Cara Menjadi Penyiar Radio Bagi Pemula

Menjadi penyiar radio merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Untuk pemula perlu memperbanyak latihan agar membawakan program radio semakin menarik dan terbiasa. 
 
Cara menjadi penyiar radio bagi pemula mesti dipersiapkan. Jangan lupa untuk menunjang membawakan acara radio selalu mendengarkan para penyiar radio agar mengetahui teknik siaran untuk tambahan refrensi pembelajaran.
Untuk menjadi penyiar radio yang profesional juga mesti banyak belajar secara terus menerus dan jangan berpuas diri.
Jika tertarik menjadi penyiar radio maka simak informasinya berikut ini:

1. Latihan Vokal

Melatih vokal dapat dimulai dari pengucapan kata yang jelas. Seperti A, I, U, E, O. Supaya dalam pengucapan kata atau kalimat yang disampaikan jelas.

2. Percaya Diri

Percaya diri sangat penting. Dilansir dari phiradio.net bahwa untuk menjadi penyiar radio harus memiliki rasa percaya diri baik pada kondisi dan situasi saat siaran. Menjadi penyiar radio harus mampu membawakan acara yang menarik sesuai dengan program acara yang dibawakan. Jika merasa kurang percaya diri, maka perbanyak latihan selalu. 

3. Perhatikan Program Acara

Sebagai penyiar radio harus memperhatikan jenis program dan informasi apa yang akan disiarkan. Misalnya program Bulletin Berita dibawakan dengan formal. Begitupun acara hiburan dengan pembawaan yang santai.

4. Perbanyak Evaluasi

Jika sudah sudah rajin latihan, maka lakukan evaluasi. Ini bertujuan supaya dalam membawakan siara radio semakin lebih baik. Latihan bisa dimana saja sesuai keinginan. Jangan lupa konsultasi dengan rekan-rekan anda atau temanmu yang sudah aktif siaran di radio. 

5.  Mengikuti Casting 

Mengikuti casting adalah langkah awal untuk memulai siaran radio. Selain itu buatlah surat lamaran untuk bersedia menjadi penyiar di radio yang anda inginkan. 

Ikuti tahapan casting dengan baik dan percaya diri. Jangan lupa sesuaikan penampilan anda saat audisi berlangsung. Sederhana saja tapi rapih.

Apabila gagal ditahap audisi jangan berkecil hati. Tetap fokus berlatih sampai menunggu jadwal audisi lain. Menjadi penyiar radio memang tidak instan perlu tahapan mulai dari audisi, training, dan lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel