Tips Karantina Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia

Pemilihan putera puteri bahari indonesia yang diadakan setiap tahunnya pasti akan melewati berbagai tahapan yakni proses karantina sesuai waktu yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Seluruh peserta perwakilan dari 34 provinsi di indonesia akan berkumpul ditempat karantina.

Perjuangan para peserta akan begitu menyenangkan. Apalagi proses karantina ini para peserta akan banyak mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Banyak hal yang akan mereka dapatkan mulai dari menambah pengalaman, dan wawasan.

Peserta karantina akan mendapatkan berbagai materi perlombaan seperit tentang kebaharian indonesia yang meliputi batas wilayah laut indonesia, dan juga seputar materi kemaritiman indonesia.

Namun yang perlu ditekankan pada saat mengikuti proses karantina adalah fokus. Tetapi karantina adalah proses dalam melihat karakter keaslian peserta yang akan dinilai secara detail oleh para juri dan pantia.

Tips Mengikuti Karantina Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia

Tips mengikuti karantina harus dilakukan dengan baik dan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Melalui berbagai kegiatan yang padat saat karantina berlangsung harus disikapi dengan penuh percaya diri. 

Pada saat karantina berlangsung maka anda harus fokus dengan santai dan jangan dijadikan sebagai beban. Hilangkan semua kecemasa dan fokus tampil maksimal guna meraih keberhasilan. Tak ada waktu untuk bermain, saat berlangsungnya karantina semua peserta dituntut untuk tepat waktu dan menanamkan sikap tanggung jawab.

Untuk mengetahaui apasaja tips yang harus anda lakukan sebagai berikut:

1. Disiplin

Anda jangan sekali lengah dengan waktu yang sudah disepakati panitia. Artinya anda wajib tepat waktu disetiap kegiatan. Mulai dari waktu masuk ruangan, waktu makan, waktu berkumpul, dan waktu berdiskusi.

2. Jangan berambisi 

Maksudnya adalah anda tak perlu cari muka dihadapan juri dan panitia. Tak perlu banyak bertanya saat forum materi berlangsung. Cukup dengarkan materi dengan tuntas, catata point pentingnya, dan bertanya jika tidak paham (jangan over).

Biarkan peserta lain yang angkat tangan untuk bertanya. Lebih baik anda diam dan betul-betul fokus. Hindari sok ingin dilihat panitia agar terlihat aktif dan cerdas. Jika anda ingin menunjukan kecerdasan dan pengetahuan anda maka silahkan pada saat Q&A berlangsung. Berikan jawaban yang tepat dan akurat.

Perlu anda ingat, ini kompetisi. Dimana semua penilaian akan sangat jeli dan terpantau dari sekian banyaknya panitia. Jangan pura-pura baik kepada peserta lain hanya karena dilihat panitia tapi lakukan dengan ketulusan.

3. Penampilan


Percayalah setiap penampilan juga dilakukan penilaian. Penampilan disini bukan dari mahalnya pakaian yang anda kenakan. Tapi saat anda menggenakan kostum, apakah sesuai tempatnya atau terlalu berlebihan.

Penampilan lainnya di dukung dengan kesesuain aksesoris yang anda pakai. Wajah yang cerah bukan muka kusam dengan keringat yang bercucuran. Usahakan tampil dengan wajah yang segar, dan rapih sesuai tempat dan kondisinya.

4. Taati aturan 

Jalankan perintah yang sudah diarahkan. Jika ada larangan maka jangan anda lakukan. Sebagai contoh: setiap peserta dilarang merokok, maka bagi anda perokok hendaklah tahan dulu saat kegiatan berlangsung kecuali pada saat istirahat. 

Selain itu, gunakan waktu tidur dengan baik. Saat karantina waktu tidur sekitar jam 1 malam. Jadi jangan begadang agar tubuh tetap bugar sepanjang hari. Kemudian jangan masuk penginapan kamar puteri baik untuk sharing dan walaupun ada keperluan penting lain kecuali harus izin pada panitia.

5. Berkawanlah dengan baik

Pada saat karantina berkawanlah sebanyak-banyaknya. Hindari mengelompok, usahakan setiap hari harus bersama dengan rekan-rekan peserta yang lainnya juga. Jalin kebersaman dengan sesamanya dan kepada panitia.

6. Jangan sombong

Anda tak boleh berfikir negatif tentang peserta lain. Mereka juga berhak untuk meraih kemenangan. Jangan menganggap remeh peserta lain. Tapi fokuslah dengan diri dan semangat untuk menampilkan yang terbaik.

Jika ada teguran dari peserta maupun panitia jangan cepat putus asa. Tapi teruslah berbenah dengan tenang dan terbuka. Saling merangkul dan tetap tersenyum dengan keadaan.

7. Ramah dan Santun

Juri juga akan menilai keramahan peserta, kepekaan peserta dan tutur kata anda. 
Memang tahapan karantina sangat sulit ditebak. Ada peserta yang saat karantina etika nya bagus, tapi tidak aman saat malam final. Begitu juga sebaliknya ada peserta yang biasa saja, dan pendiam. Namun jika sudah diberi kesempatan berbicara selalu on point.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi gagalnya peserta. Untuk itu anda wajib berhati-hati. Berikan keramahan dan sikap saling membantu kepada siapa saja seperti dengan seluruh peserta, dengan juri, dengan para panitia hingga kepada senior-senior ikatan Putera puteri Bahari yang hadir.

Nah, selamat mencoba tips diatas sahabat baharian. Semoga sukses dan berhasil. Tanamkan sikap berfikir positif, dan tampilkan yang terbaik. Tajamkan pada saat persentasi dan Q&A berlangsung, hajar pada posisi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel