Contoh Naskah Berita Televisi

Contoh naskah berita televisi yang dibacakan oleh presenter berita menarik untuk dipelajari. Seseorang yang membacakan berita disebut Presenter.

Naskah berita sebelum dibacakan telah melalui berbagai tahapan. Mulai dari wartawan, kemudian editing, proses suling suara (dubber) dan editor video, MCR, sampai dibacakan presenter.

Berita yang disajikan kepada pemirsa mulai dari Hukum & HAM, Politik, Pendidikan, Ekonomi & Bisnis, Kesehatan, dan lainnya. 

Contoh Naskah Berita Televisi: Pembukaan, Lead, dan Penutup

Berikut contoh naskah berita Televisi yang dibacakan presenter berita:

Program: Radar Malam
Stasiun TV: Radar Lampung TV
Channel: 48 Uhf 
Waktu: 21:00 WiB (Langsung)
Presenter: 2 orang

Contoh Pembukaan (Opening Presenter)

Selamat Malam Pemirsa/ Radar Malam hadir di edisi Kamis/ 06 Desember 2018/ bersama saya Imron Parsaoran// dan saya Vyona Dewy/ Sejumlah informasi seputar Provinsi Lampung/ akan kami sajikan untuk anda// Kita simak/ inilah Radar Malam selengkapnya///

Contoh Naskah Berita (Lead di Promter)

Pemirsa/Hari kedua pelaksanaan Kejuaraan Nasional/ Tinju Amatir Elite/ yang digelar di Gor Saburai Bandarlampung pada hari ini/ kamis 06 Desember 2018// 3 dari 7 petinju asal Lampung/ yang tampil kalah dibabak penyisihan//Dengan demikian pemirsa// Pertina Lampung/ dipastikan gagal/ dalam mencapai target lolos 10 besar/ pada Kejurnas///

Untuk contoh teks di bagian akhir seperti penutup (closing) maka harus anda pahami juga. Simak contohnya berikut.

Contoh teks penutup berita (Closing)

Pemirsa/ informasi tadi/ sekaligus mengakhiri perjumpaan kita/ di Radar Malam edisi kali ini/ saya Imron Parsaoran//
Dan saya Vyona Dewy mewakili crew yang bertugas/ undur diri dari hadapan anda/ selamat malam dan sampai jumpa/// Radar Lampung TV/ Mattep Nihan///
                                (Foto: Siaran Radar Lampung TV)
Membawakan berita televisi disesuaikan dengan pembawaan baik sesuai berita yang disampaikan. Kemudian pengucapan nama, tempat, waktu, dibacakan dengan artikulasi yang jelas.

Kalimat pembukaan siaran bisa dikreasikan dengan penyampaian yang baik. Kalimat saat iklan, dan penutup siaran. Penampilan saat membawakan berita mesti diperhatikan mulai rambut, pakaian, dan tata rias wajah yang disesuaikan.

Itulah pembahasan mengenai contoh teks berita televisi sebagai refrensi tambahan. Mohon maaf jika ada salah kata dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel