Tips Sukses Wawancara Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia

Finalis Putera Puteri Bahari Indonesia akan mengikuti karantina, untuk lamanya tergantung pihak yayasan dan panitia. Jika biasanya karantina dilakukan 8-10 hari. Waktu dan konsep karantina berbeda-beda tergantung kebijakan panitia.

Selama karantina dimulai banyak kegiatan yang wajib diikuti peserta. Pada sistem penilaian dari berbagai aspek, dan point berpengaruh di sesi wawancara.

Tahap wawancara akan berhadapan dewan juri secara bergantian sesuai nomor peserta. Wawancara bidang pengetahuan umum (Yayasan Bahari), Kepribadian (Psikologi), Kelautan dan Perikanan (Staf Kementrian Kelautan RI), Bahasa Inggris (Akademisi), Persentasi Materi Makalah Pariwisata (Panitia), Public Speaking (Akademisi).

Tips Sukses Wawancara Pemilihan Putera Puter Bahari Indonesia

Wawancara Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia akan menguras tenaga karena menunggu giliran dan harus berada dalam ruangan hingga selesai. Wawancara dimulai sejak pukul 08:00 Wib sampai selesai. Berikut tips wawancaranya:

1. Public Speaking

Juri ini khusus menilai dari gaya bicara dan kemampuan komunikasi finalis. Seperti artikulasi, gaya bahasa, dan Kelancaran dalam berbicara.  

Hindari mencampur adukan Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing. Saat berbicara gunakan intonasi dan artikulasi yang jelas. Jangan mengulang-ulang jawaban, dan meminta juri mengulang pertanyaan. Intinya disini fokus dengan pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

2. Bahasa Inggris

Komunikasi menggunakan bahasa inggris dalam wawancara. Juri akan memulai dengan meminta peserta perkenalan diri, kemudian berdialog dengan bahasa inggris. 

Walaupun Bahasa Inggris peserta tidak aktif, tak masalah jangan takut. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dengan pasif dan percaya diri. Tapi jika pertanyaan dewan juri sulit untuk di jawab dengan Bahasa Inggris, maka jawablah dengan bahasa indonesia. Intinya jujur !

3. Tentang Kelautan dan Perikanan

Penilaian ini kisi-kisi yang telah dipelajari sebelum karantina dan saat pemateri Staf Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan materi diruangan. Pertanyaan tentang jenis ikan dan contoh ikan air tawar, air laut, dan air payau. 

Materi tentang Bahari dan maritim, batas wilayah laut indonesia, ekosistem laut manfaat tumbuhan mangrove, jenis penyu, penyebab kerusakan ekosistem laut, dampak reklamasi pulau, dan lainnya. 

4. Kepribadian

Di tahap ini juri wawancara dengan seorang psikologi. Perhatikan sikap dari awal duduk, dan berkomunikasi. Duduk formal, ramah dan sopan. Jujur saja menjawab pertanyaan karena kepribadian peserta akan dinilai dengan teliti.

5. Pengetahuan Umum

Motivasi mengikuti putra putri bahari akan sering muncul.

Untuk waktu wawancara sangat lama bisa sampai tengah malam. Sebab, ini merupakan ponit penting dalam menetukan para pemenang. Jika tidak konsisten sampai di tahap wawancara, walaupun nama anda sudah banyak dijagokan akan tergeser oleh peserta lain yang mampu menjawab pertanyaan wawancara dengan tepat.

Selain itu, sebelum wawancara dimulai perhatikan penampilan (pakaian formal). 
Hindari ngantuk, sering sekali terjadi saat finalis menunggu giliran wawancara malah tertidur dikursi, hingga mata merah dan kusam.

Bagi anda yang akan mewakili daerahmu di Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia, berusahalah dengan konsisten dan lakukan yang terbaik. Ingat, pasang target kemenangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel