5 Tips Kuat Saat Puasa Ramadhan

Menahan haus dan lapar saat berpuasa adalah kewajiban yang mesti dilakukan bagi umat muslim dimanpun berada. Saat berpuasa perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi baik saat waktu berbuka atau ketika sahur.

Menjaga makanan yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan kuat. Perlunya asupan gizi yang seimbang agar tidak menyebabkan badan terasa lemas dan letih saat berpuasa. 
Berikut ini terdapat beberapa tips agar badan tetap kuat selama puasa: 

1. Anda bisa melakukan olahraga secara sederhana.

Pada bagian pertama ini saya anjurkan walaupun anda sedang menjalankan aktifitas puasa Ramadhan juga anda harus tetap melakukan olahraga walaupun olahraga secara sederhana saja. Karena, berolahraga dapat menjadikan badan kita tetap sehat.

Anda dapat melakukan olahraga yang kiranya tidak banyak mengeluarkan banyak keringat dan tidak menghabiskan banyak energi pada badan seperti berlari-lari kecil atau melakukan olahraga senam agar anda tidak merasa capek, haus dan anda tetap kuat menjalankan ibadah puasa.

2. Berbukalah dengan secukupnya.

Pada saat berbuka puasa sebaiknya anda tidak makan secara lebih, sangat dianjurkan apabila anda berbuka dengan memakan makanan yang mengandung gula agar dapat mengembalikan kandungan gula kedalam tubuh yang itu merupakan sumber energi.

Contohnya seperti anda bisa berbuka dengan buah-buahan segar, kue, jus buah dan bisa juga anda berbuka dengan kurma. Hindari berbuka dengan minuman dingin tentu ini akan membuat anda jadi lemas dan tak bertenaga.

3. Makanan berat sesudah sholat tarawih.

Di bagian ini disarankan sebaiknya disaat berbuka anda tidak lansung memakan makanan yang berat. Karena makanan berat itu mengandung banyak lemak dan karbohidrat sehingga dapat menimbulkan badan anda terasa lemas dan cepat merasa ngantuk.

Alangkah baiknya jika anda ingin mengkonsumsi makanan berat sesudah pulang dari sholat tarawih, karena ada waktu jeda yang maksimal dari buka puasa sampai selesainya sholat tarawih untuk menampung lagi makanan. Dengan ini anda akan tetap kuat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

4. Istirahat di siang hari.

Anda juga bisa beristirahat pada singang hari pada saat anda sedang menjalankan ibadah puasa. Anda isa memanfaatkan waktu istirahat ini untuk tidur siang setidaknya 30 sampai 40 menit agar dapat mengembalikan energi anda dan siap untuk beraktifitas kembali.

5. Tidur dengan teratur.

Pada bulan Ramadhan ini banyak sekali perubahan kebiasaan anda. Seperti kebiasaan tidur anda dan bangun untuk melaksanakan makan sahur, anda dituntut untuk bangun lebih awal dibanding dari hari-hari biasanya.

Jika dilihat dari segi konsumsi anda juga dituntut untuk menahan tidak makan dan minum walaupun merasakan haus dan lapar. Jika tidur anda teratur maka otomatis badan akan terasa sehat, kuat dan pastinya anda bisa memaksimalkan ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini.

Itulah tadi tips agar badan anda tetap terasa kuat saat anda menjalankan aktifitas puasa pada bulan ramadhan, perhatikan pola makanan diatas jangan sampai puasa anda batal hanya karena makanan yang kurang sehat dan tak teratur. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel