Strategi Promosi Pariwisata Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat di resmikan pada 16 November 2012. Pesisir Barat memiliki daerah wisata unggulan dan potensi wisata seperti pada daerah lain. Wisata unggulan diantaranya Pantai Tanjung Setia, Pantai Labuhan Jukung, dan Pulau Pisang. Wisatawan yang berkunjung berasal berbagai daerah baik wisatawan lokal dan luar.

Masyarakat Pesisir Barat terus mendukung berbagai program yang telah dilakukan. Untuk memajukan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pesisir Barat, pemerintah daerah telah banyak melakukan berbagai program.

Untuk mempromosikan pariwisata di Pesisir Barat, Pemerintah telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti media massa, dan lainnya. Selain itu, masyarakat Pesisir Barat terus melestarikan adat istiadat, berpartisipasi dalam kegiatan festival, dan lainnya.

Membangun suatu daerah tentu melibatkan berbagai pihak mulai dari Pemerintah/daerah, Pengusaha, Komunitas, Akademisi, dan Media. Kelima aspek ini memiliki peran penting untuk kemajuan daerah, termasuk di Kabupaten Pesisir Barat.

Strategi Promosi Pariwisata Pesisir Barat

Strategi dalam mengenalkan pariwisata Kabupaten Pesisir Barat sudah banyak dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Selain bekerjasama dengan media massa dan kebijakan yang telah dilakukan Pemerintah daerah, maka dukungan dari masyarakat Pesisir Barat sangatlah penting. 

Diketahui pembangunan di kabupaten Pesisir Barat terus meningkat. Khususnya penunjang pada sektor pariwisata, mulai dari infrastruktur dan sebagainya. Pesisir Barat salah satu daerah wisata unggulan Lampung yaitu Pantai Tanjung Setia dan Wisata Baharinya.

Sumber daya alam di Pesisir Barat sangat memadai baik potensi wisata dan wisata unggulan yang dapat mendatangkan wisatawan hingga mancanegara. Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam mempromosikan pariwisata Pesisir Barat diantaranya melalui penerapan dari unsur-unsur Sapta Pesona dan pembangunan. 

1. Penerapan 7 Sapta Pesona 

Sapta Pesona ialah konsep sadar wisata terkait dukungan dan peran masyarakat sebagai upaya menciptakan lingkungan yang baik dan kondusif guna mendorong tumbuh dan berkembangnya daerah wisata guna menarik keinginan wisatawan untuk berkunjung melalui unsur Sapta Pesona.

Sapta Pesona memiliki 7 unsur yaitu Aman, Tertib, Bersih, Ramah, Indah, Sejuk, dan Kenangan. 7 unsur Sapta Pesona sangat tepat jika terus disosialisasikan kepada masyarakat. Dampak penerapan Sapta Pesona menjadikan suatu daerah semakin dikenal dan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Meningkatkan keamanan, menertibkan, menjaga kebersihan daerah wisata, masyarakat dan pelayanan yang ramah kepada pengunjung, menjaga keindahan daerah wisata dengan penataan yang baik, mencegah polusi udara dan menanam pepohonan agar sejuk, serta memberikan kenyamanan yang berkesan agar dapat dikenang oleh wisatawan.

Pentingnya menjaga kebersihan daerah wisata sangat penting. Misalnya menyedikan tempat sampah atau mengadakan petugas jasa kebersihan khusus. Ketika daerah wisata bersih pengunjung pun merasa betah dan nyaman. Menariknya Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat juga melibatkan masyarakat dan komunitas untuk bersih-bersih pantai. semoga kegiatan tersebut konsisten dilakukan agar wisata pantai tetap bersih.

2. Pembangunan dan Pembenahan Infrastruktur 

Kemajuan daerah wisata juga didukung oleh pembangunan fasilitas. Pembangunan suatu daerah tidak dapat dilakukan dengan instan, melainkan secara bertahap disesuaikan dengan kondisinya. Penunjang lain agar meningkatnya wisatawan ialah peningkatkan jaringan signal. Para pengunjung dan masyarakat dapat memanfatkan signal untuk mempermudah aktivitas.

Perpanjangan dan perluasan landasan pacu Pesawat terbang di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas pun dilakukan. Pembentukan kantor imigrasi dan melakukan berbagai kerjasama dengan pengusaha/investor untuk mengembangkan daerah wisata dan kemajuan Kabupaten Pesisir Barat terus dilakukan. 

Hal ini dapat mempermudah bagi wisawatan luar untuk berkunjung ke Pesisir Barat. Kondisi jalan raya di Pesisir Barat sudah sangat baik. Sehingga pengunjung yang melakukan perjalanan menuju Pesisir Barat dapat dengan santai dan menikmati fasiltas hasil pembangunan yang telah dilakukan.

Program Pemerintah Daerah Pesisir Barat dalam pembangunan memang tepat sasaran. Diharapkan infrastruktur dan fasilitas yang telah dibangun bermanfaat dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat dan semakin maju.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel