Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Promosi Wisata Daerah Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat di resmikan pada 16 November 2012 lalu. Pesisir Barat memiliki daerah wisata seperti pantai dan perkebunan yang banyak pengunjung dari lokal masyarakat sekitar.

Daerah Pesisir Barat berada di ujung, daerah yang berada di pesisir pantai. Wisata yang dapat dipromosikan ialah pantai, dimana pengunjung akan bermain pantai memandang lautan lepas dan perkebunan warga, dengan udara yang sejuk. 
Untuk mempromosikan pariwisata daerah Pesisir Barat, ialah dari budaya. Mengenalkan budaya daerah kepada masyarakat sebagai warisan nenek moyang zaman dahulu.

Membangun suatu daerah tentu melibatkan berbagai pihak mulai dari Pemerintah/daerah, Pengusaha, Komunitas, Akademisi, dan Media. Kelima aspek ini memiliki peran penting. 

Strategi mengenalkan pariwisata daerah  ialah memperhatikan pantainya. Biasanya pantai akan di nikmati pengunjung dengan bebas nantinya dari pinggiran sambil bersantai. 

Sehingga kebersihan, lautnya harus dijaga masyarakat. Penunjang sektor wisata daerah, mulai dari jalan raya. Supaya pengunjung dapat menikmati jalanan dengan leluasa sambil ceria.

Sumber daya alam di Pesisir Barat sangat tinggi karena hasil kebun yang berada di hutan, yang memiliki udara asri. Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam mempromosikan daerah wisata di Pesisir Barat dapat mencoba menerapkan unsur sapta pesona. 

Kemudian menjaga perkebunan dan pertanian agar tumbuhan subur. Supaya hasil kebun dapat melimpah yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sapta Pesona ialah konsep sadar wisata terkait dukungan dan peran masyarakat sebagai upaya menciptakan lingkungan yang baik dan kondusif. Masyarakat di daerah Pesisir Barat harus mendorong daerah wisata, untuk pengunjung.

Mencoba menerapkan sapta pesona, agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Pengunjung yang bersinggah akan nyaman dan tentu bisa menikmati santainya.

Sapta Pesona memiliki 7 unsur yaitu Aman, Tertib, Bersih, Ramah, Indah, Sejuk, dan Kenangan. 7 unsur Sapta Pesona diterapkan di tempat-tempat wisata, dan mungkin dapat diterapkan pada daerah wisata untuk percobaan, agar panorama alam indah dan udaranya sejuk.