Gulai Taboh Masakan Daerah Lampung Yang Lezat

Gulai Taboh adalah kuliner khas melayu yang ada di daerah Lampung. Sayuran santan kental dan rempah-rempah serta daging ikan sebagai tambahan lauk. Masakan ini selalu hadir saat kegiatan-kegiatan bermasyarakat seperti pada upacara pernikahan, upacara kematian, dan lainnya.

Masakan ini Memiliki rasa yang enak dan manis, jika ke Lampung anda wajib mencoba gulai taboh dengan menu masakan yang beragam dan berpariasi khas Sumatera.

Di daerah Lampung beragam masakan khas yang sudah sejak dulu. Di Sumatera Selatan, masakan ini sangat populer. Gulai Taboh atau sayur santan kental banyak di sukai baik orang tua, dan anak-anak. 

Masakan Gulai Taboh Artinya Sayur Kental  

Nama Gulai Taboh sebutan di daerah Lampung sebagai rumpun bahasa melayu yang memiliki arti "Sayur Kental". Masakan ini identik dengan kuah kental yang terbuat dari santan kelapa yang dicampur bumbu dapur dengan bahan utama ikan segar.

Kuliner ini dibuat sesuai dengan selera yakni bisa berbahan dari berbagai jenis ikan seperti Blue Marlin, Simba, Tenggiri, Tongkol, dan lainnya. Gulai taboh juga juga dapat dikreasikan dengan bahan terong dan  ikan panggang atau tunas bambu atau rebung dan ikan.

Selain itu, ada juga gulai taboh dari bahan sayuran lain seperi terong diberi ikan panggang, atau gulai pete dengan ikan. Intinya gulai taboh ini dibuat dengan bahan yang beragam tapi tetap menggunakan kuah santan kental. Baik itu ikan yang telah di panggang atau ikan yang masih segar. (Foto: @kiagusandre) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel