Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk Kotoran Kelelawar

Pupuk dari bahan kotoran kelelawar disebut Guano. Kotoran kelelawar berada di dalam goa yang sudah mengandung bakteri dan mengendap lama bercampur pasir, tumbuhan, dan tanah liat.

Kotoran kelelawar memiliki aroma yang tidak sedap dan menyengat. Untuk membuat pupuk Guano tergolong mudah, dan bisa dilakukan dengan cara masing-masing. Kesulitannya ialah mencari bahan utama kotoran kelelawar yang biasa terdapat di dalam goa.
Untuk lebih jelas proses pembuatan pupuk Guano dari bahan kotoran kelelawar dapat dilakukan dengan 2 cara pilihan sebagai berikut: 

1. Pupuk Guano Cair Langsung

- Siapkan 3 sendok teh kotoran kelelawar kedalam baskom atau wajan ukuran besar. Kemudian campurkan air sebanyak 3,7 liter saja.

- Aduk sampai tercampur rata dan menyerap sempurna. 

- Kemudian masukan kedalam botol semprotan, dan langsung digunakan untuk menyemprot tanaman.

2. Pupuk Guano Padat

Membuat Pupuk Guano padat tetap menggunakan bahan utama kotoran kelelawar. 

Warna pupuk Guano padat berwarna gelap atau hitam kecoklatan. Berikut langkah membuatnya dengan bahan campuran EM4, Sebagai berikut: 

- Siapkan bahan mulai dari Kotoran kelelawar 20 kilo, EM4, Air, Terpal.

- Selanjutnya larutkan EM4 dengan air, sebagai perbandingannya ialah 10 tutup botol EM4 dilarutkan dalam 1 liter air.

- Campurkan larutan EM4 pada kotoran kelelawar yang sudah disiapkan dan Aduk hingga tercampur rata.

- Setelah tercampur tutup dengan terpal dan diamkan selama 2 minggu sampai pupuk Guano Padat sempurna.

Silahkan dicoba cara membuat pupuk Guano langsung dan pupuk Guano Padat dari bahan utama kotoran kelelawar yang dapat menyuburkan tanaman perkebunan semakin subur dan berbuah banyak. 

Namun, cara sederhana lainnya ialah membuat pupuk dari kotoran kelelawar dapat dibuat dengan mencampurkan kotoran kelelawar dengan tanah humus dan aduk sampai tercampur. Tinggal masukan ke dalam tanah di sekitar batang tanaman, maka pupuk dari kotoran kelelawar akan menyuburkan tanaman.