Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks MC Naskah Pernikahan

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) pernikahan memang beragam, tergantung kebiasaan pembawa acara saat membuatnya. Naskah susunan acara dalam pernikahan dapat dibuat sesuai keinginan dan memperhatikan saat membawakannya. 

Dalam membawakan acara pernikahan, naskah sangatlah penting. Tapi tidak dengan menggunakan MAP. Cukup dengan secarik kertas saja. Lebih praktis, juga dapat dilakukan dengan membaca menggunakan Gawai. 

Naskah susunan acara pernikahan perlu Memperbanyak kata mutiara, untuk mengantisipasi kondisi berlangsungnya acara setelah dimulai. Tujuannya dapat dibacakan dalam kondisi menunggu pengantin dan keluarga besar berjalan ke pelaminan. Tentunya disesuaikan dengan tempat dan kondisinya. 

Bagaimana cara membuat teks naskah susunan acara untuk pembawa acara (MC) dalam pernikahan ?
Membuat naskah MC tidak perlu monoton, paling penting pembawaan seorang MC dalam mengendalikan acara agar kondusif dan berlangsung hidmat dan berkesan. 

Contoh naskah susunan acara untuk pembawa acara dalam pernikahan. Sebagai panduan bagi pembawa acara pemula yang membutuhkan.

Contoh Naskah Susunan Acara Pernikahan:

Acara: Pernikahan
Hari/tanggal:
Pasangan: ..,
Lokasi: Balai/gedung...

1. Acara Pra Nikah

Selamat pagi, selamat datang bapak/ibu tamu undangan yang berbahagia.

Suatu kebahagiaan yang tak terhingga bagi kami, mewakili keluarga besar, karena bapak/ibu dan saudara-saudari dapat menghadiri Acara pernikahan dari saudara...dan saudari ... yang akan berlangsung hari ini. 

* Untuk itu, marilah kita sambut calon mempelai pria dan keluarga besar untuk memasuki gedung...

(Atau jika pernikahan dilaksankan di rumah, maka penyambutan diluar ruang akad yang telah disiapkan). 

* Untuk itu, marilah kita sambut calon mempelai pria dan keluarga besar untuk memasuki arena.. 

(MC membacakan kata mutiara), bersamaan dengan calon mempelai pria dan pihak keluarga berjalan, masuk ke dalam gedung dari pintu utama). Begitupun sebaliknya, jika lokasi akad di dilakukan di rumah. 

Setelah melangkah dan masuk kedalam gedung/halaman rumah, calon mempelai pria dan pihak keluarganya berhenti. 

Disusul ibu dari calon mempelai wanita. Calon mempelai pria maju beberapa langkah ke depan, di lanjutkan pengalungan bunga melati dan lainnya, dilakukan oleh ibu dari calon mempelai wanita dan dipandu oleh pembawa acara (MC). 

Kemudian calon mempelai pria dan keluarga berjalan ke tempat akad dan disambut pihak keluarga dan panita (dokumentasi) sekaligus mempersiapkan untuk akad nikah. 

Keterangan: Kata mutiara diselesaikan, saat calon mempelai pria dan keluarga sudah berhenti di tempat saat akan mengalungkan bunga melati. Sesuaikan dengan tempatnya. 
(Setelah selesai, MC melanjutkan acara). 
  • Pihak keluarga calon mempelai wanita menyambut dan panita mempersiapkan untuk acara akad. 
  • Tempat akad nikah dikondisikan, dan panitia sesuai tugasnya. 
  • Pembawa acara membuka acara akad nikah. 
Susunan Acara Akad Nikah

1. Pembukaan
2. Sambutan: 
    - Pihak mempelai pria: (Menyampaikan                     maksud/tujuannya). 
    - Pihak mempelai wanita: (Sambutan dan                 penerimaan). 
3. Seserahan: secara simbolis dari ibunda (calon mempelai pria) dan diterima oleh ibunda (calon mempelai wanita). 
4. Calon mempelai wanita untuk disandingkan. 
5. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an.
6. Acara Inti: Akad Nikah (dipandu oleh Bapak Penghulu). Selesai akad, dokumentasi dan MC mengambil alih acara kembali. 
7. Acara Sungkeman: Posisi duduk mulai dari (Ayah) dan (Ibu) mempelai pria : (Ibu) dan (ayah) mempelai wanita.

Keterangan sungkeman: kedua calon mempelai mulai sungkeman secara bersamaan dimulai dari:
  • Pertama: diawali dari sungkeman ke ibunda masing-masing
  • Kedua: sungkem ke ayah masing-masing
  • Ketiga: ke Ibu mertua masing-masing
  • Keempat: ke ayah mertua masing-masing. 
8. Penutup. 
9. Foto bersama. (Selesailah akad nikah) 
(Tamu undangan menikmati hidangan dan hiburan). 

Setelah akad nikah selesai, maka persiapan untuk acara resepsi. Persiapan selesai, MC kembali memandu acara. Sebagai berikut:

2. Acara Resepsi

MC: Memberikan himbauan supaya ruangan kondusif, panitia sudah siap, acara pun dimulai. 

Bapak/ibu dan hadirin yang berbahagia, suatu kebahagiaan bagi kita semua di momen pernikahan dari kedua mempelai, acara ini tidak lepas dari doa yang ikhlas dari Bapak/ibu. Untuk memulai acara resepsi pernikahan ini. 

Marilah kita sambut sang pengantin yang elok rupawan bagaikan pangeran dan putri raja didampingi kedua orang tua yang akan melangkah di karpet merah nan indah, dikelilingi mawar merah yang syahdu. Seisi ruangan pun ikut terharu dan bahagia, seperti berada di istana raja dan ratu yang indah. 

Dipersilahkan untuk menuju singgasana pelaminan.. (Setelah MC mempersilahkan kedua mempelai dan kedua orang tua di iringi keluarga menuju ke arah pelaminan). 

Lanjut MC: Hadiri yang berbahagia, kedua mempelai sudah menuju Pelaminan nan megah, di iringi pagar ayu yang cantik dan tampan serta melodi yang merdu, ikut mengiringi langkah keduanya, untuk duduk bersanding, didampingi oleh ayah bunda tercinta. 

Lanjut dengan kalimat kata mutiara versi masing-masing: sesuaikan jarak ke pelaminan, diiringi kata-kata mutiara sampai berada dekat dengan pelaminan. Lalu berhenti, dan dipersilahkan duduk di kursi pelaminan. 

Contoh kata mutiara yang diiringi melodi:

Sungguh, Allah yang Maha Agung, yang telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan. Siang dan malam, bulan dan bintang, kumbang dan madu, pria dan wanita. 

Dan sungguh membahagiakan pula, telah menciptakan kedua insan, untuk saling bertemu dan telah mengikat janji suci dalam pernikahannya. Maha besar Allah dengan segala firman-Nya. Baik, Kami persilahkan kedua mempelai dan kedua orang tua untuk duduk di pelaminan.

2. Memulai Acara resepsi, di Awali dari mengucapkan salam 

Assalamu'alakum Wr..Wb.. 
  • Yang terhormat, Keluarga besar mempelai pria, Bapak ... dan ibu ... 
  • Yang kami hormati, keluarga besar mempelai wanita, bapak.. dan ibu ..
  • dan Yang kami hormati, bapak/ibu tamu undangan yang berbahagia .
(MC: Mukoddimah)
Puji syukur kepada Allah SWT, pada hari ini, kita masih diberiNYA keselamatan, kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga kita, dapat berkumpul dalam acara resepsi pernikahan dari saudara..dan saudari...yang berlangsung di gedung (Lokasi) ...pada tanggal... (Ingat lokasi, sesuaikan di gedung atau di rumah). 

Sholawat dan salam kepada Rasulullah SAW, beliaulah yang telah membawa kita dari alam kegelapan, menuju alam yang terang benderang, seperti sekarang ini. 

Bapak/Ibu tamu undangan. Tak kenal maka tak sayang. Inilah sepasang pengantin yang tampan dan cantik rupawan, 
  • Mempelai pria, nama:
  • Anak ke: 
  • Nama ayah: 
  • Nama ibu: 
Telah mempersunting kekasih pujaannya, bernama:
  • Anak ke:
  • Nama ayah: 
  • Nama ibu: 
Untuk itu, marilah kita satukan arah pandangan, keduanya sudah duduk di pelaminan yang megah, persembahan dari ....(Retorika MC, bla bla..bla .. memperkenalkan usaha Event Organizer). 

Attier dari.., busana adat dan tata rias persembahan dari.., sehingga keduanya semakin memukau, cantik paripurna bak ratu dan raja. Keduanya, tersenyum padu menikmati momen kebahagian mereka yang telah lama dinanti-nantikan.

Alhamdulillah syukur, keduanya, telah melangsungkan akad nikah, pada tgl .......... dengan aman dan sukses berkat rido Allah SWT. 

Masuk ke Acara Inti, Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Hadirin yang berbahagia, 
- Penampilan Tari (Jika ada)..
- Buka Acara setelah tari, jika tidak ada tarian, maka langsung ke bagian susunan acaranya.

Untuk mendapatkan rido dari Allah SWT, marilah kita sama-sama, membuka acara resepsi pernikahan saudara... dan saudari... dengan mengucap lafaz Basmallah. (Pembukaan selesai, lanjutkan ke sambutan). 

(Contoh susunan acara resepsi)
1. Pembukaan: Basmallah
2. Sambutan: mewakili keluarga. 
3. Khutbah nikah: 
4. Doa:
5. Foto bersama: (Diawali tamu kehormatan, )
6. Penutup 
7. Hiburan (musik dan makan). 

Hadirin, undangan yang berbahagia.

Terima kasih atas kehadiran bapak/ibu. Mudah-mudahan tali silaturahmi, tak akan pernah putus, dan do’a restu Bapak /Ibu yang telah berkenan memberikan semangat yang akan menjadi bekal cinta kasih, menghiasi awal perjalanan hidup baru kedua mempelai, agar menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Aamiin..

Bapak dan ibu hadirin yang berbahagia, marilah kita sama-sama, menutup acara ini, dengan lafadz Hamdalah.. (Alhamdulillah: Kata tamu undangan).

Saya...(Sebutkan nama MC), mewakili keluarga besar, mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan, dan.... mohon maaf jika ada salah kata. Wassalamualaikum..wr..wb.

Selanjutnya, kami persilahkan Bapak/ibu undangan untuk menikmati hidangan yang telah disiapkan dan Sekaligus acara hiburan yang akan dipandu langsung oleh:.. (Sebutkan nama hiburan/band/untuk dikenalkan), Dipersilahkan.. (Setelah ditutup, MC dapat memulai bernyanyi, atau mempersilahkan tamu undangan bernyanyi). 

Keterangan: 
1. Sebelum acara ditutup, Alangkah baiknya, mengucapkan terimakasih juga kepada, Cathering, tata rias, dan lainnya. Atau MC bacakan diawal saja. Sekalian mengenalkan usaha dari para vendor wedding organizer. Lumayanlah dapat pahala..!

2. Membawakan acara pernikahan, perhatikan tempat di desa atau di kota. 

3. Waktu, terkadang lama menunggu pengantin ganti pakaian. Maka jika undangan tidak ada yang bernyanyi, MC bisa menyumbangkan lagu. 

4. Disesuaikan saja saat berlangsungnya acara. 

Penting Bagi MC Pemula:

Untuk melihat kondisi agar kondusif, maka sebaiknya mencatat hal-hal yang akan di sampaikan terutama, Nama lengkap kedua mempelai, orang tua, petugas doa, sambutan, pembaca kalam ilahi, nama Bapak penghulu, dan nama jasa event organizer yang bersangkutan. 

Kemudian mencatat: Tanggal dan lokasi acara dan perbanyak menyiapkan kata mutiara. Tujuan menyiapkan kata mutiara yang banyak untuk persiapan, ketika jarak pintu utama ke pelaminan yang jauh. 

Membawakan acara pada MC pernikahan di sesuaikan dengan cara masing-masing, supaya tidak menyulitkan. Contoh naskah susunan MC pernikahan di atas, dapat dilengkapi atau diubah sesuai keinginan. Namun dalam membawakannya terdapat panduan pembawa acara formal

Selaku MC pemula, sangat bagus jika dapat menghibur dengan bernyanyi untuk mengisi acara. Artinya supaya acara lebih hidmat dan menyenangkan. Sebab, kondisi berlangsungnya acara seringkali berubah. Bahkan persiapan saat membawa acara ke suatu daerah, yang tidak menghadirkan pemandu lagu. 

Membawakan acara tidak harus sama dengan yang lain. Intinya adalah membawakannya sesuai kemampuan masing-masing dan Jadilah diri sendiri. Walaupun masih pemula. Semoga menjadi pembawa acara (MC) profesional kedepannya. Selamat mencoba..