Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sambal Gudegh Sedapnya Bikin Nambah

Sambal gudegh terbuat dari bahan ikan. masakan ini tak jauh berbeda dari sambal ikan biasanya. sambal gudegh artinya sambal rebus, dimana ikan segar yang telah dibersihkan di sambal langsung tampa di goreng. 

Makanan ini sangat enak dengan daging ikan yang lembut. Masakan sambal ikan tanpa di goreng sangat mudah ditemukan di Sumatra. Tekstur daging lembut dengan balutan sambal yang bikin ketagihan.

Membuat masakan ini tidak terlalu sulit, ikan tidak di goreng. Untuk membuatnya cukup goreng bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih dan cabe yang telah dihaluskan. Kemudian tambahkan rampai, setelah itu masukan daging ikan.

Kemudian, saat proses ikan sudah dimasukkan jangan diaduk-aduk, ini menghindarkan agar bumbu meresap agar daging dan ikannya tidak hancur. tunggu hingga airnya mengering sampai terlihat matang sempurna. Setelah itu angkat dan sajikan.
Jika anda belum pernah mencoba sambal gudegh, tak salahnya anda membuatnya dirumah sendiri. Yakin saja rasanya sangat mantap dan terasa pedas bikin ketagihan. 

Agar masakan ini memiliki cita rasa yang enak tak salahnya jika di taburkan daun kemangi dan irisan jeruk nipis yang segar. Kemudian tambahkan penyedap rasa, sedikit gula sesuai selera.

Nah, itulah kuliner khas melayu, sambol gudek yang sudah lama dan memiliki nama masakan yang beragam sesuai dialek daerahnya. Sambal gudegh lezat biki.ln ketagihan.