Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Persiapan Presenter TV Sebelum Siaran Dimulai

Membawakan acara televisi memang terlihat mudah, padahal dibalik layar sebelum berita ditayangkan melibatkan banyak pihak. Jika dilihat para pembawa acara (Presenter) membawakan berita dengan tenang dan santai.

Akan tetapi sebelum mereka melakukan siaran langsung maupun tidak langsung (Tapping) tentu  melakukan persiapan yang baik supaya informasi dapat disajikan dengan menarik.
Persiapan yang harus dilakukan para penyiar (Presenter) sangat penting. Mulai memahami naskah pada Lead Promter, penyesuaian tata busana, tata rias, dan membaca teks agar tidak salah dalam menyebutkan kata atau kalimat. Untuk itu para presenter juga harus fokus dengan berita yang disampaikan.

Persiapan Penyiar TV Sebelum Mulai

Informasi mengenai persiapan yang mesti dilakukan para penyiar televisi sebelum siaran dimulai tentu menarik dibahas. 

Ini bertujuan untuk menambah refrensi bagi yang tertarik untuk mengetahui persiapan sebelum berita siarkan, dan menambah pengetahuan bagi yang tertarik merambah di dunia penyiaran.

Untuk mengetahui persiapan yang mesti dilakukan presenter berita televisi sebelum dimulai, berikut langkah-langkahnya:

1. Disiplin

Seorang Presenter Berita televisi mesti disiplin sesuai ketentuan waktu yang telah ditetapkan. Misalnya datang 1 jam atau minimal datang ke studio 30 menit sebelum siaran dimulai. Artinya masih terdapat sisa waktu yang dapat dimanfaatkan dalam memahami teks berita dan lainnya.

2. Tata Busana

Membawakan acara saat siaran, sebaiknya menggunakan busana yang formal dan rapih. Disesuaikan pada program acara yang dibawakan. Pilih busana yang 

3. Tata Rias

Tata rias salah satu penunjang agar wajah tampak segar. Sehingga akan menambah rasa percaya diri dalam menyampaikan informasi ke pemirsa. Menggunakan tata rias seperlunya dan merata di bagian wajah.

4. Baca Naskah 

Sebelum siaran berlangsung, usahakan membaca Lead Promter terlebih dahulu. Supaya dalam menyampaikan berita tidak terbata-bata. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan kata yang tidak bisa dipahami, maka jangan lupa bertanya. 

Perhatikan waktu iklan dan waktu masuk di berita selanjutnya. Jangan sampai sudah waktunya iklan, lead berita terus dibaca. Memahami tanda iklan sangat penting. 

Bagi yang tertarik untuk dunia penyiaran, silahkan lakukan latihan dan tehnik menyampaikan berita. Setelah itu, perbanyaklah belajar supaya lebih baik dan terbiasa. Demikian tips persiapan sebelum siaran televisi di atas semoga bermanfaat untuk para pembaca.