Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis dan Motif Kain Tapis Lampung

Jenis dan motif kain kerajinan tapis sangat beragam mulai dari bentuk gambar, warna, dan nama. Walaupun banyak motif kain tapis namun tetap tidak ada perubahan baik dari cara dan desain motif yang berasal dari kain Songket. 

Tapis merupakan kerajinan tangan daerah Lampung. Kain tapis ini dibuat berdasarkan hasil perpaduan antara tehknik tenun, benang dan kapas, benang perak, benang emas.

Adapun jenis tenun yang sering digunakan biasanya terdapat pada pinggang hingga ke bagian bawah yang dibuat berupa sarung dengan bahan benang kapas yang memiliki motif beragam.

Motif kain tapis sendiri begitu unik yang mengangkat gambar-gambar nuansa alam seperti adanya motif alam, motif flora dan fauna. Di desain dengan citra yang menarik melalui sistem sulam yakni merangkaikan benang emas dan benang perak menjadi satu hingga membentuk sebuah gambar yang dimaksudkan.

                (Sumber foto IG: @samsu.humas)

Kain Tapis Sebagai Warisan Budaya Lampung Secara Turun Temurun

Sejak zaman dahulu, kain tapis dibuat dengan berbagai motif yang menarik. Namun, tetap berpedoman pada tata cara pembuatan yang baik berdasarkan pola. Kain tapis salah satu warisan sejak zaman dahalu sebelum Lampung diresmikan menjadi Provinsi. 

Keindahan tapis sebagai kain kerajinan tangan di daerah Lampung juga mudah di dapat. 

.

Jenis Motif Kain Tapis Lampung Secara Lengkap

Untuk jenis motif tapis lampung dapat kita lihat secara jelas. Kain tapis memiliki beragam motif yang unik dan menarik, akan tetapi untuk semua jenis motif tapis paling banyak diminati baik dari perpaduan kain biasa yang disulap dengan benang-benang khusus secara halus dan rapih.

Berikut beberapa motif dan jenis kain tapis daerah Lampung

1. Tapis dengan motif Lereng-lereng

Tapis motif lereng-lereng ini merupakan tapis yang paling populer pada masyarakat di daerah Lampung. Motif tapis lereng-lereng ini sering dijadikan sebagai hasta karya oleh para guru yang diajarkan kepada murid disekolah. Para siswa diberikan pembekalan terlebih dahulu bagaimana tehknik pembuatan kain tapis secara sederhana.

Tugas siswa yakni membuat sebuah jaitan pola Kain Tapis yang diberikan motif lereng-lereng sebagai cara untuk memberikan pemahaman dan sebagai bentuk pelestarian budaya sejak zaman dahulu.

2. Tapis dengan motif gunung

Tapis dengan motif gunung ini terbilang cukup indah. Akan tetapi kain tapis berjenis ini akan nampak rapih apabila pengerjaannya dilakukan secara teliti.
Motif ini berbentuk segitiga dengan bentuk motif yang agak besar seperti gunung.

3. Tapis dengan motif bukit

Tapis dengan motif bukit terlihat seperti bukit, hal ini sesuai dengan namanya. Tapis dengan motif ini sangat banyak digunakan masyarakat untuk membuat kain tapis kreasi yang dapat dipadukan dengan pakaian seperti jilbab, baju, dan celana untuk pakaian sehari-hari.