Sambol Recit Mendira Khas Lampung Yang Lezat


Hasbundoya.com - Sambol recit mendira atau dikenal dengan sambol mantah. sambal macam ini memiliki arti yakni sambel mentah yang terbuat dari cabe, dan rampai sebagai bahan utama yang di sajikan secara mentah dan tidak digoreng, tidak diberi terasi dan tidak pula dimasak.

Sambol recit mendira ini dibuat hanya dari bahan cabe dan rampai saja. semua bahan tersebut ditumbuk/digiling dengan cabe saja.
Sambal ini biasanya dilakukan saat perut sudah lapar dan malas untuk membuat sayur. Cukup rebuskan sayuran, gorengkan ikan, rahu atau tempe lalu buatkan sambal recit mendira.

Saat membuat sambal recit mendira ini sangat cepat. Ketika bahan sudah ditumbuk lalu diberi garam dan gula. Namun, untuk rampai sendiri tidak dihaluskan, hanya di pecah-pecahkan saja agar keluar air asam artinya tidak dihaluskan secara menyeluruh.

Sambal ini disajikan dengan ikan panggang atau ikan rebus dan ditemani dengan lalapn segar atau sayuran rebus. untuk rampai sengaja tidak dihaluskan agar terasa saat dikunyah dengan nasidan daging ikan. rasanya jangan ditanya, pedas manis atoma mentah yang segar akan menjadi ciri khas masakan ini.

Ada dua 2 jenis sambal mentah ini yakni sambal mentah yang dibuat dengan cabai giling dan rampai dan tidak menggunakn cabai giling maupun rampai, hanya saja dibuat dari bahan sejeni cabe mentah hijau yang tidak dihaluskan dan garam saja.

Cara membuatnya jika cabe hijau/rawit dipotong jadi dua bagian. lumurkan garam dan beri sedikit gula. langsung santap dengan nasindan ikan panggang atau ikan goreng. selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel