Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak'um Pekasom Makanan Khas Pesisir Barat

Tak'um pekasom adalah makanan khas yang unik dibuat sangat sederhana, memiliki rasa asam, dan pedas. Makanan satu ini lebih identik dengan rasa asam yang dihasilkan dari bahan utamanya yakni pekasom. 

Masakan Tak'um Pekasom terdiri dari bahan kelapa muda atau yang telah di haluskan. Kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemangi, jahe, lengkuas, garam, gula, cabe dan kunyit.

Kemudian, menyiapkan pekasom dari Bahan ikan-ikan kecil dan nasi yang telah di permentasi. Semua bahan akan dicampur dengan parutan kelapa muda dan dibungkus daun pisang, lalu dibakar diatas bara api hingga matang. 
Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Tak'um Pekasom biasanya dijadikan tambahan lauk, rasanya lezat. Tekstur warna kuning dan kemerahan dari perpaduan kunyit dan cabe. Bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Masakan Tak'um Pekasom Untuk Anda

Bagi anda yang penasaran dengan kuliner Tak'um Pekasom ini, maka jangan lupa untuk mencobanya. Cara membuat kuliner ini, maka persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya berikut ini:

1. Cara membuat masakan ini yaitu giling semua bumbu dan campurkan dengan parutan kelapa, tambahkan garam secukupnya.

 2. Campurkan bahan ikan dan nasi yang telah di awetkan (Permentasi) hingga menjadi adonan. masukan adonan tersebut diatas daun pisang lalu beri daun kemangi secukupnya.

3. Bungkus memanjang dan tusuk kedua ujung dengan lidi atau kayu kecil.

4. Setelah semua selesai, maka bakar adonan tersebut yang telah dibungkus rapih diatas genteng yang telah dipanaskan. Memilih genteng karena kebiasaan, agar rasanya lebih nikmat. Namun jika lebih praktis bisa dengan alat pemanggang atau yang lebih sedap dengan genteng.

5. Proses pemanggangan sampai pada kulit daun pisang layu dan coklat. Tak'um Pekasom diletakan diatas genteng yang telah dibentangkan diatas bara api.

Jika daun pisang bagian luarnya sudah agak gosong dan kering itu pertanda sudah matang. setelah itu angkat dan buka dari bungkusnya untuk disantap. makanan Tak'um Pekasom siap disajikan dengan nasi hangat, bersama gulai taboh ikan, dan rebusan pete.

Sediakan ikan goreng untuk menambah sensasi kelezatan makanan. Jangan lupa coba dirumah dan nikmati bersama keluarga tercinto.