Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Persiapan Presenter TV Sebelum Mulai

Terlihat mudah saat melihat penyiar tampil di televisi. Padahal sebelum berita ditayangkan, melibatkan banyak pihak dan persiapan sampai acara selesai. Sebelum siaran, tentu melakukan persiapan supaya informasi dapat tersampaikan.

Persiapan penyiar (Presenter) sebelum mulai penting dilakukan. Membaca naskah, supaya teks tidak salah dalam menyebutkan kata atau istilah yang terdapat pada naskah. Terlihat para presenter yang membawakan acara di televisi lancar dan mantap. 

Persiapan sebelum siaran di televisi, perlu diketahui. Khususnya yang berkeinginan menjadi seorang penyiar (Presenter). Namun persiapan tersebut akan dimengerti, setelah berkecimpuh, berperan, bahkan menjadi seorang penyiar televisi. 
Selain itu, artikel mengenai persiapan televisi, sekiranya dapat membantu mendapatkan refrensi, saat mengerjakan tugas atau penelitian, di bidang Ilmu Komunikasi. Persiapan secara umum yang dilakukan oleh presenter televisi, diantaranya sebagai berikut:

1. Seorang Presenter Televisi, juga dituntut untuk disiplin. Misalnya sebelum acara dimulai. Presenter sudah berada di studio lebih awal, sebelum siaran dimulai. Tujuannya supaya tidak terlambat dan menghindari tergesa-gesa karena kurang persiapan. 

2. Memakai busana yang formal dan rapih. Hal tersebut disesuaikan pada program acara yang akan dibawakan. Pilih busana yang baik dan sopan. 

3. Selain itu, persiapan lainnya ialah Tata rias (make up). Ada manfaatnya juga, supaya lobang-lobang di wajah tak kasat mata. Wajah pun menjadi segar dan elok. Sehingga dapat menambah rasa percaya diri saat membawakan acara.
 
4. Sebelum siaran berlangsung, alangkah baiknya jika membaca teks pada naskah atau  pada layar monitor (lead promter). Supaya menyampaikan berita tidak terbata-bata. Jika terdapat kata atau istilah yang tidak diketahui cara membacanya, maka jangan sungkan untuk bertanya. 

Membaca naskah sebelum siaran dimulai, supaya mengetahui susunan berita yang akan ditayangkan. Berita pertama, waktu jeda untuk menayangkan iklan, sampai berita di bagian terkahir. 4 poin persiapan presenter televisi tersebut bersifat umum, selebihnya dapat melihat langsung di berbagai sumber lainnya. 

Nah, Jika tertarik berkarir di dunia penyiaran, persiapkan latihan dan belajar membacakan berita. Perbanyak refrensi menonton berita-berita yang disampaikan para penyiar diberbagai kanal youtube. Itu sangat penting, supaya menambah pemahaman tersendiri.