Peros Masin Masakan Khas Lampung dan Cara Membuatnya

Peros masin namanya, inilah salah satu maskan asli daerah lampung yang sederhana dan nikmat. Mengapa tidak, masakan pekhos masin tidak membutuhkan banyak bumbu rempah-rempah untuk membuat cita rasanya yang enak. Diketahui Pekhos Masin sering kita jumpai di daerah lampung saibatin salah satunya di Kabupeten Pesisir Barat, Lampung.

Pekhos Masin adalah masakan yang sangat sederhana dan membuatnya pun sangat mudah. Proses membuatnya menggunakan bahan utama ikan air laut maupun air tawar. rasa dari masakan ini sangat nikmat, peroses memasak menu Pekhos Masin ini tidak menggunkan santan hanya air biasa yang direbus hingga mendidih.

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa masakan Pekhos Masin banyak disukai oleh Anak-anak, orang tua dan dan lanjut usia. Selain itu, masakan ini juga sering dibuat menu sarapan untuk orang-orang yang sedang sakit atau seseorang yang masih belum bisa menyantap hidangan-hidangan yang mengandung kalori tinggi. Perlu anda ketahui bahwa Pekhos Masin ini sangat cocok bagi anda yang sedang diet.

Cara Membuat Masakan Pekhos Masin Khas Lampung

Membuat masakan pekhos Masin tak perlu membutuhkan banyak bahan. agar anda bisa memahaminya perhatikan bahan-bahan membuat pekhos Masin diantaranya:
  • Ikan air tawar atau laut
  • Bumbu seperti bawang merah/putih Lengkuas, jahe, sere, dan garam 
  • Asam kandis/belimbing, daun kemangi
  • Daun salam dan cabe.
Ingat, membuat masakan Pekhos Masin berbeda dari masakan "mesak asam" (masakan khas lampung). Maka anda harus jeli untuk membedakannya.

Langkah-Langkah Membuatnya:

  1. Ikan di dibersihkan terlebih dahulu kemudian singkirkan. 
  2. Rebus air bersama peperekan bawang dan cabe halus. 
  3. Tambahkan daun salam lebih bagus, rebus hingga air mendidih. 
  4. Selanjutnya masukan asam kandis/belimbing, gula dan garam, lalu aduk hingga merata.
  5. Setelah air mendidih, tinggal anda masukan ikan segar yang telah dibersihkan, aduk rata.
  6. Pengadukan secara berkala, sampai air nya terlihat sudah berminyak yang dihasilkan dari ikan sampai matang sempurna.
  7. Setelah semua matang, sajikan dengan mangkuk, lalu beri irisan jeruk nipis jika diperlukan. pembuatan sayur Pekhos Masin selesai, dan siap dinikmati.
Nah, jangan lupa bagi anda yang belum pernah mencoba masakan Pekhos Masin ini bisa langsung praktek sediri dirumah. Membuatnya juga sangat mudah. tidak seperti membuat masakan Gulai Taboh atau Seruit.

Demikian kuliner pekhos masing yang menyehatkan. Anda wajib mencobanya, rasa asam dan asin akan terasa. Pekhos masin sudah biasa dinikmati masyarakat Lampung, apalagi dikalangan orangtua.

Untuk sahabat pembaca setia yang ingin mengenal bebagai masakan khas daerah lampung dan cara membuatnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel