7 Persiapan Presenter TV Sebelum Siaran Dimulai

Hasbundoya.com - Siaran televisi memang terlihat mudah, jika dilihat para pembawa acara (Presenter) membawakan berita dengan tenang dan santai. Akan tetapi sebelum mereka melakukan siaran baik langsung maupun tidak langsung (Tapping) harus melakukan persiapan guna kelancaraan dalam menyampaikan informasi kepada pemirsa.

Persiapan yang harus dilakukan para penyiar (presenter) memang harus komplit, mulai dari membaca berita, hingga wardrobe yang sesuai. Untuk itu para presenter juga harus tampil di layar televisi dengan fokus dan pembawaan menyesuaikan berita yang disampaikan. 

7 Persiapan Penyiar TV Sebelum Mulai

Untuk mengetahui apasaja persiapan yang harus dilakukan untuk membawakan acara tv?, Mari kita simak informasi berikut ini dengan jelas.

1. Datang ke studio siaran lebih awal

Agar tidak terburu-buru dengan waktu maka anda wajib datang minimal 30 menit sebelum program dimulai. Artinya anda masih ada waktu untuk bersiap-siap seperti memahami berita yang akan di bawakan dan sebagainya.

2. Carilah wardrobe yang sesuai

Pakain memang penting terkhusus bagi anda sebagai penyiar tv. Anda akan berintraksi langsung dengan pemirsa maka penampilan harus disesuaikan.

3. Gunakan make up yang sesuai

Make up sebagai salah satu penunjang agar tampil segar dan lebih percaya diri dalam menyampaikan informasi ke pemirsa di layar kaca. Make up juga akan mengubah tampilan wajah lebih baik.

4. Baca Naskah 

Sebelum on air atau siaran dimulai maka semua penyiar alangkah baiknya jika membaca dulu berita yang akan disampaikan supaya lancar. Setidaknya memahami secara jelas agar tidai terbata-bata saat inprovisasi di depan camera. 

5. Bertanya 

Saat membaca naskah berita, terdapat kata dalam pengucapannya yang tidak diketahui, maka jangan lupa bertanya ke crew. Supaya tepat dalam mengucapkannya.

6. Mulailah dengan tenang dan fokus.

Jangan tergesa-gesa, tampilakan secara santai dan tenang. Sesuaikan expresi dengan berita yang disampaikan.  

7. Perhatikan jeda iklan dan waktu masuk.

Lihat pula tanda jeda iklan dan waktu masuk di berita selanjutnya. Jangan sampai sudah waktunya iklan anda malah terus membaca berita. Penting memahami tanda batas jeda iklan yang ada pada naskah.

Persiapan diatas memang secara umum dilakukan oleh para penyiar berita televisi. Sebab dalam membacakan berita penting melakukan persiapan sebelum siaran agar lancar.

Bagi anda yang tertarik untuk terjun di dunia penyiaran silahkan lakukan latihan dan tehnik menyampaikan berita. Setelah itu, perbanyaklah belajar supaya anda lebih baik dan terbiasa. Demikian tips persiapan sebelum siaran di televisi diatas semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel