Gulai Taboh Masakan Asli Lampung Yang Lezat

Hasbundoya.com - Gulai Taboh adalah kuliner khas lampung yang banyak disukai, dibuat dengan santan kental dan rempah-rempah serta daging ikan sebagai menu nya. Masakan ini selalu hadir saat kegiatan-kegiatan bermasyarakat seperti pada upacara pernikahan, upacara kematian, dan lainnya.

Masakan ini Memiliki rasa yang enak dan manis, jika ke lampung anda wajib mencoba gulai taboh dengan menu masakan yang beragam dan berpariasi.

terdapat banyak jenis masakan lampung yang dapat menemani sararapan anda. selain rasanya yang lezat juga memiliki nama yang unik dalam bahasa lampung.

Masakan Gulai Taboh Artinya Sayur Kental dari Bahasa Lampung
Nama gulai taboh diambil dari bahasa Lampung yang memiliki arti "Sayur Kental". Masakan ini identik dengan kuah kental yang terbuat dari santan kelapa yang dicampur bumbu dapur dengan bahan utama ikan segar.

Kuliner ini dibuat sesuai dengan selera yakni bisa berbahan dari berbagai jenis ikan seperti Tuhuk, simba, tenggiri, tongkol, dan lainnya. Gulai taboh juga banyak pariasinya tergantung bahan yang mau diolah, seperi gulai taboh dari bahan ikan panggang yang digulai dengan tunas bambu atau rebung masakan ini desebut "Gulai taboh bung peros".

Selain itu, ada juga gulai taboh dari bahan sayuran lain seperi terong diberi ikan panggang, atau gulai pete dengan ikan. Intinya gulai taboh ini dibuat dengan bahan yang beragam tapi tetap menggunakan ikan. Baik itu ikan yang telah di panggang atau ikan yang masih segar.

Sayuran ini cukup populer mengingat memiliki rasa yang sangat spesial dan banyak disukai mulai dari kalangan anak-anak remaja bahkan orang dewasa. Setiap upacara adat tertentu ataupun kegiatan-kegiatan Masyarakat lainnya khususnya di Lampung, masakan ini tak bisa ketinggalan selalu menghadirkan untuk menjamu para tamu undangan dan keluarga. Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel