Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tradisi Makan dan Minum Bersama di Provinsi Aceh


Tradisi makan dan minum masyarakat melayu di Aceh memiliki konsep yang unik. Tradisi ini memiliki makna yang tersirat karena pada saat makan dan minum dilakukan secara bersama. Untuk sajiannya berupa Nasi dan lauk pauk dengan cita rasa yang khas seperti masakan India.

Untuk bahan utama Lauk-pauknya berupa ikan, daging sapi dan daging kambing. Jenis masakan Aceh begitu banyak dan sangat terkenal, diantaranya gulai kambing (Kari Kambing), Sie Reboih, Keumamah, dan Eungkot Paya (Ikan Paya). Soal rasa jangan ditanya, lezat bikin ketagihan.

Kuliner khas Aceh yang sudah populer diseluruh Indonesia ialah Mie Aceh. Selain itu, adapula kuliner Nasi gurih yang biasa dimakan oleh masyarakat Aceh di waktu pagi hari. Untuk minuman pelengkap dalam menyantap hidangan Nasi gurih ialah Kopi Aceh.

Jika berkunjung ke Provinsi Aceh, akan terlihat setiap warung/kedai akan ramai penikmat Nasi gurih dan Ketan/Pulut, ditemani minuman Kopi Aceh di waktu pagi atau siang hari. 

Tertarik untuk mencoba kuliner lezat khas Aceh ?, jangan khawatir. Untuk makanan ringan seperti Me Aceh, Kopi Aceh dan lainnya dapat dinikmati di kedai Aceh yang sudah tersebar diberbagai daerah di Indonesia.