Cara Cek Madu Hutan Asli Atau Campuran dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Madu hutan bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan, antiiinflasi, dan antibakteri banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dalam yang menyembuhkan. Banyak orang manjadikan madu untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. 

Madu dapat dijumpai dipasaran bahkan di tempat perbelanjaan. Namun tidak semua madu terjamin keasliannya. Madu asli tanpa campuran baik pengawet, pewarna, dan pemanis tambahan. Sehingga madu asli dan campuran juga sulit dibedakan. 

Ciri-Ciri Madu Hutan Asli Tanpa Campuran

Madu hutan tanpa campuran dapat dilihat dari warna, rasa, dan aroma. Sebelum membeli madu hutan, alangkah baikanya jika melihat ciri-cirinya agar tidak salah pilih. Berikut ciri-ciri madu hutan asli:

1. Tidak Mudah Larut di Air

Tidak mudah larut dalam air adalah salah satu ciri madu asli. Bedanya dengan madu campuran saat sesendok madu dimasukan kedalam gelas berisi air maka madu akan langsung tercampur. Tapi tidak untuk madu asli, karena tekstur madu yang kental ketika dimasukan kedalam air akan mengendap didasar gelas. 
Silahkan praktekan langsung untuk mencari tahu apakah madu yang anda beli asli atau campuran. Caranya siapkan gelas berisi air dan tuangkan sesendok madu kedalamnya. Lihat bagaimana reakasi madu didalam air, apakah mudah tercampur air atau mengendap terlebih dahulu kedalam gelas. 

2. Warna Madu

Amati warna madu, cara ini sangat sederhana dengan melihat warna madunya.
Warna gelap pada madu menunjukan kualitas yang baik. Walaupun jenis madu memiliki warna yanb berbeda namun madu berwarna gelap memiliki kandungan mineral yang tinggi. 

3. Rasa Madu

Rasa madu yang asli tidak akan cepat hilang dilidah. Berbeda dengan madu campuran dimana saat dikonsumsi rasanya akan mudah sirna. 

4. Tak Berbuih

Madu asli tidak berbuih saat dipanaskan. Berbeda dengan madu campuran aka menghasilkan buih karena berasal dari zat gula dan pemanis campuran lainnya. Maka silahkan coba panaskan madu yang anda beli dan lihat dengan seksama.

5. Tes dengan Roti

Untuk menguji keaslian madu dengan campuran silahkan campurkan dengan roti. Jika roti sudah diolesi madu menjadi basah maka madu tersebut terdapat campuran. Namun jika roti yang sudah diolesi madu yang asli akan mengeras.

6. Kejernihan Madu

Madu asli mengandung pollen sehingga terlihat keruh. Terkadang madu asli terdapat campuran lebah. Namun saat madu dijual oleh pengrajin melalukan penyaringan agar menarik dan bersih sehingga nampak jernih.

7. Tes dengan Telur

Untuk menentukan madu asli dan campuran silahkan lakukan dengan mencapur madu dengan telur dan aduk hingga rata. Madu asli akan membuat telur menjadi matang sedangkan madu campuran tidak menghasilkan efek kematangan. 

8. Serapan Madu

Tes daya serap madu pada kain putih. Silahkan tuangkan madu ke kain, jika madu asli tidak akan meninggalkan bekas. Berbeda dengan madu campuran dimana akan meninggalkan noda yang disebakan dari campuran gula atau pengawet lainnya. 

9. Tes dengan Korek Api

Madu asli dapat anda cek dengan menggunakan korek api. Celupkan korek api kedalam madu dan bakar. Madu asli akan mudah terbakar sedangkan madu campuran akan sulit terbakar karena mengandung air. 

10. Tes Kekentalan

Madu campuran saat digerakkan akan terlihat ringan baik saat dituangkan atau dimiringkan dalam botol. Berbeda dengan madu asli saat dituangkan atau dimiringkan dalan botolnya akan lambat karena kekentalannya. 

11. Tekstur Madu

Tekstur madu asli tidak ada butiran yang tertinggal saat digosokkan ditangan. Jika madu terdapat butiran-butiran maka itulah madu campuran yang disebabkan dari gula atau campuran lainnya. 

Setelah mengetahui ciri-ciri madu asli atau campuran. Tahukah anda, manfaat madu untuk kesehatan tubuh? Yuk disimak inilah beberaa manfaat madu:

10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu banyak diggunakan untuk campuran roti, teh, jamu atau tambahan minuman lainnya. Madu kaya akan antioksidan dan anti bakteri untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Madu dihasilkan dari liur lebah yang mengandung nektar dari sari-sari bunga yang baik untuk dikonsumsi. Yuk kenali inilah manfaat madu:

1. Mencegah Kanker

2. Meningkatkan Imun Tubuh

3. Kesehatan Jantung

4. Mencegah Bakteri dan Virus dalam Tubuh

5. Sumber Energi

7. Mengobati Batu

8. Obat luar tubuh

9. Mengatasi Penyakit Herpes

10. Mengobati Asma

Manafaat madu sangat banyak, itulah kenapa madu kaya akan fungsinya dalam tubuh. Bagi penderita diabetes, madu cocok untuk pengganti gula yang aman untuk dikonsumsi. Sebelum membeli madu pastikan cek keasliannya supaya madu yang dikonsumsi benar-benar asli sesuai yang diinginkan.

Dari cara diatas dapat dicoba dengan seksama untuk mengetahui apakah madu asli atau campuran. Nah cara diatas tidak ribet untuk sekedar mencari tahu keaslian madu agar tidak tertipu oleh penjual madu yang asli atau campuran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel