Peluang Bisnis Papan Bunga Florist, Rincian Modal dan Tips Sukses !

Peluang bisnis papan bunga yang menguntungkan termasuk usaha jangka panjang dengan minim resiko. Rincian modal yang dibutuhkan akan cepat kembali karena keuntungan akan diperoleh dengan cepat. 

Usaha papan bunga cukup menjanjikan, konsisten menjalankan dan mengembangkan bisnis papan bunga florist akan menghasilkan keuntungan yang besar. 
Mengelola bisnis papan bunga tidaklah sulit. Permintaan konsumen yang terus bertambah, menjadikan usaha bunga papan sebagai peluang bisnis yang terus berkembang.

Peluang Usaha Bunga Papan Florist

Bisnis papan bunga florist adalah salah satu peluang usaha di bidang jasa. Melayani permintaan konsumen dengan kualitas rangkaian bunga papan yang menarik, rapih, dan harga yang standar. Peluang bisnis papan bunga florist dapat dijalankan oleh setiap orang, termasuk masyarakat di kalangan menengah kebawah. 
Kegunaan papan bunga florist ialah untuk memberikan ucapan dalam moment tertentu. Misalnya, acara pernikahan, khitanan, wisuda, ulang tahun, duka cita, grand opening, dan acara pelantikan. 

Bisnis papan bunga sangat berpotensi mendapatkan penghasilan besar karena Papan bunga florist banyak dibutuhkan masyarakat. Sehingga memilih bisnis papan bunga adalah peluang jangka panjang.

Bisnis Bunga Papan Florist

Bisnis bunga papan florist dapat menjadi usaha sampingan atau usaha prioritas utama. Belakangan ini, hampir setiap waktu kebutuhan masyarakat dalam mengirimkan berbagai macam ucapan melalui bunga papan kian meningkat. Artinya bisnis papan bunga dapat jalankan dengan baik khusunya di daerah perkotaan. 

Namun, faktanya menjalankan bisnis papan bunga tidak hanya di kota-kota besar. Kini masyarakat sudah banyak memahami kegunaannya. Sebagai contoh kecil, di acara pernikahan dan wisuda masyarakat menjadikan bunga papan sebagai kebutuhan yang sangat penting.

Kunci mendapatkan konsumen yang lebih banyak pada bisnis papan bunga florist, terdapat pada:
  • Pelayanan yang cepat 
  • Harga sewa murah 
  • Rangkain papan bunga yang rapih
  • Tulisan jelas dan menarik
  • Menyediakan berbagai ukuran florist
  • Pembayaran kecil sebagai tanda jadi.
Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen supaya mendatangkan pelanggan mesti mempertahankan kualitas, dari 6 point tersebut dapat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pendapatan dan keuntungannya.

Modal Awal Usaha Papan Bunga Florist

Menjalankan usaha papan bunga florist sebaiknya menyiapkan anggaran dan sistem pemasarannya. Modal peralatan yang dibutuhkan mulai dari papan, jarum, kain bludru, paku, kayu, dan bunga plastik berbagai warna. 

Berapakah perkiraan modal membangun bisnis papan bunga florist?. Jumlah modal yang disiapkan akan berpengaruh terhadap jumlah papan bunga yang siap di sewakan. Untuk mengetahui rinciannya, simak perkiraan modal awal bisnis papan bunga florist berikut:

1. Papan
  • Kayu ukuran 1x2 Meter. Sebanyak 7 batang, @Rp.35,000,- = Rp. 245,000,-
  • Busa sebanyak 3 Lembar, @Rp.100,000,- = Rp. 300,000,-
  • Kain Baldu cukup 4 meter, @Rp.40,000,- = Rp. 16,000,-
  • Lem kambing. hanya 1 kaleng, @Rp.30,000,- = Rp. 30,000,-
  • Karet 1 gulung, @Rp. 15,000,- = Rp. 15,000,-
  • Paku payung jepara sebanyak 1 kotak, @Rp,20,000,- = Rp. 30,000, Jumlahnya: adalah Rp. 636,000,-
2. Bunga Plastik dan Pernak pernik
  1. Bunga Satin, sebanyak 5000 kuntum, @Rp.250,- = Rp. 1,250,000,-
  2. Jarum Pentul, sebanyak 4000 biji atau 1/2 kg = Rp. 125,000,-
  3. Renda cukup 1 gulung = Rp. 25,000,-Jumlahnya: Rp. 1,400,000
Total rincian di atas dapat diperoleh sebanyak Rp.2.036,000. Untuk 1 papan bunga secara komplit. Namun harga material papan bunga florist tentu bersifat kondisional dan rincian di atas hanya berupa perkiraan dan setiap daerah memiliki harga bahan yang berbeda-beda. 

Setelah rincian modal diketahui persatuan papan bunga, maka tinggal jumlahkan berapa papan bunga yang akan menjadi modal awal. Misalnya 10 papan bunga florist maka: 10 papan bunga @Rp.2.036.000 = Rp.20.360.000 (Dua puluh juta tiga ratus enam puluh ribu). 

Modal usaha papan bunga yang telah dirincikan tersebut belum termasuk biaya:
  • Mobil antar jemput papan bunga florist
  • Bunga satin kecil harganya Rp.160.000 biasanya perbungkus Rp.40,000. Dengan isi 250 kuntum
  • Bunga Benang Wol dengan harga Rp,1500/kuntum
  • Untuk judul karangan bunga dalam 1 papan diperlukan sekitar 400-500 kuntum.
  • 1 Bunga Mahkota dengan biaya  Rp, Rp.1.000.000.
Modal awal membuka usaha papan bunga florist lumayan besar. Namun keuntungan yang di dapat sangat lumayan. Perlu diketahui menjalankan bisnis bunga papan memiliki persaingan yang banyak. Maka pentingnya membuat strategis bisnis yang sehat agar sukses dengan konsumen yang banyak.

5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Papan Bunga Florist

Sebagai bisnis menguntungkan, papan bunga florist adalah peluang usaha yang mesti dikembangkan agar menghasilkan pundi-pundi rupiah yang stabil. Kiat sukses menjalankan bisnis papan bunga florist tentu membutuhkan langkah yang tepat.

Bagaimana tips sukses menjalankan usaha papan bunga florist? Simak strategi bisnisnya sebagai berikut:

1. Lokasi

Memilih lokasi usaha yang strategis akan berpengaruh terhadap kemajuan usaha. Maka carilah tempat yang memiliki kemudahan akses jalan supaya cepat dikenali masyarakat.

2. Pelayanan

Salah satu tips sukses usaha florist adalah pelayanan yang baik dan cepat. Ketika terjadi pemesan lewat Telephone maka segera layani dengan baik. Jika papan bunga sudah habis terpesan maka sampaikan penolakan yang ramah dan santun.

3. Kualitas

Kualitas produk/jasa yang terbaik dalam bisnis adalah salah cara agar banyak mendapatkan pelanggan. Untuk papan bunga usaha kreatif, tulisan ucapan terlihat jelas dan rapih.

4. Harga sewa

Harga sewa standar atau jika dapat memberikan harga yang lebih murah sangat efektif mendatangkan konsumen yang lebih banyak.

5. Promosi

Selanjutnya adalah promosi mengenalkan usaha. Alternatifnya membuat sarana promosi bisnis papan bunga di media massa, membuat poster dan pasarkan di media sosial.

Peluang bisnis papan bunga memang butuh modal yang tidak sedikit namun keuntungannya sangat besar. Tips menjalankan usaha papan bunga mesti diterpakan strategis bisnis yang beragam agar usaha tersebut secara perlahan berkembang dengan baik. 

Bisnis papan bunga hanya membutuhkan modal sekali, selebihnya hanya biaya perawatan sarana dan prasarana. Apalagi untuk bagian bunga dan papan yang tahan lama yang dapat digunakan secara terus menerus sampai tiba waktu penggantiannya.

Demikian info bisnis papan bunga yang berpeluang untuk dijalankan. Semoga artikel ini dapat menginspirasi pembaca khususnya yang berminat untuk menjalankan bisnis papan bunga florist.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel