Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sambal Rampai, Ikan Panggang Mantap !

Sambal rampai sangat nikmat. Sambal macam ini disajikan tanpa di goreng. Sambel ramai mentah mudah di buat. Bahan utamanya ialah cabe, gula, rampai dan garam. 

Sambal rampai mentah sangat sederhana dan cocok di santap dengan ikan panggang atau ikan goreng. Rasanya pedas-pedas wangi dan nikmat. 

Cara membuat sambal rampai mentah yaitu cabe di giling bersama rampai dan garam. Untuk tambahannya ialah iris bawang merah mentah dan campurkan.  

Sambal sederhana ini biasanya dibuat saat perut sudah lapar dan malas untuk membuat sayur. Selain itu, bagi yang suka makan sambal mentah karena kebiasaan.
Untuk tambahan sayurnya, cukup rebus sawi, terong, atau labu. Tempe dan tahu di goreng. Buat sambal rampai dan santap dengan keluarga. 

Rampai tidak dihaluskan, hanya di pecah-pecahkan saja agar keluar air asam. Perpaduan asam rampai dengan cabe akan menghasilkan aroma khas yang membuat lidah siap bergoyang.

Terdapat 2 cara membuat sambal mentah ini yakni sambal mentah yang dibuat dengan cabai yang dihaluskan dan rampai. 

Jika sambal rampai mentah cara lain ialah patahkan cabe rawit dengan jari tangan, beri garam, dan pecahkan rampai. 

Bagi yang suka manis tinggal dicampur gula. Kemudian santap dengan nasi hangat bersama ikan panggang atau ikan goreng. Selamat mencoba !.