Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Mengikuti Pencak Silat atau Beladiri

Pencak silat sebagian budaya bangsa Indonesia. Mengikuti pencak silat sebagai pembelajaran untuk mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa dan berbuat kebaikan antar manusia.
Pencak silat dapat menjadi sarana untuk menambah pengetahuan. 

Belajar silat sebagai olahraga, kesehatan, dan melestarikan budaya Indonesia. Mengikuti pencak silat harus dengan niat yang baik. Supaya diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikutinya. Belajar dengan baik, dan bermanfaat.
Nikmatilah proses latihan dengan baik, lakukan dengan ikhlas, dan penuh semangat. Jadikan sebagai sarana belajar dalam menuntut ilmu. Sebab ilmu dapat diperoleh dari berbagai tempat belajar. 

Tanamkan selalu untuk belajar karena gerakan pencak silat asalnya sama, hanya sebutan organisasinya yang berbeda. Silat memiliki petuah atau nasihat dalam kehidupan, sebagai pengingat di kehidupan akhirat. Berikut manfaat lain mengikuti pencak silat:

1. Adanya Kebersamaan

Keanggotaan diawali dari siswa, setelah selesai mempelajari materi akan menjadi anggota. Mengikuti pencak silat terjalinnya ikatan, persaudaraan silat, seperti organisasi lainnya.

2. Spiritual

Silat bertujuan mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa. Begitu pula silat lainnya. Selain untuk spiritual, terdapat nilai kerohanian, supaya senantiasa berbuat kebaikan.

3. Kesehatan

Mengikuti pencak untuk kesehatan karena selain berolahraga tentu membuat tubuh sehat. 

4. Sarana Prestasi

Mengikuti pencak silat dapat menjadi wadah mengukir prestasi. Sebab sudah tersedia perlombaan untuk olahraga silat yang dapat diikuti untuk mengukir prestasi dalam bidang olahraga.

5. Menambah pertemanan

Mengikuti pencak silat juga menambah pertemanan. Dari yang tidak kenal, menjadi kenal. Sehingga dapat menambah pergaulan dalam kehidupan.

6. Melestarikan Budaya Indonesia

Mengikuti pencak silat sebagai cara dalam melestarikan budaya Indonesia. Pencak silat adalah budaya Indonesia sejak dahulu. Sehingga manfaat mengikuti silat dapat menambah wawasan.