Syarat Jadi Presenter Televisi

Hasbundoya.com - Ingin menjadi presenter di Tv?, Maka anda perlu memahami apasaja kriteria persyaratan yang dibutuhkan mulai pemberkas dan kemampuan anda dalam menguasi dunia public speaking. Tak bisa dipungkiri bahwa menjadi presenter merupakan dambaan setiap orang.

Selain bergengsi, menjadi presenter televisi juga bukan hal yang mudah. Anda harus mengawali dengan mengasah public speaking terlebih dahulu sebagai modal dasar sebagai syarat yang sangat di utamakan. Baca juga: Cara Jadi Penyiar Berita: Contoh teks pembukaan, teks berita, dan teks penutupan

Seorang presenter bertugas untuk mebawakan acara dilayar kaca seperti yang sering kita lihat menghiasi layar televisi di berbagai acara. Untuk presenter sendiri juga harus dituntun untuk mampu berperan dalam membawakan acara yang menarik dan terarah.

Selain televisi ada pula presenter khusus radio. Jika sudah terjun didunia penyiar maka public speaking seseorang akan sangat lancar. Menjadi seorang presenter juga pasti bisa bekerja diposisi manapun dan instansi apapun.

Diketahui presenter televisi juga harus mampu menguasi semua program. Contohnya menjadi presenter berita maka harus mampu membawakan acara dialog sesuai dengan programnya, begitu juga dengan program news. Berita yang dibawakan seperti kriminal, pendidikan, hukum dan politik, dan sebagainya.

Berbeda dari presenter infotaimen, dimana presenter ini akan menyiarkan informasi berupa gosip atau dunia selebriti dan acara hiburan. Presenter kategori ini bisanya tergolong informal yang memang khusus dibagian yang bukan berita.

Syarat Utama Menjadi Presenter Televisi

Syarat menjadi presenter televisi memang lumayan banyak. Untuk lebih aman maka lebih baik memulai pengalaman dari penyiar radio terlebih dahulu. Sebab dari penyiar radio sudah sangat mudah untuk menjanhkau di bagian penyiar televisi. Tidak masalah, mulailah bergabung atau mendaftar jadi penyiar radio dulu.

Namun, jika anda sudah lama berkecipung di dunai penyairan di daerah baik tv lokal  maupun radio maka tinggal mengasah kemampuan untuk di bagian televisi secara menyeluruh. Apalagi jika anda sudah terbiasa membawakan job MC di berbagai kegiatan maka akan sangat berpotensi. Baca: Cara Menjadi Presenter Tv ? Berikut Panduannya

Nah Jika anda tertarik untuk menjadi persenter di televisi, maka perhatikan persyaratan wajib yang harus anda penuhi berikut ini:
  • Diutamakan lulusan sarjana baik pria dan wanita dibuktikan dengan berkas lengkapnya. 
  • Lulusan di semua jurusan yang ada, yang penting bisa fresh graduate.
  • Untuk pendaftar dengan usia maksimal yakni 25 tahun. Tergantung pihak televisinya
  • Siap untuk mengikuti tahapan pendidikan dan pelatihan sebagai presenter dan reporter televisi. 
Selain persyaratan diatas, anda harus membekali diri secara total di dunia penyiaran khususnya televisi. Untuk di televisi nasional akan melihat dari kelulusan dan kemampuan berkomunikasi secara teori maupun praktek. Namun untuk di televisi daerah lebih menilai sejauh mana kelanceran dan kemampuan anda di dunia penyiaran.

Misalnya, anda mengikuti ajang pencarian bakat di televisi lokal di daerah anda, atau rektutmen lowongan kerja di stasiun televisi. Maka tinggal kumpulkan persyaratanya dan ikuti tahapannya. Untuk masalah persyaratan sebenanrnya tergantung stasiun televisinya. Namun latar belakang pendidikan pasti di utamakan.

Demikian informasi bagi anda yang ingin sekali menjadi presenter televisi. Selain anda mempersiapkan syarat utama diatas maka persiapkan publik speaking anda dengan baik sebagai penunjang dan belajarlah untuk berpenampilan yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel