Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Naskah MC Wedding/Ngunduh Mantu Terbaru

Contoh Teks MC Wedding/Ngunduh Mantu memang beragam tergantung kebiasaan pembawa acara dalam menyampaikan. Naskah MC wedding/Pernikahan dapat dikreasikan sesuai keinginan. 

Dalam membawakan acara wedding, naskah sangatlah penting. Tapi tidak dengan menggunakan MAP. Cukup dengan secarik kertas saja.

Memperbanyak kata mutiara dalam membuat naskah MC dalam pernikahan lebih baik supaya lebih leluasa dalam membawakan acara dan dapat dibacakan sesuai kondisi. 

Bagaimana cara membuat teks naskah MC wedding/pernikahan (Ngunduh Mantu) yang sederhana?
Membuat naskah MC tidak perlu monoton, paling penting pembawaan seorang MC dalam mengendalikan acara yang menarik, berkesan, dan berkarakter. 

Contoh naskah MC Wedding/ngunduh mantu ini dibuat sebagai panduan bagi para MC pemula yang membutuhkan.

Contoh Naskah MC Wedding/Ngunduh Mantu:

Acara: Ngunduh Mantu
Alamat: Jl..
Pasangan: ..,

1. Acara Pra Nikah
Selamat pagi, Hadirin tamu undangan yang berbahagia.

Sebuah kebahagiaan yang tak terhingga bagi kami dan keluarga mempelai karena bapak, ibu, dan saudara dapat meluangkan waktu menghadiri Acara Ngunduh Mantu pasangan ...dan ...

(Bacakan kata mutiara sembari pengantin melakukan prosesi penyambutan, kemudian melangkah masuk ke dari pintu gedung ke pelaminan).

Sebagai rasa hormat kami kepada bapak, ibu, dan saudara semua dalam berbagi kebahagiaan mari kita menyambut sang pengantin yang elok rupawan bagaikan pangeran dan putri raja yang akan melangkah di karpet nan indah dikelilingi mawar merah untuk menuju singgasana pelaminan.

Selain itu, pelaminan nan megah di iringi pagar ayu yang cantik dan tampan serta melodi yang merdu ikut mengiringi langkah keduanya untuk duduk bersanding, didampingi oleh ayah bunda dan keluarga tercinta.
____________________
Lanjut dengan kalimat kata mutiara versi masing-masing:

Sungguh Allah yang Maha Agung, yang telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan, siang dan malam, bulan dan bintang, kumbang dan madu, pria dan wanita. Dan sungguh membahagiakan telah menciptakan-Nya kedua insan untuk saling bertemu dan mengikat janji suci dalam pernikahannya.

Baik, Kami persilahkan untuk kedua mempelai dan kedua orang tua duduk di pelaminan.
_________________

2. Memulai Acara Ngunduh Mantu,
Awali dengan mengucapkan salam 


-Assalamualikum wr..wb.
- Yang terhormat, Keluarga besar mempelai pria bpk..ibu..
- Yang kami hormati, keluarga besar mempelai wanita bpk.. dan ibu ...
- dan Yang kami hormati, bapak/ibu tamu undangan yang berbahagia .

(Mukoddimah)
- Puji syukur kepada Allah SWT, pada kesempatan ini kita masih diberiNYA keselamatan, kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga kita dapat berkumpul dalam acara ngunduh mantu yang berlangsung di kediaman mempelai pria ...beralamat di...RT/RW...Kec...Kab/kota...

Hadirin yang berbahagia, tak kenal maka tak sayang inilah sepasang pengantin kita yang tampan dan cantik,

Mempelai pria:
Bernama: 
Lahir : ..
Usia : ..
Alamat : ..
Anak ke: ..
Nama ayah : ..
Nama ibu : ..
Lulusan: .. 

Telah mempersunting kekasih tercintanya bernama:

Nama : ..
Lahir : ..
Usia: ..
Tinggal:
Anak ke: ..
Nama ayah: ...
Nama ibu: ...
Lulusan: ..

- Untuk itu, mari satukan pandangan kita keduanya sudah duduk di pelaminan yang megah persembahan dari ....(retorika anda bla bla..). Kemudian sembari memperkenalkan (duduk dipelaminan persembahan dari:..., 

Attier dari.. dengan indah nan megah dan Tatarias persembahan dari.., sehingga terlihat cantik paripurna bak ratu dan raja, sembari menikmati moment kebahagian mereka yang telah lama dinanti-nantikan.

-Alhamdulillah syukur keduanya telah melangsungkan akad nikah, pada tgl ...............dengan aman dan sukses.
_________________

Masuk ke Acara Inti Bagian Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Hadirin yang berbahagia
- Penampilan Tari (jika ada)..
- Buka Acara setelah tari, jika tidak ada tarian, maka langsung ke bagian susunan acaranya.
__________________
1. Pembukaan: Basmaallah
2. Sambutan: 
3. Pembacaan kalam ilahi: (jika ada).
4. Do'a: 
5. Foto bersama: (Diawali tamu kehormatan)
6. Penutup: Hamdalah

Hadirin, undangan yang berbahagia.

Terima kasih atas kehadiran bapak/ibu tamu undangan. mudah-mudahan sekaligus menjalin tali silaturahmi kita yang tak akan pernah putus, serta do’a restu Bapak /Ibu yang telah berkenan memberikan semangat yang akan menjadi bekal cinta kasih menghiasi awal perjalanan hidup baru kedua mempelai agar sakinah, mawadah, warohmah amin..

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, marilah kita sama-sama menutup acara ini dengan lafadz Hamdalah.. (Alhamdulillah).

Saya...mewakili kedua keluarga besar mengucapkan terimakasih, mohon maaf jika ada salah kata. wassalamualaikum..wr..wb.
________________
Jika acara sudah ditutup, bisa juga  mengucapkan terimaksih kepada undangan, cathering, tatarias, dan lainnya. Atau anda bacakan diawal saja saat setelah pembukaan, sekalian mengenalkan usaha dari para vendor wedding organizer.

Penting Bagi MC !!

- Untuk melihat kondisi agar kondusif, maka sebaiknya mencatat hal-hal yang akan di sampaikan dengan kata mutiara yang banyak dan petugas sambutan tuan rumah, petugas do'a, pembaca kalam ilahi, dan lainnya.

- Bawakan acara tersebut sesuai ciri khas masing-masing. Contoh naskah mc wedding diatas dapat dilengkapi atau diubah sesuai kebiasaan saat membawakan acara (mc) diacara wedding/pernikahan.

- Selaku MC sangat bagus jika dapat menghibur dengan bernyanyi untuk mengisi acara. Artinya supaya acara lebih hidmat dan menyenangkan.

Membawakan acara tidak harus sama dengan yang lain. Intinya adalah bawakan sesuai kebiasaan masing-masing. Jadilah diri sendiri. Tebarkan pesona mu dan bergoyang bersama melodi dengan energik penuh totalitas.