9 Tempat Wisata Pesisir Barat Paling Ramai Di Kunjungi

Hasbundoya.com - Wisata di Kabupaten Pesisir Barat paling ramai dikunjungi oleh wisatawan sangat beragam. Ini dapat anda jadikan sebagai rujukan bersama keluarga dan kerabat jika ingin berkunjung ke Pesisir Barat, Lampung.

Diketahui Pesisir Barat ini merupakan Kabupaten Termuda di Lampung. Namun, dengan kondisi Geografisnya yang berada di sepanjang pantai dari perbatasan kabupaten Tanggamus dan Provinsi Bengkulu. Lautan luas yang sangat diminati banyak wisatawan maka perlahan muncul daerah wisata yang dapat menarik perhatian pengunjung.

Adapun tempat wisata paling populer sebagai Destinasi Unggulan di kabupaten ini yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupaun mancanegara, diantaranya meliputi:

1. Pantai Tanjung Setia
Pantai ini benar-benar indah dan sudah terkenal di dunia. Selain itu, Pantai Tanjung Setia juga masuk destinasi favorite yang sudah menjadi rujukan dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung untuk menarik wisatawan mancanegara.

Terbukti disetiap tahunnya selalu dilakasanakan Kejuaraan Surfing International yang selalu diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Indahnya pantai tanjung setia memang menarik perhatian wisatawan mancanegara. Baca: Wisata Pantai Tanjung Setia, Surga Bagi Peselancar Dunia

Menariknya di Pantai ini memiliki ketinggian ombak yang indah dan besar sehingga dijadikan sebagai icon wisata unggulan di pesisir barat sebagai tempat bagi peselancara dunia. Ditempat ini sudah dilakukan pembenahan mulai dari pembangaun Gerbang Utama memasuki kawasan Pantai Tanjung Setia dan sudah tersedia cottage/penginapan bagi para wisatawan.

2. Pulau Pisang
Pulau ini tak jauh dari kota krui, terdapat sebuah pulau yang dihuni oleh 6 Desa dan sudah diresmikan menjadi sebuah kecamatan. Keindahan Pulau Pisang ini sungguh elok, memiliki pasir putih dan terdapat kisah pada masa penjajahan jepang dan belanda kala itu.

Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan peninggalan belanda yang hingga kini dapat pengunjung saksikan langsung seperti bangunan sekolah belanda yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dengan relief dan motif yang khas. Pulau pisang menyimpan panorama yang memukau dan sangat tepat untuk anda kunjungi. Baca: Indahnya Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat, Yang Berkesan

Panorama laut di Pulau Pisang sangat memukau pengunujnga. Selain itu, jika keberuntungan datang saat berlayar menuju Pulau Pisang anda dapat menyaksikan atraksi unik dari sekelomok Lumba-Lumba yang akan mengiringi perjalan anda menuju Pulau Pisang.

3. Labuhan Jukung
Pantai Labuhan Jukung sepertinya sudah tidak asing bagi wisatawan. Sebab, tempat ini sebagai daerah wisata kermaian yang selalu dijadikan pengunjung untuk bersantai dan berfoto selfie. Selain itu, Pantai Labuhan Jukung juga selalu ramai karena masuk pada Kompleks Perkantoran Pemda setempat. Baca: Pantai Labuhan Jukung, Begitu Mengangumkan

Selain temptanya yang dekat dengan daerah keramaian makan Lambuhan Jukung sering dijadikan tempat kegiatan festival kegiatan pemerintah daerah maupun acara-acara lainnya. Apalagi disaat tahun baru tiba, Pantai Labuhan Jukung akan disesaki pengunjung baik malam dan siang harinya. Terlihat banyaknya orang-orang yang berenang dilautan dan bermain ceria dipinggir pantai.

4. Makam Syeh Aminullah
Selain wisata bahari terdapat pula wisata religi yang sangat terkenal dimasyarakat kalangan luas yakni Makam Syeh Aminullah yang berada di Pekon Rata Agung. Makam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat moment lebaran tiba pengunjung akan semakin meningkat. Baca: Wisata Religi Ziarah Keramat Manullah di Pesisir Barat Lampung

Tempat ini masuk ke daerah kawasan hutan lindung di bukit barisan. Terlihat disetiap saat, tempat ini selalu dikunjungi orang-orang untuk berziarah dan berdoa. Walaupun menuju makam harus berjalan kaki namun tetap ramai dikunjungi.

5. Goa Matu
Goa Matu saat ini semakin dikenal masyarakat. Dahulunya tempat ini sangat jarang dikunjungi masyarakat. Namun, setaah terbentuk dan diresmikan menjadi Kabupaten maka Goa Matu juga mulai di rangkul Pemerintah Daerah untuk dujadikan tempat Wisata Religi. Baca: Wisata Religi Goa Matu di Kabupaten Pesisir Barat Lampung

Hal itu pun terbukti dengan banyaknya wisatawan lokal maupun turis asing yang ingin berpetualang ke Goa Matu. Konon, tempat ini sangat angker dan memili banyak mitos. Menurut hasil dokumentasi dari pengunjung, Goa Matu memiliki keindahan yang luar biasa.

6. Repong Damar
Repong Damar merupakan perkebunan warga yang dijadikan sebagai sumber penghasilan masyarakat. Tumbuhan ini mengjasilkan getah damar yang selalu diburu oleh pembisnis.

Adanya tumbahan repong damar ini banyak membuat penasaran wisatawan yang datang ingin menyaksikan dan melihat langsung tumbuhan ini. Damar mata kucing sebutan untuk getah damar didaerah krui, pesisir barat.

Selain itu repong damar juga dijdikan icon wisata unggulan dan masuk dalam 13 Destinasi Wisata Unggulan Kabupaten Pesisir Barat

Pesisir Barat juga merupakan kabupaten penghasil Getah Damar terbaik. Banyak masyarakat berpenghasilan hanya dengan mengandalkan kebun damar. Cara memetik getahnya pun tidak mudah. Selain dipetik disekitaran batang dengan alat perkakas khusus yang disebut "Patel" dan memetik dengan memanjat Pohon Damar dengan mengggunakan alat yang berasal dari rotan yaknin"Ambon".

7. Air Terjun Keramian
Air terjun ini berada di pelon malaya kecamatan lemong. Jika menempuh perjalanan dari kota krui hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai di area ini. Air terjun yang tinggi dengan curah air yang besar dan kedalaman air yang dalam membuat pengunjung berbondong-bondong untuk menyaksikannya. Baca: Inilah Pesona Wisata Air Terjun Keramian Pesisir Barat

Air Tejun Keramian ini sangat ramai dan tak pernah sepi dari pengunjung. Walauoun perjalanan yang jauh dalam menempuhnya tapi percayalah semua rasa lelah akan terbayarkan dengan indanya Air Terjun ini. Suasana alam yang tenang dan penuh kedamaian dengan rindangnya hutan belantara yang memiliki udara sejuk akan membuat anda betah berlama-lama.

8. Penangkaran Penyu
Penangkaran Penyu yang berada di Muara Tembulih ini dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan yang dapat menambah pengetahuan anda. Disini terdapat beberapa jenis penyu yang dibudidayakan dan dapat dilihat langsung oleh para pengunjung.

Tempat ini sering dikunjungi oleh para turis mancanegara yang ingin menyaksikan langsung proses penangkaran penyu san jeos penyu yang ada. Nah, jika anda berkunjung ke pesisisr barat sangat disayangkan jika tidak berkunjung kesini.

9. Pantai Mandiri
Pantai Mandiri ini merupakan surganya bagi peselancar. Tempat ini merupakan pusat ombak yang memiliki ketinggian yang luar biasa dengan gulungan ombak menuju pinggiran pantai yang sangat panjang mencapai 150 Meter.

Ini sudah pasti disukai banyak turis mancanegara yang ingin berselancar. Terlihat di Pantai Mandiri terdapat turis yang berenang dan berselancar disetiap saat. Baca: Wisata Pantai Mandiri Spot Surfing di Pesisir Barat

Jika anda ingin menyaksikan ramainya para peselancar dari wisatawan dunia maka sebagai saran untuk anda agar berkunjung pada bulan April hingga Oktober. Para turis akan memadati Pantai ini untuk bermain selancar dan berjemuran di bibir pantai.

Itulah informasi tempat wisata paling ramai dikunjungi wisatawan di Pesisir Barat. Namun, jika anda berada ditempat ini tak perlu bingung sebab, pesisir barat memang memiliki wisata bahari yang elok dan indah. Nah dari 9 tempat wisata diatas sudahkah anda mengunjunginya?. Jika belum ayo agendakan segera bersama rekan anda.

Inilah yang menjadi daya tarik wisatwan untuk berkujung. Menurtu informasi dari mayarakat banyak pengunjung yang beraggapan bahwa wisata pantai di di Pesisir Barat ini tak kalah menarik dari Pulau Dewata Bali. Untuk itu, "Ija Mik Pesisir Barat".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel