Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sukses Interview Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia

Putera Puteri Bahari Indonesia akan melewati berbagai tahapan perlombaan. Sejak karantina dimulai akan dilakukan penilaian. Penilaian tertinggi terdapat pada sesi Interview, point selama karantina akan diakumulasikan secara keseluruhan.

Tahapan Interview dilakukan sesuai urutan nomor peserta. Dewan juri di bidang pengetahuan umum (Kebaharian), Kepribadian (Psikologi), Kelautan dan Perikanan (Staf Kementrian Kelautan RI).
Kemudian Bahasa Inggris (Akademisi), Persentasi Materi Makalah Pariwisata (Panitia), Public Speaking (Akademisi). Bagaimana cara sukses melewati sesi Interview dan mendapatkan point tinggi? 

Nah, untuk lebih jelas perhatikan Tips Sukses Interview Putera Puter Bahari Indonesia: 

1. Public Speaking

Juri di bagian Public Speaking akan menilai kemampuan komunikasi masing-masing finalis. Public Speaking perlu disiapkan dan dipelajari sebelum tes Interview. Ketika berbicara gunakan artikulasi yang jelas.

Jangan mengulang jawaban, dan meminta juri mengulang pertanyaan. Intinya disini fokus dengan pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

2. Bahasa Inggris

Komunikasi menggunakan Bahasa Inggris dalam Interview. Juri memulai dengan meminta peserta memperkenalkan diri, dan berdialog. Walaupun Bahasa Inggris peserta fasif, jangan berkecil hati. Berkomunikasilah dengan Bahasa Inggris yang pasif dan tetap percaya diri. 

3. Tentang Kelautan dan Perikanan

Pertanyaan yang banyak muncul tahap ini, ialah materi yang telah dipelajari dan saat pemateri Staf Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan materi pada forum. 

Materi tentang Bahari dan maritim, batas wilayah laut indonesia, ekosistem laut manfaat tumbuhan mangrove, jenis penyu, penyebab kerusakan ekosistem laut, dampak reklamasi pulau, dan lainnya. 

4. Kepribadian

Interview dibagian Kepribadian akan diuji oleh seorang Psikologi. Pelajari sikap berjalan, duduk, dan berkomunikasi. Duduk formal, ramah dan sopan. Jujur saja menjawab pertanyaan karena kepribadian peserta akan dinilai dengan teliti.

5. Pengetahuan Umum

Interview dibidang pengetahuan umum termasuk point penting dalam menentukan para pemenang. Jika tidak konsisten dengan memberikan yang terbaik maka, walaupun banyak yang menjagokan anda sebagai pemenang dapat tergeser oleh peserta lain.

Selain itu, sebelum wawancara dimulai perhatikan penampilan (pakaian formal). 
Hindari mengantuk, harus ditahan sampai semua peserta selesai Interview. Perlu dihindari saat menunggu panggilan Interview tidur di kursi, hingga mata merah dan wajah kusam.

Waktu Interview dimulai sejak 19:30 WIB sampai selesai. Sehingga benar-benar harus prima dan menahan diri tidak mengantuk.
Intinya, semangat dan ikuti tahapannya dengan konsisten. Tampilkan yang terbaik dan pasang target untuk menang.