Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Melayu, Pattani Di Indonesia

Mahasiswa Melayu, Pattani di Indonesia merupakan suatu kelompok mahasiswa melayu dari Pattani di Selatan Thailand. Mereka menuntut ilmu di Indonesia, dengan rajin dan fokus untuk di terapkan, ketika kembali ke daerahnya.

Pattani adalah nama daerah di Negara Thailand, yang dihuni oleh masyarakat melayu. Menurut sejarah, Salah satu tokoh ulama besar Indonesia, di Pattani yang sangat berpengaruh ialah Syeh Abdus-Samad Al-Palimbani, dari Palembang, Sumatra Selatan.

Diketahui Masyarakat melayu di Nusantara menghuni Semenanjung Malaya, seluruh Sumatra, bagian selatan Thailand, pantai selatan Burma, pulau Singapura, Borneo pesisir dan Brunei.

Kemudian, masyarakat melayu di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sarawak & Sabah pesisir, Filipina bagian barat dan selatan, dan pulau-pulau kecil yang terletak disekitarnya. Lokasi tersebut, secara kolektif dikenal sebagai Dunia Melayu.
Sekarang lokasi tersebut merupakan bagian dari negara modern Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Filipina. Sehingga banyak masyarakat melayu Asia menuntut ilmu di Indonesia, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

Jurusan yang mereka tekuni diantaranya Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Alquran dan Tafsir, Filsafat Agama, Pendidikan Agama Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Manajemen Pendidikan Islam, dan lain sebagainya.

Mahasiswa melayu, Pattani asal Thailand juga rajin, disiplin, dan taat. Kemudian mahasiswa melayu, Pattani juga fasih berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Sebab, Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu yang telah disempurnakan.

Dalam kesehariannya, mereka juga menggunakan Bahasa Melayu karena di Negara Thailand sendiri memiliki 2 bahasa Nasional yaitu Bahasa Thai dan Bahasa Melayu. Namun, saat berkomunikasi dalam kegiatan formal tetap menggunakan Bahasa Indonesia. 

Jika kita kilas kembali, mengenai Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dari Sabang sampai merauke. Kemudian salah satu bukti dari sejumlah prasasti berbahasa Melayu Kuno dari Sriwijaya yang ditemukan di pesisir tenggara Pulau Sumatra. 

Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Melayu menyebar ke berbagai tempat di Nusantara dari wilayah yang strategis untuk pelayaran dan perdagangan hingga ke pelosok-pelosok Nusantara. 

Aktivitas Mahasiswa Melayu, Pattani di Indonesia

Selain menuntut ilmu, aktivitas mahasiswa melayu, pattani di Indonesia juga berdagang. Tanpa menghilangkan tradisi leluhurnya dan sesuai salah satu sunnah Rasulullah SAW, yaitu berdagang. Selaina kuliah, mereka juga mengikuti organisasi intra maupun ekstra kampus. Sehingga aktivitasnya tertata dengan baik. 

Untuk mengisi waktu luang, mahasiswa melayu juga gemar berpetualang dan berolahraga. Pencak Silat, Futsal, Sepak Bola, Catur dan bermain permainan tradisional. Selama di Indonesia, mahasiswa melayu juga sering mendaki gunung, berlibur ke kota dan daerah-daerah di Indonesia.