Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Berita Televisi

Contoh naskah berita televisi yang dibacakan oleh penyiar berita, dapat dibuat sendiri sebagai bahan materi bacaan untuk dipelajari. Pembaca berita terdiri dari 1 atau 2 orang yang akan membacakan teks narasi berita yang tertera di lead promter.

Naskah berita sebelum dibacakan telah melalui berbagai tahapan. Mulai dari wartawan, kemudian editing, proses suling suara (dubber), editor video, MCR, dan sampai di bacakan oleh seorang penyiar televisi yaitu presenter.

Membuat teks naskah berita televisi dapat dipelajari dengan banyak membaca berita diberbagai media, baik cetak maupun elektronik, sebagai bahan refrensi untuk sarana belajar menulis berita.

Kemudian mengikuti panduan menulis berita, mengikuti seminar atau pelatihan, atau bergabung di organisasi kemahasiswaan di bidang jurnalistik. Hal itu, akan membantu memudahkan dalam membuat contoh naskah berita televisi. 

Naskah berita televisi yang dibacakan oleh penyiar, dapat dilihat pada contoh naskah berita. Membuat naskah berita perlu memperhatikan kaidah dalam jurnalistik. Mulai dari topi berita, dan pendukung lainnya. 

Berikut contoh naskah berita Televisi yang dibacakan presenter berita:

Contoh Pembukaan (Opening Presenter)

Selamat Malam Pemirsa/ (nama program)/ kembali hadir edisi Kamis/ 06 Desember 2018/ bersama saya ...// dan saya../ Sejumlah informasi menarik akan kami hadirkan untuk anda// Kita simak/ inilah informasi selengkapnya/// 

Contoh Naskah Berita (Lead di Promter)

Pemirsa/Hari kedua pelaksanaan Kejuaraan Nasional/ Tinju Amatir Elite/ yang digelar di ... pada hari ini/ kamis 06 Desember 2018// 3 dari 7 petinju asal Lampung / yang tampil kalah dibabak penyisihan//Dengan demikian pemirsa// Pertina Lampung/ dipastikan gagal telak sejak awal Kejurnas///

Untuk contoh teks di bagian akhir seperti penutup (closing) menarik juga untuk di pelajari. Misalnya contohnya sebagai berikut.

Contoh teks penutup berita (Closing)

Pemirsa/ informasi tadi mengakhiri perjumpaan kita/ di ...edisi kali ini/ saya...
Dan saya.. mewakili crew yang bertugas/ undur diri/ selamat malam dan sampai jumpa///

Contoh naskah berita televisi dapat dibuat dengan mengikuti panduan di media cetak maupun elektronik, agar lebih jelas dan mudah saat mempelajarinya. 

Namun untuk membawakan berita televisi disesuaikan dengan program berita. Kemudian pengucapan nama, tempat, waktu, dibacakan dengan artikulasi dan pelafalan yang jelas.

Itulah pembahasan mengenai contoh naskah teks berita televisi sebagai refrensi tambahan saja. Mohon maaf jika ada salah kata dan semoga bermanfaat.