Jenis Motif Kain Celugam Khas Lampung Barat

Hasbundoya.com - Motif kain celugam memiliki kreasi tersendiri yang dapat membuat anda terpukau dengan perpaduan warna yang ada. Seperti halnya kain tapis yang memiliki motif beragam ternyata kain celugam juga ada jenisnya. Ini sangat memberikan kemudahan bagi anda agar bisa membedakan diatara jenis motif kain ini.

Agar anda bisa lebih paham mengenali apasaja bentuk motif dari kain celugam maka tak salahnya anda memperhatikan dengan jelas keterangan sebagai ciri khas nya. Ini bertujuan selain menambah wawasan juga dapat memberikan petunjuk saat anda ingin membeli kain ini dengan jumlah banyak. Sehingga bisa jadi rekomendasi anda untuk memilahnya.

Mengenal Jenis Motif Kain Celugam Asal Bumi Skala Bekhak

Tahukan anda sahabat bahwa kajn celugam asal lampung barat ini memiliki lima motif, semuanya snagat indah dan beraneka bentuk motifnya. Agar anda bisa cepat mengenalinya simak bagiannya berikut ini:
  • Cumcok,
  • Apipon, 
  • Puttut Manggus,
  • Cumcok, 
  • Lalamban,
  • Kekeris, 
Kelima jenis kain tapis diatas sangat mudah anda temukan di lampung khususnya di lampung barat. Diketahui setiap motif dari kain celugam ini terdapat keunikannya masing-masing termasuk dari cara pembuatannya. Baca juga: Jenis dan Motif Kain Tapis Lampung

Didaerah lampung barat sendiri sudah terpasang motif kain celugam yang dapat anda temukan disisi jalan baik dari poster atau ukiran warna dibibir pojok jalan sebagai icon ciri khas asal dari kain ini.

Kain ini sering diperkenalkan melalui pameran-pameran tertentu termasuk pada saat acara event lampung fair. Dimana anjungan lampung barat selalu menghadirkan kain celugam sebagai kebanggaan budaya.

Bumi sekala bekhak memang memiliki budaya yang bergam, masyarakat yang begitu kompak. Tak heran jika kemajuan pembangunan dilampung barat begitu terarah. Pelestarian budaya yang terus digerkkan pemerintah daerahnya sangat mantap. Sehingga masyarakat dari luar lampung selalu ramai mengunjungi kabupaten ini.

Bagi anda masyarakat yang tinggal dilampung sudah sepatutnya bangga dengan kehadrian kain ini yang dapat dijadikan sebagai kebutuhan fasion. Anda dapat membeli kain ini dilampung dengan harga yang bersahabat.

Mari kita lestarikan kain etnik ini agar lebih dikenal luas diseluruh lapisan masyarakat. Anda akan tampil memukau dengan produk busana bernuansa kain celugam. (Sumber foto: instagram @liwart_pemotretliwa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel