Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Lezat, Mungkin Bisa Dicoba !

Masakan yang lezat memang banyak disukai masyarakat. Termasuk beberapa jenis masakan khas melayu yang ada di Indonesia. Walaupun sebutannya berbeda, kreasi bahan untuk membuat masakan tersebut juga berpariasi.

Indonesia memiliki berbagai macam kuliner lezat yang dapat dinikmati. Mulai dari pempek, tekwan, dan lainnya. Terdapat banyak masakan yang dapat anda coba untuk sekedar menikmatinya. 
Masakan kadang harus sesuai dengan lidah, masakan yang lezat sangat di sukai banyak orang. Saat pergi ke sumatra, tentu berbagai masakan lezat ada disini. Silahkan coba kuliner lezat berikut ini:

- Gulai Taboh
Gulai taboh adalah makanan kuah santan kental dan ikan. Ikan dimasak dicampur rebung, pete, dan lainnya.

- Seruit
Seruit ini dibuat dari dari bahan ikan yang panggang/digoreng yang disantap dengan  kuah santan, dan nasi. Seruit dimakan dengan lalapan segar, sambal tempoyak atau sambal mangga.

- Peros Masin

Masakan sederhana yang dibuat tanpa menggunkan santan. Bahan utamanya dari ikan segar. Bisa ikan laut atau air tawar. Rasanya asam dan manis.

- Bebuk Hada
Bebuk hada istilah masakan lampung yang satu ini. Bahan sayuran yang direbus dengan air dengan rasa asa asin yang sedap. Atau ikan yang hanya direbus dengan air dan garam.

- Sambol Gudek
Samol gudek adalah sambal masak. Bahan dasar ikan yang disambal tanpa digoreng. 

- Sambol Matah
Sambol matah adalah sambal mentah yang dimakan tidak digoreng dan tidak pula direbus. Disajikan dengan menyantap bersama ikan goreng atau ikan panggang.

- Pandap
Pandap salah satu makanan di lampung juga banyak dinikmati. Dibuat dari bahan daut talas muda dengan isian bumbu rempah-rempah, kelapa goreng, dan ikan hasil permentasi (pekasom). Dibungkus dengan daun pisang lalu direbus.

- Umbu (Humbuk)
Gulai umbu terbuat dari rotan muda di sayur dengan cara di oseng atau ditumis. Bisa juga dengan santan atau dibuat sop.

- Sop Humbuk

Pohon kelapa saat ditebang kemudian diambil gabingnya (Humbuk). setelah menebang pohon kelapa. Humbuk dimasak menjadi sayur sop.

- Tak'um Pekasom
Tak'um Pekasom dibuat dari bahan ikan dan nasi, yang dicampur dipermentasi. Membuatnya ikan dan nasi setelah dipermentasi di tambah kelapa muda yang sudah dihaluskan dan dicampur cabe yang telah dihaluskan. Setelah bahan tercampur, kemudian dibuat adonan yang dimasukan kedalam daun pisang lalu dipanggang.

Makan khas Daerah yang Lezat

- Ibek
Ibek kue khas lampung terbuat dari santan, ketan, gula dan dikemas dengan daun "khilik", daun khusus mengemas kue ibek.

- Juadah
Juadah lampung secara umum adalah seperti dodol. Rasanya rasa manis dan rasa campuran jahe. Makanan ini muncul saat acara pernihaan dan lainnya.

- Buak Tat
Kue tat ini muncul di upacara adat, hari raya idul fitri, dan lainnya. Rasanya manis dan terdapat minisan didalam kue.

- Jalabiya
Jalabiya adalah kue yang digoreng dengan bentuk melingkar. Rasanya asin dan manis.

- Sentana
Sentana hampir mirip dengan kue tat, tapi bedanya kue tat ada manisan didalamnya. Sedangkan kue sentana tidak diisi manisan. Namun bentuk kue sentana sama dengan kue tat kindang. 

- Tapai Siwok
Tapai siwok adalah ketan yang diberi ragi dan dipermentasi. Rasanya asem manis dan yang dibubgkus dari daun pisang.

- Guring Ginang.
Guring ginang terbuat dari ketan yang dibentuk bundar rata, lalu di jemur sampai kering. kemudian digoreng.

- Gagetas
Bahan dasar pisang kepok mentah yang di iris tipis dan dilumuri garam. Kemudian langsung di goreng. Rasanya asin dan gurih.

- Sesagun
Sesagun makanan yang terbuat dari beras yang digiling, kemudian disangrai dengan gula aren.

- Apam Cungkil
Kue dari tepung dan gula pasir yang dibuat adonan kemudian di bungkus dengan daun "khilik" kemudian di kukus.

- Salimpok
Salimpok ini dari tepung yang di bungkus dengan daun pisang lalu di kukus. Kue salimpok ini sangat beragam jenis. Seperti selimpok lunik, selimpok apam, selimpok gelamai, selimpok lemang sari, dll.

- Kueh Bulu
Kueh bulu terbuat dari tepung, gula, dan telur yang dipanggang dengan cetakan khusus dengan bentuk yang menarik.

- Cucuk Gigi
Cucuk gigi makanan ringan yang enak, tepung adonan dicampur irisan daun seledri, garam, dan gula. Kemudian adonan dicetak dan langsung digoreng.

- Akar Kelapa
Akar kelapa kue unik yang menyerupai akar kelapa. Adonan setelah dicetak langsung digoreng. Rasanya manis dan gurih.

- Cucokh Mandan
Cucokh mandan terasa manis bentuknya pun bulat kecil dan berwarna merah tua kebitaman karena gula aren karena warna dari gula aren.

- Cucokh Bulat
Kue cucokh ada dua jenis yaitu cucokh mandan dan cucokh bulat. Rasanya manis.

- Lepot
Lepot terbuat dari bahan ketan yang di masukan kedalam daun kelapa muda. Lalu direbus.

- Ngengasan
Ngengasan dibuat dari bahan ketan. Dibuat dengan campurn gula merah yang dibungkus daun khusus.

- Buak Bawang
Buak bahwang dibuat dengan adonan tepung dan bawang yang dihaluskan. Di buat dengan adonan kecil menggunakan ujung garpu. Setiap gulungan adonan diberi 1 biji kacang yang telah goreng. Kemudian adonan tersebut digoreng.

- Kumbang Goyang
Kumbang goyang dibuat dengan cetakan khusus. Bentuk kue bulat, rasanya asin dan gurih. 

- Lalukan
Lalukan adalah kue yang terbuat dari bahan singkong dimana dalamnya diberi tintin/manisan, adonan dibentuk bulat lalu di goreng.

- Gaguduh
Gaguduh adalah sejenis gorengan yang dibuat dari bahan tepung, garam, dengan dicampur ikan-ikan kecil, lalu di campur bumbu, kemudian di goreng. Biasanya ikan ipun, saat musim.

Kuliner disetiap daerah sangat beragam. Masyarakat melayu memiliki sebutan sesuai bahasa daerahnya. Terkadang beda dalam penyebutan dengan bahan yang sama. Yuk, nikmati santapan masakan dan makanan ini dengan membuatnya untuk keluarga.