Sungai Sumber Kehidupan Bagi Masyarakat

Sungai merupakan air yang mengalir dari hulu ke hilir dan memiliki peranan dalam menjaga keberlangsungan hidup manusia. Sungai bermanfaat untuk kehidupan dan kebutuhan yang dapat membuat mahluk hidup bertahan.

Sungai yang bersih dan tidak tercemar dengan limbah dan sampah dapat dikonsumsi dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran sungai sebagai ciptaan-NYA begitu luar biasa. 

Sawah yang menguning tak lepas dari peran air sungai yang dijadikan untuk irigasi persawahan warga. Sungai memiliki nikmat yang besar, tempat hidup aneka hewan air tawar seperti ikan, udang, siput, belut, dan lainnya. Hewan yang hidup di air sungai dapat membantu asupan gizi manusia. Sungguh besar kuasa Allah SWT. 
Berbagai jenis hewan hidup secara berkesinabungan. Sehingga tak heran kehadiran mereka membawa berkah bagi kita. Jika musim tangkapan hewan yang datang sewaktu musim tiba, dengan jumlah yang tidak sedikit. Berkah untuk dikonsumsi, kesehatan, dan ekonomi, yang dapat dinikmati dengan rasa syukur.

Sungai perlu dirawat dan diperhatikan. Dibagian muaranya dapat diberu tumpukan batu dan kawat yang kokoh. Ini bertujuan untuk menahan banjir dimusim penghujan. Kondisi sungai saat hujan tiba akan sangat membahayakan. Seperti banjir bandang yang mampu merusak wilayah perkebunan disekitaran sungai dan dapat menggenangi rumah warga, sawah akan hancur berantakan.

Namun, Jika sungai diperhatikan dan dijaga dengan tidak membuang sampah, menebang pohon sembarangan akan merusak dan memperkeruh air sungai yang tidak dapat digunakan untuk kebutuhan secara menyeluruh. 

Sungai dengan air yang jernih dapat dikonsumi dan memenuhi kebutuhan lain terasa sangat istimewa. Keindahan sungai akan terlihat jelas ketika dijaga dan menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga dan melestarikan lingkungan hijau yang bersih dan sehat. 

Sekitar pinggiran sungai dapat dijadikan
masyarakat untuk berkumpul sembari membakar ikan dan makan bersama sambil bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Sayangi lingkungan, jangan buang sampah di sungai. Banyak dampak buruk yang akan merugikan khusus masyarakat sekitar dan akan merusak lingkungan. Jika air sungai kotor disebabkan membuang sampah sembarangan, masyarakat sekitar pasti akan sengsara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel