Celugam Kain Khas Lampung Barat Mendunia

Hasbundoya.com - Celugam merupakan sejenis kain tradisioanl lampung yang tak kalah menarik, kain ini asli berasal dari bumi skala berak alias kabupaten lampung barat. Diketahui kain celugam ini biasa digunakan sebagai kain untuk penutup kasur, jika masyrakat lampung pada umumnya menyebut dengan nama pudak palsu.

Biasanya saat upacara adat khususnya di lampung barat yang banyak dihiasi pernak pernik lampung yang terlihat dari susunan kasur yang dirangkai unik dengan balutan cleugam. Selain itu, celugam juga digunakan menghiasi singasana pada kerajaan paksi pak sekala berak dari dulu hingga sekarang ini. Sehingga tampilannya pun sangat unik dan lebih megah.

Baca juga: Jenis Motif Kain Celugam Khas Lampung Barat

Celugam Kain Khas Lampung Barat

Celugam adalah kain yang dibuat hasil kerajinan masyarakat di lampung barat sejak zaman dahulu yamg masih bertahan sampai sekarang. Bahakan eksistemsi dari lain celugam ini sudah tak asing bagi masyarakat kalangan.

Dizaman modern sekarang ini kain celugam tidak hanya disukai bagi masyarakat di lampung saja akan tetapi masyarakat luar lampung juga banyak yang menyukai. Tak heran kain celugam juga sudah di buat baju kreasi yang lebih menarik.
Bentuk motif kain celugam berbentuk segi tiga dengan ukuran kecil dan disambungakan dengan jumlah bamyak sehingga memiliki seni yang tinggi. Ini disebakan perpaduan warna yang ditimbulkan kain celugam yakni antara orange, merah, hitam dan juga putih. Belakangan ini kain celugam sudah dijadikan baju trend fashion yang berkelas.

Hasil rancangan masyarakat lampung berbahan celugam pun tak kalah oke. Seperti halnya produksi baju sehari-hari meliputi kain sarung, busana pria dan wanita, dipadukan dengan kain batik, bahkan jilbab, dan tas rajutan, taplak meja, hingga pada kreasi dompetnya yang bagus. Perkembangan lainnya saat ini lain celugam sudah diterapkan sistem sulam dan bordir pada pembuatan baju fasion yang unik.

Nah bagaimana penasarakan dengan kain celugam asal lampung ini. Agar anda bisa menikmati busana perpaduan kian ini boleh kunjungi lampung barat. Disana anda akan banyak informasi tentang kain ini. Terimakasih, Tabikpun.. !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel