Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Populer Di Palembang

Bumi Sriwijaya merupakan tempat wisata begitu mempesona. Kota Palembang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Sangat populer sebagai kota besar di Indonesia.
 
Palembang bukan hanya terkenal dengan kelezatan kuliner Pempek saja. Namun tempat wisata di Palembang sangat menarik mulai dari Wisata Religi, Wisata Alam, dan masih banyak lainnya.

Liburan di Kota Palembang sangat berkesan dan penuh kenangan. Namun, anda jangan heran, jika tempat wisata Kota Palembang ramai pengunjung karena tempat idola bagi wisatawan.

Objek Wisata Kota Palembang, Sumatra Selatan

Kekayaan Budaya dan tempat wisata bersejarah di Kota Palembang yang mempesona, membuat Palembang menjadi salah satu lokasi digelarnya Pesta Olah Raga terbesar di ASIA, yaitu ASIAN GAMES 2018.

(Foto: @palembang_drone_pilot)
Berlibur ke Kota Palembang, Sumatra Selatan tentu bermakna. Anda dapat mengunjungi situs arkeologi yang bersejarah di Kota ini. Jika anda berada di Palembang, jangan lupa mengunjungi tempat wisata keren, berikut diantaranya:

1. Museum Al-Quran Raksasa

Museum Al-Quran Raksasa memiliki ukiran unik berupa ayat suci Al-Quran yang terdapat pada permukaan kayu. Ayat yang diukir sangat jelas dan begitu indah.

Al-Qur'an Raksasa Kota Palembang, memiliki ukuran tinggi 177 cm dan lebar 140 cm. Selain itu, ketebalan yang dimiliki mencapai 2,5 cm tentu membuat pengunjung takjub.

Nama lain dari Museum Raksasa ini yaitu Museum Al-Quran Al-akbar. Proses pembangungan Museum bernuansa religi di Kota Palembang yaitu 7 tahun.

2. Jembatan Ampera

Pesona Jembatan Ampera Kota Palembang, Sumatra Selatan sangat indah. Jembatan Ampera memiliki panjang mencapai 1.177 M dan lebar yakni 22 meter, terbentang di atas perairan Sungai Musi yang kokoh.

(Pesona Jembatan Ampera Kota Palembang, Foto: @rahman.amiin)
Jembatan Ampera salah satu objek wisata unggulan dan icon Kota Palembang yang bersejarah. Pesona Jembatan Ampera membuat kenangan yang berkesan bagi setiap wisatawan yang berlibur di Kota Palembang.

3. Palembang Bird Park

Palembang Bird Park adalah tempat wisata yang memiliki jenis burung yang lucu. Sejak dibuka tahun 2015 lalu, tempat wisata Palembang Bird Park ramai pengunjung hingga wisatawan Mancanegara.

Liburan di Palembang Bird Park, para pengunjung dapat menyaksikan langsung lincahnya kawanan burung yang beranekaragam. Tempat wisata ini memiliki sekitar 2.000 burung yang luar biasa menggemaskan. 

Wisata di Kota Palembang Bird Park bukan hanya memiliki aneka ragam jenis burung saja. Akan tetapi, binatang lain yang lucu seperti kera, kelinci, marmut dan sebagainya.  

Berwisata ke Kota Palembang Bird Park akan membuat liburan anda menyenangkan. Jadi, sangat tepat bagi anda yang ingin mengajak buah hati untuk menyaksikan kawanan burung dan binatang yang lucu dan menggemaskan.

4. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II  merupakan salah satu tempat tujuan wisatawan saat berada di Kota Palembang. Museum ini beralamat di jalan Sultan Mahmud Badaruddin II, No. 2 di Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang. 

Koleksi yang ada di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, sangat banyak dan beragam, diantaranya Arca kuno yang terdiri dari Amarawati, Udha dan Ganesha. 

Terdapat Koin kuno peninggalan zaman Kesultanan Palembang Darussalam pada tahun 1023 sampai 1253 Hijrah. Sudah jelas jika berwisata ke Museum ini, akan membuka wawasan anda semakin bertambah.

5. Taman Kembang Iwak

Taman Kembang Iwak menjadi salah satu tempat wisata di Kota Palembang yang ramai di kunjungi wisatawan. Sebab, keunikan dari tempat ini menyimpan sejarah peradaban zaman dahulu. 

Tempat wisata Kembang Iwak memiliki peninggalan zaman Penjajahan Belanda. Taman yang bernama "Kembang Iwak"  di peruntukkan untuk para keluarga pada Kerajaan Belanda kala itu.

Taman Kembang Iwak membuat wisatawan penasaran hingga menjadikan tempat wisata ini kian populer. Suasana yang dihadirkan di Taman Kembang Iwak begitu indah, tertata rapih, dan akses yang berada sangat strategis di Kota Palembang.

Tempat wisata Taman Kembang Iwak memberikan kenyamanan dan fasilitas lengkap bagi wisatawan. 

6. Bukit Siguntang

Bagi anda yang suka berwisata alam boleh dicoba ke Bukit Siguntang yang berada di Bukit Lama, Kecamatan ilir barat. Terdapat sebuah gunung yang memiliki tinggi mencapai 30 meter di atas permukaan laut dan menjadi tempat wisata tertinggi Palembang. 

Kawasan Bukit Siguntang juga memiliki cerita tersendiri. Ini dikarenakan ternyata lokasi wisata ini menyimpan sejarah mengenai Kerajaan Sriwijaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah makam salah satu tokoh dari kerajaan Palembang.

Selain berwisata alam anda juga sekaligus berwisata religi dengan melihat langsung atau berziarah ke makam-makam para Bangsawan dari Kerajaan Sriwijaya di Kota Palembang yang mempesona.

7. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro berlokasi tak jauh dari Jembatan Ampera yang berjarak 6 KM. Itu artinya setelah anda mengunjungi Jembatan Ampera yang terkenal, sangat tepat jika langsung menuju Pulau Kemaro. Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke Kota Palembang namun tidak berwisata ke pulau ini. 

Sebab, Pulau Kemaro memiliki panorama yang begitu indah dan fasilitas lengkap. Wisata pulau Kemaro menyimpan sejarah yang layak anda ketahui untuk menambah wawasan. Tempat sebagai salah satu pembuktian adanya budaya tionghoa pada zaman dahulu. 

Hal ini diperkuat dengan adanya bangunan yang di bernama patung Dewa Rezeki. Selain itu, terdapat Pagoda yang terdiri dari 9 Lantai, dan klenteng/kuil yang hingga kini tetap terawat dan terjaga keasliannya.

Penjelasan di atas semoga dapat menambah pemahaman anda untuk mengetahui tempat wisata yang memang sangat ramai dikunjungi di Kota Palembang. Jadi, Bagaimana sahabat sudah siap untuk berwisata ke Kota Palembang,?..Untuk itu, ayo jangan tunda lagi..!!