Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara Cepat Belajar Bahasa Lampung

Bahasa daerah Lampung adalah rumpun bahasa melayu di Sumatra, Indonesia. Belajar bahasa daerah Lampung sangat mudah. Kuncinya adalah memahami kosa kata, kalimat, dan Aksara Lampung.

Cara cepat belajar Bahasa Lampung diawali dari mempelajari Aksara Lampung dan cara ejaannya. Ini akan lebih mudah memahami kosa kata Bahasa Lampung dan percakapan nantinya.

Mempelajari dari penulisan Kelabai huruf aksara akan terbiasa dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Lampung nantinya. 

Tips Cepat Belajar Bahasa Lampung Dengan Mudah

Bahasa daerah Lampung memang perlu dipelajari sebagai rumpun bahasa melayu. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah sangat disayangkan jika tidak mempelajari.

Bahasa itu salah satu ragam budaya melayu warisan sejak dahulu. Setidaknya memahami dari kalimat-kalimat secara umum atau beberapa kosa katanya.
Agar lebih mudah memahami Bahasa daerah Lampung dengan cepat maka simak penjelasannya berikut untuk sekedar menambah pemahaman muatan lokal:  

1. Pelajari Aksara Lampung dan Anak Huruf

Belajar Bahasa Lampung lebih cepat harus hafal tentang 20 kelabai surat dan 11 anak surat (1 ningen/mati). Aksara Lampung bisa membuat pelafalan lidah anda menjadi lebih lancar.

2. Hafalkan Kosa Kata

Anggap saja anda belajar bahasa asing, dimana target setiap hari berapa kata. Begitu juga Bahasa Lampung, semakin banyak kosa kata yang anda hafal malah akan memudahkan anda berbicara walaupun terbata-bata.

3. Latihan Menulis

Menulis aksara dan Bahasa Lampung akan sangat membantu. Artinya bukan hanya pengucapan saja namun akan lebih cakap berkomunikasi menggunakan Bahasa Lampung sesuai ejaan pada aksara. 

4. Praktik Berkomunikasi 

Tidak salahnya anda mencoba melatih apa yang sudah anda dapatkan selama belajar Bahasa Lampung. Semakin terbiasa maka semakin mudah berbicara bahasa daerah Lampung. 

5. Mencoba mempelajari dari buku muatan lokal, untuk sekedar menambah pengetahuan tentang bahasa daerah. 

6. Belajar membuat karangan berupa tulisan baik dengan versi Had/Aksara maupun bahasa lampung. Ini sangat efektif bagi anda yang dapat membuat kelancaran tersendiri.

7. Belajar misalnya memperkenalkan diri dengan bahasa Lampung atau berbicara menggunakan kalimat tanya, kata benda, dan lainnya. Agar bisa berkomunikasi walaupun terbata-bata tapi dampaknya kemungkinan lancar.