Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rekening BRI

Membuka buku rekening tabungan di bank manapun hampir sama tergantung kebijakan yang diberikan pihak bank. Paling penting adalah syarat utama yang harus dilengkapi dan saldo awal perdana. 

Setiap membukanya buku tabungan rekening juga mempersiapkan nominal saldo. Jika di BANK seperti BRI minimal 50 ribu. Begitu juga dengan bank lain seperti BCA, Mandiri dan lainnya berada dikisaran 100 ribu rupiah. 
Selain itu, pembuatan buku tabungan juga gratis alias tak dipungut biaya. Termasuk pembuatan kartu ATM yang dapat anda lakukan sekaligus. Jika banyak orang dihari yang sama ramai untuk membuat rekening buku tabungan bank, maka anda wajib antrian hingga selesai.

Tata Cara Membuka Buku Rekening Tabungan Bank

Anda belum memiliki buku rekening tabungan bank, dan ingin sekali membuatnya. Maka simak petunjuk cara pembuatannya berikut ini:

1. Tentukan bank apa yang akan anda buat

Biasanya di setiap daerah terdapat bank cabang. Seperti bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan sebagainya.

2. Persiapkan persyaratan utama

Untuk syarat pembuatan buku tabungan bank maka siapkan berkas sebagai syarat seperti: KTP asli dan foto copy KTP, kartu keluarga, dan uang saldo utamanya.

3. Datang ke bank terdekat

Saat anda sudah tiba di bank terdekat di daerah anda langsung hampiri petugas satpam untuk mendapatkan arahan untuk mengambil nomor antrian.

4. Ke petugas pelayanan pembuatan buku tabungan

Saat nama anda di panggil, langsung duduk dan sebutkan keinginan anda yakni membuat buku tabungan. Anda akan menerima formulir data lengkap anda dan kemudian di kumpulkan kembali ke petugas untuk di proses.

5. Buku tabungan dan ATM langsung jadi

Saat persyaratan dan data lengkap dikumpulkan bersaman dengan uang saldo awal. Anda akan menunggu beberapa saat hingga petugas memberikan buku tabungan dan kartu ATM jangan lupa siapkan PIN ATM yang mudah di ingat. Proses pembuatan pun selesai.

Itulah petunjuk pembuatan buku rekening tabungan. Anda tak perlu khawatir dan bingung dengan keterangan yang tertera. Jika ada kendala yang membingungkan terkait pengisian data formulir maka segera tanya ke petugas. Anda akan dilayani dengan tulus.

Jika semua sudah selesai, maka silahkan belajar cara memainkan ATM. Seperti belajar tarik tunai, dan belajar cek saldo. Hingga cara transfer uang ke rekening orang lain.

Hindari minta bantuan orang lain yang tidak dikenal. Untuk keamanan jangan berikan pin ATM anda kepada siapapun kecuali keluarga.

Jika anda masih ragu dan bingung saat memahami cara memainkan ATM, maka panggil petugas satpam yang ada di kantor bank untuk minta diajarkan.

Tapi jika anda ingin tarik tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maka hindari minta bantuan orang lain. Kecuali di kantor bank yang ada ATM nya atau dengan pihak keluarga.