Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Jadi Presenter Televisi

Ingin menjadi presenter televisi ?, Terdapat kriteria persyaratan yang dibutuhkan. Menjadi presenter televisi adalah keinginan orang yang tertarik bekerja sebagai penyiar di televisi. Biasanya dapat mengikuti berbagi casting yang digelar Stasiun televisi. 

Syarat menjadi presenter televisi adalah memenuhi kriterianya. Mulai dari penampilan dan tinggi/berat badan yang mempengaruhi. Presenter adalah orang yang bertugas membawakan acara berita di televisi, berbicara dan membacakan berita sesuai program acara. 

Menjadi presenter televisi dapat dipelajari secara mandiri, sebagai persiapan awal. Kemudian belajar secara teori dan rajin berlatih. Percaya diri adalah cara yang mesti dilakukan. Supaya tidak gugup dan lancar. 


Kemudian untuk menjadi presenter televisi, dimulai dari proses pendaftaran, dalam suatu rekruitmen dan pemberkasan, mengikuti proses tahapannya sampai selesai. Proses tahapan tersebut harus dilakukan dengan persiapan yang baik, supaya berhasil. 

Presenter yang membawakan acara baik radio maupun televisi memiliki cara masing-masing untuk dalam menyampaikan berita. Seorang presenter akan membacakan berita sesuai program acara televisi. 

Namun untuk persyaratan umum untuk menjadi presenter televisi mulai dari usia dan lulusan pendidikan. Mengikuti tahapan selama proses pendaftaran berlangsung mulai dari live report, siaran berita, dialog, dan lainnya. Tergantung bagaimana aturan dan tahapan yang ditetapkan panitianya. 

Syarat menjadi presenter televisi, secara umum diantaranya sebagai berikut:
  • Berpendidikan D-3/ atau S-1
  • Penampilan menarik
  • Lulusan semua Jurusan
  • Usia maksimal yakni 25-28 tahun. Tergantung ketetapan penyelenggara. 
  • Mengikuti tahapan rekrutmen 
  • Dan lainnya.
Mampu berkomunikasi yang baik, biasanya kemampuan publik speaking akan mempengaruhi. Maka belajar mempersiapkan sebelumnya mengikuti rekrutmen penyiar atau presenter televisi adalah suatu hal yang penting. 

Tujuannya supaya bisa lolos dan syarat menjadi presenter televisi dapat terpenuhi dengan baik. Jika sesuai kualifikasi, peserta akan diterima sesuai keputusan dewan juri penyelenggara rekrutmen televisi.