Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Madu Asli Tanpa Campuran dan Cara Membedakannya

Madu hutan asli tanpa campuran memiliki ciri warna pekat dan tekstur kental. Madu asli dapat dibedakan dengan madu campuran. Madu hutan asli dapat dilihat masih terdapat serbuk sarang yang tercampur. 

Selain itu, warna madu memang beragam. Terdapat warna kuning keemasan, merah kecoklatan, bahkan sampai warna kehitaman dan lainnya. Ciri madu asli ialah tidak ada campuran baik gula, air, dan lainnya. 

Madu asli seringkali sudah dalam campuran, hal itu tidaklah membuat madu menghilangkan fungsinya. Namun mencoba madu asli memang terasa berbeda. Apalagi madu hutan asli bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan, anti inflasi, dan antibakteri dapat mengobati berbagai penyakit dan menguatkan badan. 
Cara cek keaslian madu hutan tanpa campuran dapat dilihat dari warna, rasa, dan aroma. Sebelum membeli madu hutan asli, alangkah baiknya jika melihat ciri-cirinya agar tidak salah pilih. Berikut ciri-ciri madu hutan asli:

1. Tidak Mudah Larut di Air

Tidak mudah larut dalam air adalah salah satu ciri madu asli. Bedanya dengan madu campuran saat sesendok madu dimasukan kedalam gelas berisi air maka madu akan langsung tercampur. Tapi tidak untuk madu asli, karena tekstur madu yang kental ketika dimasukan kedalam air akan mengendap didasar gelas. 

Silahkan praktekan langsung untuk mencari tahu apakah madu yang anda beli asli atau campuran. Caranya siapkan gelas berisi air dan tuangkan sesendok madu kedalamnya. Lihat bagaimana reaksi madu didalam air, apakah mudah tercampur air atau mengendap terlebih dahulu kedalam gelas. 

2. Warna Madu

Amati warna madu, cara ini sangat sederhana dengan melihat warna madunya.
Warna gelap pada madu menunjukan kualitas yang baik. Walaupun jenis madu memiliki warna yang berbeda namun madu berwarna gelap memiliki kandungan mineral yang tinggi. 

3. Rasa Madu

Rasa madu yang asli tidak akan cepat hilang di lidah. Berbeda dengan madu campuran dimana saat dikonsumsi rasanya akan mudah sirna. Sebelum membeli, silahkan dicoba sebagai testimoninya supaya bisa membedakan keaslian  madu. 

4. Tak Berbuih

Madu asli tidak berbuih saat dipanaskan. Berbeda dengan madu campuran yang akan menghasilkan buih karena berasal dari zat gula dan pemanis campuran. Maka silahkan coba, panaskan madu yang ada dan lihat hasilnya dengan seksama.

5. Tes dengan Roti

Menguji keaslian madu asli atau campuran silahkan campurkan dengan roti. Jika roti sudah diolesi madu menjadi basah maka madu tersebut terdapat campurannya. Namun, jika roti yang sudah diolesi madu asli maka akan mengeras.

6. Kejernihan Madu

Madu asli mengandung pollen, sehingga terlihat keruh. Terkadang madu asli terdapat campuran lebah. Namun saat madu akan dijual, pengrajin akan melalukan penyaringan agar menarik dan bersih sehingga nampak jernih. 

Padahal untuk menarik minat dan pelanggan penjual madu asli. Serpihan saran dan anakan lebah yang tercampur tak perlu di buang. Supaya memberikan keaslian madu yang akan dijual. 

7. Tes dengan Telur

Ciri madu asli atau campuran, dapat dilakukan dengan mencampur madu dengan telur, kemudian aduk hingga rata. Madu asli akan membuat telur menjadi matang sedangkan madu campuran tidak menghasilkan efek kematangan. 

Caranya gampang, tinggal tuang madu ke dalam gelas dan masukan telur, lalu di kocok-kocok. Lihat hasilnya dengan baik untuk menyimpulkan keasliannya. 

8. Serapan Madu

Tes daya serap madu pada kain putih. Silahkan tuangkan madu ke kain, jika madu asli tidak akan meninggalkan bekas. Berbeda dengan madu campuran dimana akan meninggalkan noda yang disebakan dari campuran gula atau pengawet lainnya. 

9. Tes dengan Korek Api

Madu asli dapat anda cek dengan menggunakan korek api. Celupkan korek api kedalam madu dan bakar. Madu asli akan mudah terbakar sedangkan madu campuran akan sulit terbakar karena mengandung air. 

10. Tes Kekentalan

Madu campuran saat digerakkan akan terlihat ringan baik saat dituangkan atau dimiringkan dalam botol. Berbeda dengan madu asli saat dituangkan atau dimiringkan dalan botolnya akan lambat karena kekentalannya. 

11. Tekstur Madu

Tekstur madu asli tidak ada butiran yang tertinggal saat digosokkan ditangan. Jika madu terdapat butiran-butiran maka itulah madu campuran yang disebabkan dari gula atau campuran lainnya. 

Setelah mengetahui ciri-ciri madu asli atau campuran. Maka akan lebih mudah menebak madu asli dan madu campuran. Sebab ciri-ciri madu asli tidak bisa direkayasa. 

Madu memiliki manfaat bagi tubuh, mengkonsumsi madu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi madu, menjadikan tubuh lebih sehat dan kuat. Itulah ciri-ciri madu asli dan cara membedakannya.