Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Cepat Belajar Bahasa Lampung

Bahasa daerah Lampung adalah rumpun bahasa melayu di Sumatra, Indonesia. Belajar bahasa daerah sangat mudah. Kuncinya adalah memahami kosa kata melayu, kalimat, dan Aksara daerah.

Cara cepat belajar bahasa daerah diawali dari mempelajari Aksara daerah Lampung dan cara ejaannya. Ini akan lebih mudah memahami saat digunakan saat percakapan. 

Mempelajari dari penulisan Kelabai huruf aksara akan terbiasa dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Lampung nantinya. 

7 Tips Cepat Belajar Bahasa Lampung Dengan Mudah

Bahasa daerah Lampung memang perlu dipelajari sebagai rumpun bahasa melayu. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah sangat disayangkan jika tidak mempelajari.

Bahasa itu salah satu ragam budaya melayu warisan sejak dahulu. Setidaknya memahami dari kalimat-kalimat secara umum atau beberapa kosa kata untuk mempermudah mempelajarinya. 
Agar lebih mudah memahami Bahasa daerah Lampung dengan cepat maka simak penjelasannya berikut untuk sekedar menambah pemahaman muatan lokal:  

1. Pelajari Aksara Lampung dan Anak Huruf

Belajar Bahasa Lampung lebih cepat harus hafal tentang 20 kelabai surat dan 11 anak surat (1 ningen/mati). Aksara daerah bisa membuat pelafalan lebih lancar.

2. Hafalkan Kosa Kata

Anggap saja anda belajar bahasa asing, dimana target setiap hari berapa kata. Begitu juga Bahasa Lampung, semakin banyak kosa kata yang anda hafal malah akan memudahkan anda berbicara walaupun terbata-bata.

3. Latihan Menulis

Menulis aksara dan Bahasa Lampung akan sangat membantu. Artinya bukan hanya pengucapan saja namun akan lebih cakap berkomunikasi menggunakan Bahasa Lampung sesuai ejaan pada aksara. 

4. Praktik Berkomunikasi 

Tidak salahnya anda mencoba melatih apa yang sudah anda dapatkan selama belajar Bahasa Lampung. Semakin terbiasa maka semakin mudah berbicara bahasa daerah Lampung. 

5. Mencoba mempelajari dari buku muatan lokal, untuk sekedar menambah pengetahuan tentang bahasa daerah. 

6. Belajar membuat karangan berupa tulisan baik dengan versi Had/Aksara maupun bahasa lampung. Ini sangat efektif bagi anda yang dapat membuat kelancaran tersendiri.

7. Belajar misalnya memperkenalkan diri dengan bahasa Lampung atau berbicara menggunakan kalimat tanya, kata benda, dan lainnya. Agar bisa berkomunikasi walaupun terbata-bata tapi dampaknya kemungkinan lancar.

Kemudian, setelah belajar kota kata dan Aksara Lampung maka mulai belajar percakapannya. Menghimpun kosa kata dan merangkai kata menjadi kalimat. Biasanya dalam muatan lokal daerah Lampung, terdapat soal-soal kalimat dan percakapan. Supaya lebih mudah dalam Menjawabnya, maka perhatian makna kosa katanya. 

Cara belajar bahasa daerah Lampung, sangat mudah. Misalnya mempelajari kata benda, kata sifat, dan lainnya. Kemudian jika sudah bisa menulis kata dalam bahasa Lampung, buatlah tulisannya. 

Tujuannya supaya lebih mudah menulis dan menjawab soal dan pelajaran muatan lokal. Untuk para pelajar di Sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama. Tentunya akan dihadapkan mengenai soal-soal bahasa daerah, sehingga jika tidak mengetahui makna atau terjemahan akan kebingungan. 

Belajar bahasa daerah sebagai cara melestarikan kekayaan budaya yang ada sejak dahulu. Bahasa daerah memang cukup mudah, dipelajari dan dipahami secara santai. Cara cepat belajar bahasa daerah Lampung dapat melihat panduan buku muatan lokal. Selain itu, menyimak tutorial belajar bahasa daerah yang ada di berbagai sumber baik internet atau kanal YouTube. 

Itulah tips mengenai cara cepat belajar bahasa daerah Lampung, sebagai rumput bahasa Melayu, adat istiadat sebagai warisan sejak dahulu. Untuk mempermudah mengerjakan tugas belajar muatan lokal, dan menambah pengetahuan.