Sambal Tempoyak Khas Lampung


Hasbundoya.com - Sambal tempoyak ini sudah sangat terkenal di Lampung apa lagi kebanyakan orang yang berkunjung ke Lampung selalu menyantapnya dengan mengkombinasikan kan daging ikan segar yang telah dipanggang atau digoreng. Sambol tempuyak sebutan masyarakat lampung pada masakan ini.

Membuat sambal tempoyak ini sangat mudah dan cepat tak perlu membutuhkan waktu lama bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan. Seperti bahan sambal pada umumnya hanya saja ketika sudah semua bahan terkumpul ditambah dengan tempoyak di aduk aduk sampai merata. tak lama sambal akan mengering dan aroma tempoyaknya yang menyengat lezat.

Untuk mengolah tempoyak biasanya masyarakat lampung memilih buah durian yang terasa tidak enak. Seperti matang tapi rasa pahit, atau yang tidak ada rasa. Jadi, dengan inisiatif macam ini dibuatlah tempoyak. Sebab, menghindari buah durian yang akan terbuang sia-sia maka dilakukan pemgawetan yang dimasukkan kedalam toples dan ditutup rapat. Maka tempoyak durian berproses menjadi asam.

Jika anda melihat tempoyak yang sudah lama di dalam toples mungkin anda sangat jijik dengan aroma bauk tidak sedap. Namum, setelah amda coba setelah diolah menjadi sambal, ketika disantap kuping amda bisa tak telihat. Itulah enaknya kuliner sambal tempoyak ini.

Sambal tempoyak biasanya disajikan dengan ikan goreng atau ikan panggang. Kemudian disantap dengan nasi hangat dan lalapan yang segar. Aroma duren dan sambal menyatu pada ada rasa peda, manis, asam dan sungguh lezat. Nah, jika anda belum mencobanya maka segera datang ke lampung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel