13 Destinasi Wisata Unggulan Kabupaten Pesisir Barat

Hasbundoya.com - Destinasi wisata uggulan di kabupaten pesisir barat memang sangat banyak. Kabupaten berjuluk "Negeri Para Sai Batin dan Ulama" ini terkenal akan wisata bahari. Walaupun tergolong kabupaten baru namun siapa sangka berkat pembangunan dan pengelolaan wisatanya mampu membuat kabupaten ini semakin cepat dikenal.

Selain potensi wisata yang hampir ada disetiap desa seperti pantai yang cantik dan indah, terdapat pula wisata unggulan yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur. Peran pemerintah daerah pesisir barat yanh terus bersinergi dengan masyarakat guna meningkatkan eksistensi agar kabupaten ini semakin maju.
Di Pesisir Barat sendiri terdapat 13 Wisata Uggulan berdasarkan data yang diorbitkan melalui stand pemeran di acara lampung fair. Wisata unggulan ini didominasi oleh wisata baharinya yang sudah terkenal hingga mancanegara. Nah apasaja wisata unggulan di kabupaten pesisir barat ini, langsung saja simak informasi selengkapnya.

13 Destinasi Wisata Unggulan Kabupaten Pesisir Barat

Setiap pengunjung yang akan berlibur ke pesisir barat maka alangkah baiknya jika langsung mendatangi tempat wisata ini. Selain ramai oleh pengunjung, tempat ini memang tengah populer dikalangan warganet, dimana postingan gambar yang sudah tersebar di berbagai platform media.
Untuk lebih jelas apasaja wisata unggulan di kabupaten pesisir barat ini, maka berikut rangkuman 13 wisata unggulan berdasarka n data dari Dinas Pariwisata Pesisir Barat:

1. Labuhan Jukung.

Labuhan jukung berada di pusat kota, tal jauh dari kompleks perkantiran pesisir barat. Tempat ini biasa di jadikan sebagai daerah wisata dan rekreasi. Saat berada di labuhan jukung anda akan menikmati indahnya pantai lambuhan jukung yang ramai pengunjung.

2. Pantai Walur.

Pantai walur sebagai salah satu spot surfing dengan pemandangan pohon kelapa disepanjang pantai. Cocok buat anda yang suka foto untuk mengambil backgroun yang unik.

3. Pantai Mandiri.

Pantai mandiri banyak diramaikan para turis, selain ombak yang besar juga memiliki panorama pantai yang memukau. Melihat atrkasi para turis bermain surfing jelas akan membuat liburan anda begitu menyenangkan.

4. Pantai Tanjung Setia.

Pantai ini sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai Tanjung Setiap juga sebagai tempat kompetisi surfing international krui pro disetiap tahun. Padatnya kawasan pantai ini saat perlombaan tersebut dimulai, maka tak heran pantai ini masui dalam wisata unggulan pesisir barat.

5. Pantai Melasti.

Pantai melasti terkebal dengan ketenangan ombak dan cantiknya pasir putih menyilaukan mata. Bagi para photografer memang tepat jika mengambil gambar di pantai melasti.

6. Pelabuhan Kuala Stabas.

Pelabuhan yang cukup populer di krui pesisir barat adalah Kuala Stabas. Disini dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi santai bersama keluarga. Tempat yang nyaman dan unik di pinggiran pelabuhan cocok untuk bernostalgia. Pelabuhan ini menghadirkan beragam perahu nelayan pengakap ikan dengan jumlah yang banyak.

7. Repong Damar Pahmungan.

Damar adalah komoditi unggulan di pesisir barat. Daerah yang begitu terkenal penghasil getah damar terbanyak ada di kecamatan lemong dan juga di daerah pahmungan. Anda dapat menikmati wisata alam dengan keindahan pohon damar mata kucinb dalam jumlah banyak.

8. Air Terjun Way Karang.

Air terjun way karang adalah spot wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun yang tinggi. Spot ini memang keren, para pengunjung yang sudah mendatangi air terjun ini berasal dari berbagai daerah. Tentunya air terjun way karang layak anda kunjungi saat berada di krui pesisir barat.

9. Gua Matu.

Salah satu wisata religi andalan di pesisir barat adalah Gua Matu. Tempat misterius ini sudah semakin ramai pengunjung. Saat ini pemerintah daerah pesisir barat sudah melakukan pembanguna sebagai daerah wisata religi di daerah ini.

10. Pulau Pisang.

Sebuah kecamatan di pesisir barat yang unik yang dikenal dengan pulau pisang sudah memang sudah tidak asing ditelinga wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Setiap acara festival di pulau pisang selau dihadiri wisatawan.

11. Batu Tihang.

Batu tihan ini berada di kecamatan pesisir utara. Beralamat di jalan lintas barat pekon kuta karang. Pantai Batu Tihan ini tepat di pinggir jalan utama, jadi apabila anda berkendara melintasi jalan ini akan terpana dengan suguhan indah dari Batu Tihan yang menjulang tinggi.

12. Pantai Pugung.

Dikenal dengan pantai pugung karena letaknya yang berada di daerah pugung. Pantai dengan berbagai pariasi ini memang sangat elok. Pantai pasir putih mengkulau saat disinar matahari akan menjadikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

13. Keramat Menulla.

Wisata religi keramat manulla memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Kurangnya liputan media membuat wisata ini tak seeksis wisata lainnya. Namun sispa sanga saat ini sudah banyak informasi yang beredar mengenai wisata religi keramat manulla.

Setiap saat wisata religi ini tak pernah kosong, apalagi saat moment liburan bahkan hari raya idul adha dan idul fitri banyak wisatawan yang datang untuk berziarah. Keramat manulla ini beralamat di kecamatan lemong pesisir barat yang ada di daerah hutan kawasan.

Nah Itulah penjelasan mengenai 13 spot wisata unggula di kabupaten pesisir barat. Biasanya informasi ini selalu dijadikan sebagai materi dalam ajang pemilihan muli mekhanai (Duta Wisata) Pesisir Barat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Selaku pemuda/i lampung memang harus mengenali daerah wisata yang ada dan sudah sepatutnya berkontribusi dalam mengeksplore berbagai pariwisata, agar Kabupaten Pesisir Barat semakin dikenal diseluruh indonesia bahkan dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel