Sambol Gudek/guder Khas Lampung


Hasbundoya.com - Sambol gudek adalah masakan lampung yang terbuat dari bahan ikan. masakan ini berbeda dari sambal ikan biasanya. sambol gudek artinya sambal rebus, dimana ikan segar yang telah dibersihkan di sambal langsung tampa di goreng. makanan ini sangat enak dengan daging ikan yang sudah matang seperti di rebus tapi testur daging lembut dan dibaluti oleh sambal.

Membuat masakan ini tidak terlalu sulit, seperti menyambal ikan pada umumnya tapi tidak di goreng. hanya saja untuk membuatnya yakni menggoreng bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih dan cabe yang dihaluskan kemudian digoreng dengan rampai, setelah beberapa detik langsung masukan daging ikan.

Kemudian, saat proses ikan sudah dimasukkan jangan diaduk-aduk, ini menghindarkan agar bumbu meresap agar daging dan ikannya tidak hancur. tunggu hingga airnya mengering sampai terlihat matang sempurna. Setelah itu angkat dan sajikan.

Jika anda belum pernah mencoba sambo gudek ini tak salahnya anda membuatnya dirumah sendiri. Yakin saja rasanya sangat mantap dan terasa pedas yang meresap dari daging ikan. Agar masakan ini memiliki cita rasa yang enak tak tak salahnya jika di taburkan daun kemangi dan irisan jeruk nipis yang segar.

Nah, itulah informasu kuliner khas lampung dari sambol gudek yang sudah lama. Masakan ini tak banyak orang mengetahuinya. Tapi kalau diwilayah lampung sai batin khususnya di daerah pugung kabupaten pesisir barat masih banyak orang memasak dengan cara ini. Tinggal anda lagi yang mencoba, semoga berhasil..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel