Cara Menang Lomba Pembawa Acara (MC)

Pembawa acara adalah orang yang memandu jalannya acara sejak awal dibuka sampai selesai. Menjadi pembawa acara dapat dilakukan setiap orang yang berani tampil dan mengkondisikan acara agar berjalan lancar. Pembawa acara sering di perlombakan dalam kegiatan tertentu.
Membawakan acara buka hanya sebatas berbicara dalam membawakan acara sampai selesai saja. Namun mesti diperhatikan bagaimana membuat acara yang di awakan dapat lebih kondusif. 

Membangun mental dalam membawakan acara harus berlatih. Termasuk mengikuti lomba pembawa acara. Agar memiliki pengalaman yang dapat diterapkan saat bertugas sebagai pembawa acara. Lomba pembawa acara pasang target untuk menang.

5 Cara Sukses Memenangkan Lomba Pembawa Acara

Bagaimana cara menang lomba pembawa acara ialah banyak belajar dan latihan adalah kunci utama menjadi pembawa acara. Konsultasi dan pelajari tentang Public Speaking agar lancar. 

Untuk mengikuti lomba pembawa acara, terdapat beberapa kriteria penilaian yang mesti di pahami. Lomba pembawa acara bukan hanya dinilai dari pembawaan saja, tetapi artikulasi, penampilan, dan lainnya.

Selain itu, memperhatikan penggunaan kata atau kalimat yang tidak berlebihan dan disesuaikan dengan acaranya. Cara menang lomba pembawa acara dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Intonasi dan Pelafalan

Intonasi dan pelafalan menjadi point penilaian dalam perlombaan pembawa acara. Intonasi yang tepat didukung pelafalan yang disampaikan akan mempengaruhi nilai peserta.

Untuk memahaminya maka membawakan acara perlu menggunakan pelafalan yang jelas, supaya penilaian anda lebih bagus dan menang dalam perlombaannya.

2. Kebahasaan

Lomba pembawa acara biasanya bersifat formal. Maka dalam menyampaikan kata atau kalimat yang baik. Mulai dari pembukaan sampai penutupan. Pengucapan kalimat dalam membawakan acara juga tidak semaunya. Misalnya jangan menggunakan kalimat "Menginjak acara selanjutnya, waktu dan tempat dipersilahkan, dan lainnya". 

3. Penampilan 

Penampilan menjadi penilaian dalam perlombaan pembawa acara. Maka gunakan pakaian formal dan rapih. Misalnya menggunakan jas untuk pria dan wanita. Sehingga penampilan rapih, karena akan mempengaruhi rasa percaya diri.

4. Ramah dan tenang

Ketika menjadi peserta lomba pembawa acara, jangan lupa tampil ramah dan bersikap tenang. Supaya mampu membawakan acara dengan santai dan menampilkan yang terbaik.

5. Perhatikan Acara

Pada lomba pembawa acara disesuaikan dengan konsep acara. Misalnya lomba pembawa acara masing-masing peserta membawakan 2 kategori wajib dan pilihan. 

Tema untuk lomba wajib: Misalkan acara upacara bendera dan kategori pilihannya ialah membawakan acara Pelantikan Pejabat pimpinan secara bebas. Maka membawakan acaranya harus berbeda.

Peserta lomba biasanya terdiri dari umum yang biasa di bidang Protokoler, Penyiar Radio dan Televisi. Pembawa acara profesional, dan lainnya. Untuk menjadi pemenang lomba pembawa acara tampilkan dengan totalitas.

Itulah cara menang lomba pembawa acara, jangan lupa perbanyak latihan. Belajar artikulasi dan pelafalan supaya dalam membawakan acara semakin lebih baik. Semoga bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel