Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Penyiar Radio Bagi Pemula

Penyiar Radio adalah seseorang yang bekerja memandu acara di program radio, baik pemandu acara berita, dialog, acara pemutaran musik, dan lainnya. Penyiar Radio juga dituntun profesional, sehingga harus membawakan acara di Radio dengan baik. 

Menjadi Penyiar Radio, membuat komunikasi lebih lancar. Menjadi penyiar radio bagi pemula dapat dikembangkan, tentunya dapat terbiasa memandu acara langsung, misalnya pembawa acara pernikahan, festival, dan lainnya. 
 
Cara menjadi penyiar radio bagi pemula mesti dipersiapkan. Jangan lupa, untuk menunjang membawakan acara radio selalu mendengarkan para penyiar-penyiar lain agar mengetahui teknik siaran untuk tambahan refrensi dalam belajar. 
Untuk menjadi penyiar radio yang profesional juga mesti banyak belajar, secara terus menerus dan jangan berpuas diri. Jika tertarik menjadi penyiar radio maka simak ulasannya, yang dihimpun berikut ini:

1. Latihan Vokal

Melatih vokal dapat dimulai dari pengucapan kata yang jelas. Seperti A, I, U, E, O. Supaya dalam pengucapan kata atau kalimat yang disampaikan jelas terdengar. 

Latihan vokal bagi penyiar Radio pemula dapat dilakukan secara mandiri atau otodidak. Berani berlatih dan perbanyak membaca, supaya terbentuknya kelancaran komunikasi yang lebih lincah. 

2. Percaya Diri

Percaya diri sangat penting. Dilansir dari phiradio.net bahwa untuk menjadi penyiar radio harus memiliki rasa percaya diri baik pada kondisi dan situasi saat siaran. Untuk penyiar radio pemula jangan takut salah, selagi proses belajar maka lakukan dengan baik. 

Menjadi penyiar radio harus mampu membawakan acara yang menarik sesuai dengan program acara yang dibawakan. Jika merasa kurang percaya diri, maka perbanyak latihan selalu. 

3. Perhatikan Program Acara

Menjadi penyiar Radio bagi pemula, harus memperhatikan jenis program dan informasi apa yang akan disiarkan. Misalnya program Bulletin Berita dibawakan dengan formal. Begitupun acara hiburan dengan pembawaan yang santai.

Sehingga dapat dibedakan ketika membawakan program yang ada. Disesuaikan dengan kostum yang tepat. Sehingga semua harus sejalan, bain dari penyampaian pada program yang dipandu dengan penampilan dan pembawaan.   

4. Perbanyak Evaluasi

Jika sudah rajin latihan, maka lakukan evaluasi. Bahkan sebagai penyiar radio pemula, perlu memperbanyak evaluasi, supaya lebih baik. Latihan bisa dimana saja sesuai keinginan. 

Jangan lupa konsultasi dengan rekan penyiar lain, untuk memberikan kritik dan saran. 
Evaluasi inilah, dapat memberikan kemajuan. Termasuk saat berprofesi sebagai penyiar radio pemula. 

5.  Mengikuti Casting 

Mengikuti casting adalah langkah awal untuk memulai pekerjaan sebagai penyiar radio. Selain bagi pemula, mengikuti casting sebagai tolak ukur untuk bergelut sebagai penyiar. Jika masih gagal, maka buat surat lamaran kerja sebagai penyiar radio di stasiun radio yang diinginkan. 

Ikuti tahapan casting dengan baik dan percaya diri. Jangan lupa, sesuaikan penampilan anda saat audisi berlangsung. Sederhana saja tapi rapih dan sopan. 

Apabila gagal ditahap audisi jangan berkecil hati. Tetap fokus berlatih sampai menunggu jadwal audisi lain. Menjadi penyiar radio memang tidak instan, artinya perlu tahapannya. Namun tetap fokus mencoba dan belajar. Supaya berhasil dan diterima sebagai penyiar radio profesional.