika bulan suci ramadahan telah usai akan terbiasa menjalankan ibadah dengan istiqomah. 

Bulan ramadhan umat muslim akan menahan haus dan lapar sejak sahur hingga berbuka selama sebulan penuh. Pertanyaannya apakah yang harus kita persiapkan untuk menghadapi puada bulan ramadan ini agar tetap sehat dan kuat ?.

5 TIPS PERSIAPAN MENGAHADAPI BULAN RAMADHAN

Nah, kali ini akan kita bahas hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi bulan puasa ramadhan :

Pertama, mengubah kebiasaan tidur.
Jika anda memiliki kebiasaan tidur dilarut malam sebaiknya anda konsisten untuk merubah tidur anda pada awal malam, karena pola tidur sangat mempengaruhi stamina badan anda.

Kedua, tingkatkan baca Qur'an.
Al-qu'an merupakan kitab suci umat islam yang maha agung dan mulia juga termasuk kedalam salah satu rukun iman. Pada bulan-bulan biasa saja kita diwajibkan untuk membacanya. Jika anda membaca alqu'an pada bulan ramadhan maka sudah allah janjikan lipatan pahala yang akan kamu dapat dari setiap ayat yang kamu baca.

Ketiga, persiapkan segala keperluan yang mungkin akan anda butuhkan pada saat bulan puasa ramadhan, seperti persiapan stok makanan yang cukup untuk dikonsumsi selama sebulan penuh atau perlengkapan sholat semisal baju koko, peci maupun sajadah.

Keempat, tingkatkan puasa sunnah di bulan syaban atau bisa juga dengan berpuasa sunah senin kamis. Dengan ini anda akan terbiasa melawan hawa nafsu dan melatih kesabaran sebelum datangnya bulan puasa.

Kelima, kurangi kebiasaan yang tidak Bermanfaat.
Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk didalam hidupnya. Setiap kebiasan buruk ini harus dihilangkan tentunya tidak baik bagi anda jika dilakukan terus menerus karena dampaknya merugikan diri anda sendiri. Semisalnya anda suka begadang, perokok berat maupun suka menggosipi orang.

Sebagai muslim sudah seharusnya anda menjauhi terhadap hal-hal yang tidak bermanfaat bagi diri anda karena dapat menimbulkan akibat kerusakan pada diri anda sendiri dan masyarakat.

Ibadah dibulan ramadan akan dilipatgandakan oleh yang maha kuasa. Jadi kesempatan bagi kita untuk terus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Waktu terus berjalan, hari terus berlalu maka dalam rangka menyambut bulan yang penuh keberkahan. Marilah kita terus bebuat kebaikan baik dibulan ramdan dan pada bulan lainnya seumur hidup.
Semoga tips diatas dapat menjadi pengingat bagi kita agar hidup dalam keberkahan Allah SWT.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel