Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kotoran Kelelawar Dari Goa

Kotoran kelelawar sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanaman yang menguntungkan petani. Kotoran kelelawar yang bersarang dalam goa memiliki manfaat untuk dijadikan pupuk.

Goa sebagai sarang kelelawar hitam. Dalam goa terdapat kotoran kelelawar yang dapat difungsikan untuk pertanian dan perkebunan. Sebagian orang ada yang mencari kotoran kelelawar untuk di jual.

Hampir setiap goa dijadikan sarang kelelawar. Untuk mencari kotoran kelelawar dapat menyisir di sejumlah wilayah yang berada di daerah pesisir pantai dan di dalam hutan. Pengambilan kotoran kelelawar harus dengan hati-hati karena tempatnya cukup menyeramkan.

Manfaat Kotoran Kelelawar

Kotoran kelelawar bermanfaat sebagai bahan pupuk organik, dan lainnya. Namun di negara Amerika dan Jepang, kotoran kelelawar dijadikan sebagai bahan kosmestik. 

Sehingga kotoran kelelawar sangat laku di jual yang mampu menghasilkan pendapatan. Walaupun dalam proses pencarian dan pengambilan kotoran kelelawar dalam goa tidak mudah, namun jika sudah mendapatkannya akan menjadi rezeki yang luar biasa.
Kotoran kelelawar memiliki senyawa yang dapat menyuburkan tanaman. Pupuk dari bahan kotoran kelelawar dapat dibuat dengan campuran bahan lain atau digunakan langsung.

Dalam goa yang di huni kelelawar memiliki kotoran yang banyak, biasanya tertimbun di atas bebatuan didalam goa yang sudah tercampur dengan tanah. 

Aroma kotoran kelelawar sangat menyengat. Jika tidak biasa mungkin seseorang akan muntah karena menjijikkan. Jumlah yang sangat banyak, karena sarang kelelawar yang hidup dan tinggal di dalam goa.

Jika anda tertarik memiliki pupuk dari kotoran kelelawar, silahkan dicoba untuk mencari goa tempat tinggal kelelawar. Pertanian dan perkebunan anda akan subur dan mengahasilkan tanaman yang mampu mengahasilkan buah dan sayuran yang lumayan.