Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Promosi Wisata Daerah Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat di resmikan pada 16 November 2012 lalu. Pesisir Barat memiliki daerah wisata seperti pantai dan perkebunan yang banyak pengunjung dari lokal masyarakat sekitar.

Daerah pesisir berada di pesisir pantai. Wisata yang dapat dipromosikan ialah pantai, dimana pengunjung akan bermain pantai memandang lautan lepas dan perkebunan warga. Daerah ini, memiliki pertanian dan perkebunan yang melimpah. 

Pertanian dan perkebunan yang dihasilkan yaitu cengkeh, lada dan pohon damar. Untuk menopang kehidupan, masyarakat memiliki pertanian dan perkebunan. Selain itu, peternakan yang ekonomis. 
Untuk mempromosikan pariwisata daerah Pesisir Barat, ialah dari adat istiadat. Pengingat sebagai warisan sejak dahulu. Sebagai daerah pesisir, lautan sekitar juga sebagai habitat biota laut.

Membangun suatu daerah tentu melibatkan berbagai pihak mulai dari Pemerintah/daerah, Pengusaha, Komunitas, Akademisi, dan Media. Kelima aspek ini memiliki peran penting. 

Strategi mengenalkan pariwisata daerah ialah memperhatikan pantainya. Biasanya pantai akan di nikmati masyarakat. Masyarakat sekitar menikmati hasil laut dari nelayan yang menangkap ikan. Hal itu menjadi berkah untuk menjaga kelestarian biota laut, terutama terumbu karang. 

Sehingga kebersihan, lautnya harus dijaga masyarakat. Penunjang sektor wisata daerah, mulai dari jalan raya. Supaya pengunjung dapat menikmati jalanan dengan leluasa sambil ceria.

Sumber daya alam sangat tinggi karena hasil pertanian dan perkebunan, yang memiliki udara asri. Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam mempromosikan daerah wisata di Pesisir Barat dapat mencoba menerapkan unsur sapta pesona. 

Kemudian menjaga perkebunan dan pertanian agar tumbuhan subur. Supaya perkebunan dapat melimpah dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sapta Pesona ialah konsep sadar wisata terkait dukungan dan peran masyarakat sebagai upaya menciptakan lingkungan yang baik dan kondusif. Masyarakat di daerah Pesisir harus mendorong supaya hasil tangkapan laut melimpah.

Sapta Pesona memiliki 7 unsur yaitu Aman, Tertib, Bersih, Ramah, Indah, Sejuk, dan Kenangan. 7 unsur Sapta Pesona mungkin dapat diterapkan pada daerah untuk percobaan. 

Tujuannya agar masyarakat dapat memanfaatkan hasil laut dengan baik. Terutama dalam mencukupi kebutuhan. Bahkan dapat dipasarkan. Dengan strategi itu, masyarakat sekitar dapat menikmati daerah wisata dengan baik.