Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Persiapan Menghadapi Masa Pensiun

Pensiun merupakan masa hari tua yang akan disandang setiap orang. Masa inilah yang akan kita rasakan ketika umur sudah memasuki usia tua, sudah diberhentikan dari pekerjaan baik pegawai negeri sipil maupun swasta. 
Menabung dan berinvestasi merupakan alternatif agar masa pensiun dapat dinikmati dengan baik. Perlunya mempersiapkan kebutuhan pensiun agar hidup tercukupi dengan baik. 

Bagaimana tips mempersiapkan waktu pensiun? Berikut simak langkah sederhana berikut ini:

1. Tekuni Hobi

Setiap orang memiliki hobi yang beragam sebagai aktivitas di luar pekerjaan. Saat menghadapi masa pensiun alangkah baiknya jika mendalami semua hobi yang dimiliki. Agar memiliki kegiatan yang membuat diri jenuh nantinya.

2. Ketahui kebutuhan pensiun

Paling utama adalah anda wajib untuk mengetahui lebih dulu kira-kira apa yang akan anda butuhkan di masa ini.

Sebagai contoh untuk kita semua yakni "Apabila kebutuhan hidup anda selama sebulan sekitar 4 juta rupiah, dalam 1 tahun yakni 12 bulan maka perkiraannya rupiahnya sebesar 36 juta selama 1 tahun (4 juta x 12 bulan = 36 juta)". Sebagai contoh anda mengambil masa pensiun selama 15 tahun berarti totalnya 36 juta x 15 tahun = 540 juta.

Ini terhitung belum secara faktor inflasi, dalam artian uang dengan jumlah tersebut sudah pasti akan jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Tapi ini kembali lagi hanya sebatas perumpamaan dan mudah-mudah tabungan lebih banyak.

3. Pikirkan terkait cara memenuhi kebutuhan masa pensiun

Jika ditahap pertama diatas anda sudah menentukan jumlah dari kebutuhan hidup anda. Selanjutnya anda mempersiapkan strategi untuk memenuhinya. Agar berjalan lancar.

Langkahnya adalah lihat dulu jika tabungan anda saat ini dengan jumlah nominal sekitar 100 jutaan kemudian waktu pensiun anda ibaratkan kurang dari lima tahun lagi, maka sebelum waktu pensiun itu tiba untuk waktu sisa nya anda harus bekerja lebih ekstra dalam mewujudkan uang kebutuhan tersebut.

Lagi-lagi anda harus bekerja lebih ekstra dan lebih irit lagi. Tapi bagaimana cara lain untuk menyiasatinya?, Sangat mudah yakni hanya dengan 3 cara, jika anak muda biasanya menyebut dengan "MB2" alias "Menabung, Berbisnis dan Berinvestasi". Pilih saja salah satunya atau jika selera anda kurang menantang maka pilih ketiganya.

 4. Bergerak (Action)

Tahap ini merupakan sebuah tantangan hidup. Luar biasa bukan?,. Apabila progres diatas sudah di pahami dan sudah menemukan ide untuk memulai, maka perlahan mulai disiapkan. 

Masa pensiun akan terasa ketika ketika tidak dapat lagi bekerja. Kesehatan, tenaga, dan masa otot yang tidak sekuat masa muda. Intinya jangan lupa selalu bersyukur, karena bersyukur hidup akan semakin berkah.