Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Naskah Berita Televisi

Contoh naskah berita televisi yang dibacakan oleh presenter berita menarik untuk dipelajari. Pembaca berita terdiri dari 1 atau 2 orang yang akan membacakan teks narasi yang tertera di lead promter.

Naskah berita sebelum dibacakan telah melalui berbagai tahapan. Mulai dari wartawan, kemudian editing, proses suling suara (dubber) dan editor video, MCR, sampai dibacakan presenter.

Membuat teks naskah berita televisi dapat dipelajari dengan banyak membaca berita diberbagai media, baik cetak maupun elektronik yang dapat menjadi refrensi sarana belajar menulis berita.

Kemudian mengikuti panduan menulis berita, mengikuti seminar atau pelatihan, atau bergabung di organisasi kemahasiswaan di bidang jurnalistik. 

Berikut contoh naskah berita Televisi yang dibacakan presenter berita:

Contoh Pembukaan (Opening Presenter)

Selamat Malam Pemirsa/ (nama program)/ kembali hadir edisi Kamis/ 06 Desember 2018/ bersama saya ...// dan saya../ Sejumlah informasi menarik akan kami hadirkan untuk anda// Kita simak/ inilah informasi selengkapnya/// 

Contoh Naskah Berita (Lead di Promter)

Pemirsa/Hari kedua pelaksanaan Kejuaraan Nasional/ Tinju Amatir Elite/ yang digelar di ... pada hari ini/ kamis 06 Desember 2018// 3 dari 7 petinju asal Lampung / yang tampil kalah dibabak penyisihan//Dengan demikian pemirsa// Pertina Lampung/ dipastikan gagal telak sejak awal Kejurnas///

Untuk contoh teks di bagian akhir seperti penutup (closing) menarik juga untuk di pelajari. Misalnya contohnya sebagai berikut.

Contoh teks penutup berita (Closing)

Pemirsa/ informasi tadi mengakhiri perjumpaan kita/ di ...edisi kali ini/ saya...
Dan saya.. mewakili crew yang bertugas/ undur diri/ selamat malam dan sampai jumpa///

Membawakan berita televisi disesuaikan dengan berita yang dibacakan Kemudian pengucapan nama, tempat, waktu, dibacakan dengan artikulasi dan pelafalan yang jelas.

Itulah pembahasan mengenai contoh teks berita televisi sebagai refrensi tambahan saja. Mohon maaf jika ada salah kata dan semoga bermanfaat.